Minggu, 14 November 2021

“ Sudahkah Guru Merdeka?” ( Pak Taka )

 

“ Sudahkah Guru Merdeka?

( Pak Taka )

 

 

Merdeka walau diucapkan dengan mulut bergetar

Karena lama menahan lapar

 

Meerdeka walau diucapkan dengan suara tak terdengar

Karena kemakmuran tak segera datang

 

Merdeka walau diucapkan dengan nada sumbang

Karena kenaikan gaji tak pernah datang

 

Merdeka walau masih jauh dari harapan

Karena kesejahteraan tak dihiraukan

 

Lalu aku harus memberi salam kemerdekaan ?

 

Katanya kita sudah merdeka

Tak terbelenggu oleh penjajah

 

Katanya kita sudah lama merdeka

Tetapi mengapa masih saja sulit untuk berkata

Atau merdeka tapi masih terbelenggu masalah ?

 

Lalu aku harus berucap merdeka ?

ketika mendengar banyaknya berita bohong

Lalu aku harus berkata merdeka ?

Ketika  kebebasan memeluk agama menjadi masalah

Lalu aku harus mengatakan merdeka?

Ketika kebebasan berpendapat masih menjadi masalah

Lalu aku harus berteriak merdeka ?

Ketika keamanan dan rasa keadilan juga masih menjadi masalah

 

Inikah yang namanya merdeka ?

Yang tak dapat bergerak dari tempat berdiri

 

Lalu apa makna merdeka ?

 

Terlihat sebagian tertawa, mentertawakan dirinya sendiri

Karena mereka bebas mengambuil harta rakyat

Terlihat sebagian mencibir dirinya sendiri

Karena masuk bui saat mereka merampok uang rakyat

 

Kemudian mereka lantang bicara

Kemudian mereka maling teriak maling

Kemudian mereka lari sembunyi di balik ketiak istri

Kemudian mereka tak menampakkan diri

Karena bersembunyi di rumah istri nikah siri

 

Suara teriakan merdeka tak terdengar lagi

Lalu aku berbisik “ Merdeka “

Walau tak berarti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar