Selasa, 27 Juli 2021

 Tugas Modul 13 Kelas XI


Membuat Proposal



KEI•IENTERI AN PENDIDII4AN DAN KEBUDAYAAN DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, PENDIDIKAN DASAR DAN PENDIDIKAN PIENENGAH DIREKTORAT SEKOLAH f4ENENGAH ATAS

2020

 

 

 

 

 

Modul Pembelajaran SMA


 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

MERANCANG PROPOSAL BAHASA INDONESIA KELAS XI

 

 

 

 

 


 

DAFTAR ISI

PENYUSUN..................................................................................................... 2

DAFTAR ISI..................................................................................................... 3

GLOSARIUM................................................................................................... 4

PETA KONSEP................................................................................................ 5

PENDAHULUAN............................................................................................ 6

A.                Identitas Modul.......................................................................................... 6

B.                 Kompetensi Dasar...................................................................................... 6

C.                 Deskripsi Singkat Materi........................................................................... 6

D.                Petunjuk Penggunaan Modul..................................................................... 7

E.                  Materi Pembelajaran.................................................................................. 7

KEGIATAN PEMBELAJARAN 1................................................................... 8

Menganalisis Isi, Sistematika, dan Kebahasaan Proposal............................... 8

A.                Tujuan Pembelajaran................................................................................. 8

B.                 Uraian Materi............................................................................................. 8

C.                 Rangkuman................................................................................................ 9

D.                Latihan Soal............................................................................................. 10

E.                  Penilaian Diri........................................................................................... 16

KEGIATAN PEMBELAJARAN 2................................................................. 17

Merancang Kerangka Proposal...................................................................... 17

A.                Tujuan Pembelajaran............................................................................... 17

B.                 Uraian Materi........................................................................................... 17

C.                 Rangkuman.............................................................................................. 18

D.                Latihan Soal............................................................................................. 18

E.                  Penilaian Diri........................................................................................... 20

KEGIATAN PEMBELAJARAN 3................................................................. 21

Mengembangkan Proposal Karya Ilmiah...................................................... 21

A.                Tujuan Pembelajaran............................................................................... 21

B.                 Uraian Materi........................................................................................... 21

C.                 Rangkuman.............................................................................................. 24

D.                Latihan Soal............................................................................................. 24

E.                  Penilaian Diri........................................................................................... 27

EVALUASI.................................................................................................... 28

DAFTAR PUSTAKA..................................................................................... 31


 

 

 

GLOSARIUM

 

 

 

analisis argumentatif denotatif fenomena hipotesis literatur

metodologi

:

 

:

 

:

 

:

 

:

 

:

 

:

Penyelidikan   terhadap  suatu  peristiwa                                                                     (karangan, perbuatan) untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya

 

Memiliki (mengandung) alasan yang dapat dipakai sebagai bukti

 

Menunjukkan  makna  lugas  di   luar  bahasa     atau yang bersisat objekktif

 

Hal-hal   yang  disaksikan   dengan panca  indra      dan diterangkan serta dinilai secara ilmiah

 

Sesuatu yang dianggap benar untuk alasan atau pengutaraan pendapat

 

Sumber atau referensi yang digunakan dalam berbagai macam aktivitas dalam dunia pendidikan atau aktivitas lainnya

 

Uraian tentang metode

 

nonorganik organik

 

persuasif

 

souvenir

 

:

 

:

 

:

 

:

 

Zat  yang tidak  alami  berasal dari mahlik hidup

 

Berkaitan     dengan zat yang berasal dari mahluk hidup (hewan atau tumbuhan, seperti minyak dan batu bara)

 

Bersifat membujuk secara halus (supaya menjadi yakin) hanya dengan cara pendekatan itu dapat dilakukan

 

Benda-benda khas yang digunakan untuk tanda mata atau kenang- kenangan


 

 

 

 

 

 

PETA KONSEP

 

 

 

 

 

 

 



 

 

 

 

PENDAHULUAN

A.        Identitas Modul

 

Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia Kelas                        : XI

Alokasi Waktu              : 6X45 Menit

Judul Modul                 : Merancang Proposal

 

B.        Kompetensi Dasar

3. 13 Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal

 

4.13 Merancan proposal karya ilmiah dengan memperhatikan, tujuan, dan esensi karya ilmiah yang diperlukan

 

 

C.        Deskripsi Singkat Materi

Hai, Anak-anak hebat! Semoga Kalian tetap bersemangat untuk belajar menggunakan modul. Selamat bertemu lagi Anak-anak hebat. Kali ini kita bertemu pada modul pembelajaran kelas XI semester genap. Semoga kalian tetap bersemangat untuk belajar menggunakan modul. Modul kali ini membahas materi tentang isi, sistematika, dan kebahasaan proposal. Agar memiliki keterampilan dalam menyusun proposal, kalian harus mempelajari secara cermat dan mengikuti petunjuk yang diberikan dalam modul ini.

 

Proposal merupakan tulisan yang dibuat untuk merencanakan sebuah kegiatan agar kegiatan dapat berjalan dengan tertib karena terencana dengan baik,  intinya proposal akan digunakan sebagai pedoman kerja atau acuan dalam pelaksanaan kegiatan yang direncanakan. Pada kesempatan yang akan kalian pelajari ditekankan pada jenis proposal karya ilmiah, karena pada kegiatan kedua kalian harus dapat merancang proposal karya ilmiah.


 

D.        Petunjuk Penggunaan Modul

 

Supaya cara belajar kalian lebih mudah dan bermanfaat, maka yang perlu kalian lakukan adalah mencermati petunjuk penggunaan modul berikut:

1.         Pastikan Kalian mengerti target kompetensi yang akan dicapai!

2.         Pastikan telah menyediakan 2 buku pengayaan yang akan Kalian baca!

3.         Mulailah dengan membaca materi!

4.         Bacalah 2 buku pengayaan yang sudah kalian sediakan dengan semangat dan bersungguh-sungguh.

5.         Kerjakan tugas/latihan serta praktik menulis dan soal evaluasi tanpa melihat kunci jawaban terlebih dahulu

6.         Jika  sudah  lengkap  mengerjakan     soal  evaluasi,  bukalah  kunci  jawaban                    dan pembahasan kemudian hitung skor benar.

7.         Jika skor masih di bawah 70, cobalah baca kembali materinya, usahakan jangan mengerjakan soal sebelum membaca materinya.

8.         Jika perolehan skor Kalian minimal 70, boleh melanjutkan ke pembelajaran selanjutnya.

 

E.        Materi Pembelajaran

Modul ini terbagi menjadi 2 kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi.

 

Pertama : Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan proposal Kedua     : Merancang kerangka proposal

Ketiga       : Mengembangkan proposal

 

Modul ini sangat bermanfaat untuk kalian. Pemahaman dan keterampilan Kalian dalam merancang proposal akan semakin meningkat bila kalian mempelajari modeul ini dengan sungguh-sungguh. Materi ini juga sangat relevan dengan masa depanmu nanti saat kalian belajar di perguruan tinggi. Jika ada kata-kata yang tidak dipahami, kalian dapat mencermati glosarium.

 

 

Tetap Semangat !


 

KEGIATAN PEMBELAJARAN 1

Menganalisis Isi, Sistematika, dan Kebahasaan Proposal

 

 

A.        Tujuan Pembelajaran

 

Setelah membaca dan mencermati isi modul dan mengerjakan pelatihan, Kalian diharapkan dapat menganalisis isi, sistematika dan kebahasaan sebuah proposal, dengan jujur, penuh rasa ingin tahu, bertanggung jawab, dan responsif.

 

B.        Uraian Materi

Proposal merupakan rencana kerja yang ditulis secara sitematis, terperinci, dan formal mengenai rencana suatu kerja atau kegiatan. Proposal berisi program kerja dan bagaimana teknis pelaksanaannya. Proposal bertujuan untuk mendaptkan persetujuan atau tujuan tertentu dari pihak yang berkepentingan.

 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merancang sebuah proposal agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai, di antaranya:

 

1.      Isi Proposal

 

Secara umum isi proposal berupa usulan kegiatan. Adapun isi secara khusus dapat bermacam-macam bergantung pada jenis kegiatan yang diusulkan. Proposal penelitian memiliki perbedaan dengan proposal kegiatan seperti kerja bakti atau bakti osial, perlombaan, dan kegiatan sejenis lainnya.

 

2.      Sistematika Proposal

Proposal ilmiah memiliki sistematika yang baku sebagai berikut: HALAMAN JUDUL

DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang Rumusan Masalah Tujuan Penelitian Manfaat Penelitian

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

Review Literatur Batasan Konseptual

Kerangka Teori/Hipotesis BAB III METODOLOGI

Metode Penelitian

Teknik Pengumpulan Data


 

Teknik Analisis Data DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN

 

Kebahasaan Poposal

 

Terdapat pernyataan-pernyataan yang bersifat argumentatif (Menyampaikan pendapat yang memberikan alasan atau bukti pihak lain yang dituju).

Terdapat pernyataan yang bersifat persuasif (Kalimat pada proposal dapat mempengaruhi dan meyakinkan orang lain)

Banyak menggunakan istilah ilmiah, baik berkenaan dengan kegiatan itu sendiri ataupun istilah-istilah yang berkaitan dengan bidang keilmuannya dan tidak menggunakan bahasa kiasan.

Banyak menggunakan kata kerja tindakan yang menyatakan langkah-langkah kegiatan (metode penelitian), misalnya, berlatih, membaca, mengisi, mendokumentasikan, mengamati, melakukan.

Menggunakan kata-kata yang menyatakan pendefinisian yang ditandai oleh penggunaan kata merupakan, adalah, yaitu, yakni.

Menggunakan kata-kata yang bermakna perincian seperti, selain itu, pertama, kedua, ketiga.

Menggunakan kata-kata yang mencerminkan sebuah perencanaan. Hal itu sesuai dengan sifat proposal sebagai usulan, rencana, atau rancangan program kegiatan.

Menggunakan kata-kata bermakna lugas (denotatif). Hal ini penting guna menghindari kesalahan pemahaman antara pihak pengusul dengan pihak tertuju atau penerima proposal

Dari uraian di atas Kalian telah mengetahui pengertian proposal, isi, sistematika serta kaidah kebahasaan yang ada di dalamnya. Dengan begitu Kalian semakin memahami dan dapat merancang proposal yang baik dan benar pada kegiatan kedua. Demikian semoga uraian ini bermanfaat untuk Kalian semua.

C.        Rangkuman

Proposal merupakan rencana kerja yang ditulis secara sistematis, terperinci, dan formal mengenai rancangan suatu kerja atau kegiatan

 

Hal yang perlu diperhatikan dalam menulis proposal yaitu,

1.   Isi Proposal

2.     Sistematika Proposal HALAMAN JUDUL DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang Rumusan Masalah Tujuan Penelitian Manfaat Penelitian

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

Review Literatur Batasan Konseptual

Kerangka Teori/Hipotesis BAB III METODOLOGI

Metode Penelitian


 

Teknik Pengumpulan Data Teknik Analisis Data DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN

3.   Kebahasaan Poposal

 

D.        Latihan Soal

 

Anak-anak hebat, kini saatnya Kalian harus menganalisis proposal dari segi isi, sistematika, dan kebahasaannya. Gunakan tabel yang telah disediakan berikut ini. Selamat bekerja, selalu semangat ya.

 

Cermati proposal berikut!

 

Proposal KEBERSIHAN LINGKUNGAN

 

BAB I PENDAHULUAN

 

A.    Latar Belakang Masalah

 

Kebersihan lingkungan ialah suatu keadaan yang bebas dari kotoran seperti , debu, sampah, dan juga bau. Indonesia khususnya, masalah kebersihan lingkungan selalu menjadi perdebatan dan juga masalah yang terus berkembang. Kasus yang menyangkut suatu masalah kebersihan lingkungan pada tiap tahunnya terus meningkat.

Masalah kebersihan   lingkungan    yang   tidak    kondusif     disebabkan karena masyarakat belum sepenuhnya memiliki kesadaran akan manfaat serta dampak kebersihan lingkungan. Tempat pembuangan sampah juga tidak dipergunakan sebagaimana mestinya dan juga tidak dirawat dengan baik. Akibatnya, berbagai penyakit muncul, seperi diare, penyakit kulit, penyakit pernapasan, dan penyakit lainnya. Selain itu, masalah sampah juga menyebabkan kurang terjaganya keindahan dan kenyamanan para penghuni suatu lingkungan. Perkembangan kesehatan anak-anak pun menjadi terhambat.

 

B.     Rumusan Masalah

 

Berdasarkan latar belakang maslah tersebut, rumusan masalah yang akan dibahas dalam karya tulis ini, adalah:

Bagaimanakah kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan sekitar? Bagaimana cara untuk menjaga kebersihan lingkungan di sekitar tempat tinggal?

 

C. Tujuan Penelitian

Supaya lingkungan di sekitar kita dapat tetap terjaga kebersihannya.

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan yang bersih.

 

D. Metode dan Teknik Penelitian


 

Untuk mendapatkan informasi dan juga data yang diperlukan, penulis akan menggunakan metode penelitian kualitatif berupa studi pustaka dan juga  observasi dan wawancara. Adapun teknik yang dipergunakan dalam penelitian ini ialah sebagai berikut:

Teknik Pengamatan Langsung, ialah penulis terjun langsung dan juga meneliti ke lapangan untuk dapat mengetahui bagaimana kebersihan lingkungan dan juga bagaimana peranan pelajar terhadap suatu masalah kebersihan lingkungan.

Teknik Wawancara, Tujuan dari teknik ini ialah agar memperoleh suatu gambaran yang lebih tentang kasus yang dibahas. Responden yang meliputi masyarakat sekitar, khususnya ahli kebersihan  lingkungan  hidup  ialah  sebagai  sumber  informasi tentang studi kasus masalah kebersihan lingkungan.

Studi Pustaka, dalam metode ini, ialah membaca buku-buku dan juga tulisan yang berhubungan serta dengan penulisan karya ilmiah dan juga yang berkaitan  erat  dalam masalah lingkungan hidup serta perilaku remaja sekitar.

 

E. Sistematika Penulisan

Sisteamtika penulisan laporan ini diawali dengan pendahuluan yang meliputi: latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian, metode dan teknik penelitian, dan sistematika penulisan. Dilanjutkan pada bagian kedua berupa kajian pustaka dan hasil penelitian. Diakhiri bagian ketiha berupa penutup.

 

BAB II KAJIAN PUSTAKA

 

A. Kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan

Kebersihan ialah sebagai cerminan bagi tiap individu dalam menjaga kesehatan yang begitu penting didalam kehidupan . Dan juga Seperti yang diketahui bahwa kebersihan ialah sebagai dari iman , kebersihan juga suatu keadaan dimana bebas dari kotoran, penyakit, dan juga lain sebagainya, yang jelas dapat merugikan ke segala aspek yang menyangkut tiap kegiatan dan juga pada perilaku lingkungan masyarakat. Sebagaimana diketahui bahwa kehidupan manusia tersebut tidak bisa dipisahkan baik itu lingkungan alam ataupun  juga lingkungan  sosial.  Oleh  sebab  itu, sebagai masyarakat harus dapat menjaga kebersihan lingkungan tersebut. Tanpa adanya lingkungan yang bersih pada tiap individu atau pun masyarakat itu sendiri akan dapat menderita sebab salah satu faktor yang merugikan seperti halnya kesehatan. Kesehatan tersebut begitu mahal harganya. Sehingga baiknya kebersihan tersebut semuanya harus di olah dengan baik . Lingkungan yang kotor tersebut berarti ialah penganggu kesehatan yang juga ialah berarti menanamkan bibit penyakit.

tetapi segala sesuatu terdapat suatu perubahan hanya saja didalam segala persoalan dalam menjaga kebersihan lingkungan, semua itu tidak dapat dijalankan dengan tanpa sebuah kesadaran dari setiap individu ataupun masyarakat untuk menjaga kebersihan, Oleh karena itu Kebersihan tersebut akan berguna dan juga akan menimbulkan keuntungan jika tiap individu ataupun juga masyarakat dapat menjaga lingkungan di sekitarnya.

 

B. Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan

Berikut ini tips dan juga cara menjaga kebersihan lingkungan:

Dimulai keingininan dari diri sendiri dengan cara memberi contoh kepada masyarakat banyak bagaimana menjaga suatu kebersihan lingkungan;

Libatkan tokoh masyarakat yang dapat  berpengaruh  untuk  dapat  memberikan arahan kepada masyarakat bahwa pentingnya menjaga suatu kebersihan lingkungan; Sertakan juga para pemuda untuk dapat ikut aktif menjaga kebersihan lingkungan di sekitar;


 

Buat pekerjaan sebagai petugas kebersihan lingkungan dengan cara memberi imbalan setiap bulannya;

Sosialisasikan pada masyarakat untuk harus terbiasa memilih sampah rumah tangga ke sampah organik dan nonorganik;

Pelajari juga teknologi pembuatan pupuk kompos dari sampah organik agar yang dihasilkan dapat dimanfaatkan;

Harus kreatif dengan membuat souvenir atau juga membuat kerajinan tangan dengan menggunakan sampah;

Buat jadwal untuk kegiatan kerja bakti untuk membersihkan lingkungan sekitar; Perbanyak juga tempat sampah di sekitar lingkungan.

 


 

 

A. Kesimpulan


BAB III PENUTUP


Dari hal ini dapat diambil suatu kesimpulan bahwa pada masyarakat masih terdapat yang belum peduli terhadap kebersihan lingkungan sekitar sendiri. Kebanyakan dari mereka berfikir secara parsial dan juga hanya ingin menguntungkan diri sendiri, seperti pada masalah pembuangan sampah yang tidak benar, pembuangan limbah pabrik, polusi udara dari kendara, pencemaran air, dan lain sebagainya. Kasus-kasus yang menyangkut suatu masalah kebersihan pada tiap tahunnya selalu meningkat. Dan juga mengakibtakan keadaan yang dapat merugikan kota. Jadi, dari hal ini kita harus dapat menyadari pentingnya kebersihan itu. Marilah kita semua dapat menjaga kebersihan dengan secara bersama-sama.

 

B. Saran

Saya menyadari bahwa dalam membuat penulisan karya tulis tentang kebersihan lingkungan di sekitar kita ini masih banyak terdapat kekurangan baik dari segi materi, isi materi, dan juga bahkan cara penulisan karya tulis ini, untuk hal itu penulis meminta saran dari Anda pembaca semua untuk dapat makalah tersebut bisa untuk lebih sempurna lagi untuk penulisan selanjutnya. Atas perhatiannya Saya ucapkan terima kasih.

Sumber: https://www.gurupendidikan.co.id/contoh-proposal-karya-ilmiah/

 

Setelah mencermarti proposal tersebut, jawablah pertanyaan berikut dengan mengisikan hasil kegiatan pada tabel hasil analisis proposal yang tersedia!

 

Hasil Analisis Isi Proposal

 

No

Unsur Proposal

Uraian

1

Tulis sistematika bagian Pendahuluan pada proposal di atas!

 

2

Tulis sistematika bagian Penutup Proposal

 

3

Kalimat yang menyatakan sebuah perencanaan atau akan dilaksanakan

 


 

 

 

 

 

 

4

 

Kalimat argumentatif

 


 

Kunci jawaban latihan 1

Hasil Analisis Isi Proposal

 

No

Unsur Proposal

Uraian

1

Tulis sistematika bagian Pendahuluan pada proposal di atas!

 

HALAMAN JUDUL DAFTAR ISI

 

BAB I PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

B.     Rumusan Masalah

C.     Tujuan Penelitian

D.    Manfaat Penelitian

2

Tulis sistematika bagian Penutup Proposal

BAB III PENUTUP

A.    Kesimpulan

B.     Saram

3

Kalimat yang menyatakan sebuah pertanyaan

 

1.         Bagaimanakah kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan sekitar?

2.         Bagaimana cara untuk menjaga kebersihan lingkungan di sekitar tempat tinggal?

 

4

 

Kalimat argumentatif

Masalah kebersihan lingkungan yang tidak kondusif disebabkan karena masyarakat belum sepenuhnya memiliki kesadaran akan manfaat serta dampak kebersihan lingkungan. Tempat pembuangan sampah juga tidak dipergunakan sebagaimana mestinya dan juga tidak dirawat dengan baik. Akibatnya, berbagai penyakit

muncul, seperi diare, penyakit kulit, penyakit pernapasan, dan penyakit lainnya.


 

Rubrik penilian latihan 1

 

No.

Jawaban Benar

Jawaban Salah

Skor

1

HALAMAN JUDUL DAFTAR ISI

 

BAB I PENDAHULUAN

A.              Latar Belakang

B.               Rumusan Masalah

C.               Tujuan Penelitian

D.              Manfaat Penelitian

 

 

2

BAB III PENUTUP

A.              Kesimpulan

B.               Saram

 

 

3

1. Bagaimanakah kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan sekitar?

2. Bagaimana cara untuk menjaga kebersihan lingkungan di sekitar tempat tinggal

 

 

 

4

Masalah kebersihan lingkungan yang tidak kondusif disebabkan

karena masyarakat belum sepenuhnya memiliki kesadaran akan manfaat serta

dampak kebersihan lingkungan. Tempat pembuangan sampah juga tidak dipergunakan sebagaimana mestinya dan juga tidak dirawat dengan baik.

Akibatnya, berbagai penyakit muncul, seperi diare, penyakit kulit, penyakit pernapasan, dan penyakit lainnya.

 

 

 

Keterangan

Jawaban benar nilai skor 1 Jawaban salah skor 0

 

Soal 4 bila semuanya benar nilai seratus


 

 

 

E.  Penilaian Diri

 

Bagaimana kalian sekarang?

Setelah kalian belajar melalui kegiatan belajar 1, berikut diberikan tabel untuk mengukur diri kalian terhadap materi yang sudah kalian pelajari. Jawablah sejujurnya terkait dengan penguasaan materi, dan Isilah tabel refleksi diri terhadap pemahaman materi dengan cara memberi tanda centang (√)

 

 

No

Pertanyaan

Ya

Tidak

1.

Saya telah memahami struktur proposal

 

 

2.

Saya telah memahami ciri kebahasaan proposal

 

 

3.

Saya dapat menganalisis struktur proposal

 

 

4.

Saya dapat menganalisis kebahasaan proposal

 

 

5.

Saya dapat menyusun kerangka proposal

 

 

6

Saya dapat mengembangkan kerangka menjadi proposal karya ilmiah

 

 

 

 

Jika menjawab “TIDAK” pada salah satu pertanyaan di atas, maka pelajarilah kembali materi tersebut dan pelajari ulang kegiatan belajar 2, yang sekiranya perlu kalian ulang dengan bimbingan Guru atau teman sejawat. Jangan putus asa untuk mengulang lagi!.


 

KEGIATAN PEMBELAJARAN 2

Merancang Kerangka Proposal

 

A.     Tujuan Pembelajaran

 

Setelah memahami isi, sistematika, dan kebahasaan proposal pada kegiatan kegiatan pembelajaran kesatu, pada kegiatan kedua ini, kalian diharapkan dapat merancang proposal karya ilmiah dengan memperhatikan tujuan dan esensi karya ilmiah yang diperlukan

 

B.        Uraian Materi

Materi pada kegiatan kedua modul ini merancang proposal yang difokuskan pada proposal karya ilmiah. Cermati materi berikut, agar kalian dapat menyusun kerangka proposal dengan mudah.

 

Kerangka Proposal

Proposal penelitian merupakan rancangan yang menjelaskan tentang rencana penelitian. Sebagai rencana, tentunya proposal menggambarkan apa dan bagaimana penelitian nantinya dilakukan. Penjelasan mengenai rencana penelitian ini harus sistematis dan tidak keluar dari kaidah ilmiah. Oleh karenanya, setiap bab dan subbab harus ringkas dan jelas isinya.

 

Sebelum mengembangkan proposal secara lengkap, sebaiknya kalian menyususn kerangka proposal terlebih dahulu. Kerangka proposal ini akan berisi poin-poin penting yang nati akan dituangkan kedalam proposal. Dengan demikian proposal yang kalian buat akan lebih sistematis.

 

Langkah-langkah Menyusun Kerangka Proposal

 

Agar kegiatan kalian mudah danhasilnya benar, kalian harus mengikuti langkah- langkah untuk menyususn kerangkaproposal berikut ini:

Langkah pertama peneliti menjelaskan fenomena yang relevan dengan penelitian. Fenomena harus mengandung masalah yang akan diselesaikan dengan langkah yang dilakukan.

Dari masalah ini, peneliti merumuskan pertanyaan penelitian atau rumusan masalah. Masalahnya dapat digambarkan hanya sebagai apa yang peneliti ingin ketahui dan penyelesaiannya.

Tujuan dan manfaat penelitian dapat dirumuskan secara sekilas untuk sekadar mengetahui bahwa penelitian kalian memang sesuai dengan tujuannya. Pada titik ini kita setidaknya telah menyelesaikan Bab I dari pendahuluan.

Bab I yang lengkap ini dapat digunakan sebagai dasar untuk perumusan judul penelitian yang sederhana. Judul tidak harus final karena ada waktu untuk merevisinya jika perlu.

Mengumpulkan kajian pustaka yang sesuai dengan isi proposal yang tergambar pada latar belakang dan tujuan.

Menentukan metode penelitian yang akan digunakan untuk menemukan pemecahan masalah.


 

Menyimpulkan dan menyususn saran dari proposal berdasarkan uraian pada Bab I dan Bab 2.

 

C.        Rangkuman

Untuk dapat menulis proposal dengan mudah, sebelumnya kalian menyusun terlebih dahulu kerangka proposal sesuai sistematika dengan menuliskan poin- poin penting dari proposal yang akan ditulis. Untuk dapat memahami materi kegiatan ini dengan baik berikut disajikan rangkuman materi.

a.      Kerangka Proposal

Rancangan pembuatan proposal yang berisi poin-poin yang ada pada proposal.

b.      Langkah-langkah menyusun proposal

Ada beberapa langkah menyususn proposal yang harus dilakukan oleh penulis, sehingga mempermudah penyusunannya dan hasilnya sistematis.

D.        Latihan Soal

 

Tugas pada bagian ini kalian akan menyusun karangka proposal serta mengembangkannya menjadi proposal karya ilmiah.

 

1.        Susun rancangan proposal dengan mengisi tabel berikut!

 

Kerangka Proposal

 

No

Unsur Proposal

Uraian

1

Judul Proposal

 

2

Latar Belakang

 

3

Perumusan Masalah

 


 

Kunci jawaban latihan 2

 

 

Kerangka Proposal

 

No

Unsur Proposal

Uraian

1

Judul Proposal

Pengaruh Terpaan Iklan Video Streaming di YouTube

terhadap Brand Awareness Produk Shampo

2

Latar Belakang

Ketika televisi tidak lagi menarik untuk ditonton remaja di Indonesia, tayangan yang disajikan cenderung tidak relevan dan cenderung monotone, YouTube menyediakan jasa streaming tontonan alternatif lain yang lebih menarik. Dalam situs streaming tersebut juga memiliki fitur parental kontrol atau perlindungan terhadap anak dari tontonan yang kurang layak, dan sedang dalam tahap pengembangan. Selain itu situs tersebut juga menyediakan berbagai macam chanel yang sudah dikategorikan sesuai dengan kebutuhan para pengunjung. Situs streaming ini juga sudah mulai merambah ke sektor periklanan, dimana iklan yang ditayangkan juga lebih menarik daripada yang ada di

televisi.

3

Perumusan Masalah

Bagaimana pengaruh terpaan iklan video streaming

terhadap brand awareness shampoo

 

Rubrik penilian latihan 2

 

No.

Jawaban Benar

Jawaban Salah

Skor

1

Pengaruh Terpaan Iklan Video Streaming di YouTube terhadap Brand Awareness Produk Shampo

 

 

2

Ketika televisi tidak lagi menarik untuk ditonton remaja di Indonesia, tayangan yang disajikan cenderung tidak relevan dan cenderung monotone, YouTube menyediakan jasa streaming tontonan alternatif lain yang lebih menarik. Dalam situs streaming tersebut juga memiliki fitur parental kontrol atau perlindungan terhadap anak dari tontonan yang kurang layak, dan sedang dalam tahap pengembangan. Selain itu situs tersebut juga menyediakan berbagai macam chanel yang sudah dikategorikan

sesuai dengan kebutuhan para

 

 


 

 

 

pengunjung. Situs streaming ini juga sudah mulai merambah ke sektor periklanan, dimana iklan yang ditayangkan juga lebih menarik daripada yang ada di televisi.

 

 

3

Bagaimana pengaruh terpaan iklan video streaming terhadap brand awareness shampoo

 

 

 

 

Keterangan

Jawaban benar nilai skor 1 Jawaban salah skor 0

 

Soal 3 bila semuanya benar nilai seratus

 

E.        Penilaian Diri

 

Bagaimana kalian sekarang?

Setelah kalian belajar melalui kegiatan belajar 1, berikut diberikan tabel untuk mengukur diri kalian terhadap materi yang sudah kalian pelajari. Jawablah sejujurnya terkait dengan penguasaan materi, dan Isilah tabel refleksi diri terhadap pemahaman materi dengan cara memberi tanda centang (√)

 

 

No

Pertanyaan

Ya

Tidak

1.

Saya telah memahami struktur proposal

 

 

2.

Saya telah memahami ciri kebahasaan proposal

 

 

3.

Saya dapat menganalisis struktur proposal

 

 

4.

Saya dapat menganalisis kebahasaan proposal

 

 

5.

Saya dapat menyusun kerangka proposal

 

 

6

Saya dapat mengembangkan kerangka menjadi proposal

karya ilmiah

 

 

 

 

Jika menjawab “TIDAK” pada salah satu pertanyaan di atas, maka pelajarilah kembali materi tersebut dan pelajari ulang kegiatan belajar 2, yang sekiranya perlu kalian ulang dengan bimbingan Guru atau teman sejawat. Jangan putus asa untuk mengulang lagi!.


 

KEGIATAN PEMBELAJARAN 3

Mengembangkan Proposal Karya Ilmiah

 

A.     Tujuan Pembelajaran

Setelah memahami menyusun kerangka karya ilmiah pada kegiatan kedua, setelah mempelajari modul babak ketiga ini, diharapkan kalian dapat mengembangkan kerangka yang telah kalian susun menjadi sebuah proposal sederhana yang utuh dengan memperhatikan isi dan esensi kebutuhan.

B.        Uraian Materi

Setelah kalian menyususn kerangka proposal, kalian akan berlatih mengembangkan proposal tersebut secara utuh.

Materi pada kegiatan ketiga modul ini mengembangkan proposal karya ilmiah,cermati materiberikut agar kalian dapat menulis sesuai ketentuan penulisan proposal.

 

Format Proposal

 

Naskah proposal terdiri atas bagian awal, bagian utama, dan bagian akhir.

 

         Bagian Awal

Bagian awal mencakup sampul depan (cover), lembar judul, lembar pengesahan, kata pengantar, daftar isi, d

aftar tabel, daftar gambar, dan daftar lampiran.

 

                   Sampul depan Sampul depan memuat judul proposal, logo, nama, nama sekolah tempat penyusunan proposal, serta tahun penilaian proposal, dengan ketentuan sebagai berikut:

a)  Judul proposal harus memenuhi kriteria singkat, jelas, dan menunjukkan masalah yang diteliti, serta tidak membuka peluang penafsiran yang beragam. Di atas judul ditulis kata PROPOSAL;

b)  Logo sekolah dengan diameter 6 cm;

c)  Nama siswa harus ditulis lengkap.

d)   Kelas dan jurusan;

e)  Tahun yang dimaksud adalah tahun pelaksanaan penilaian Proposal;

f)  Sampul depan Proposal harus terbuat dari kertas buffalo (kertas ukuran A-4); g) Semua huruf pada sampul depan ditulis dengan huruf besar, Times New

Roman, ukuran 14, dan dicetak tebal.

 

         Lembar judul Lembar judul

Lembar judul sama seperti sampul depan, namun menggunakan kertas HVS ukuran A-4, warna putih. Contoh Sampul depan Proposal.

 

                Lembar pengesahan

Lembar pengesahan memuat tulisan LEMBAR PENGESAHAN PROPOSAL, judul Proposal, nama penyusun, kelas, kolom persetujuan (guru pembimbing)


 

 

                Kata pengantar

Kata pengantar memuat uraian singkat mengenai maksud penyusunan Proposal, dan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang berjasa pada keberhasilan penyusunan Proposal. Kata pengantar tidak memuat hal-hal yang ilmiah. Di pojok kanan bawah paragraf kata pengantar ini ditulis kota, bulan, tahun dan nama penyusun.

 

         Daftar isi

Daftar isi memberi informasi secara menyeluruh mengenai isi Proposal, mulai dari lembar judul hingga lampiran. Daftar isi dilengkapi dengan nomor halaman untuk menemukan hal-hal yang diinformasikan.

 

         Daftar tabel

Daftar tabel memuat urutan tabel yang terdapat dalam naskah Proposal. Urutan tabel dibuat dengan angka Arab dalam kaitan dengan urutan bab, sub-bab dalam bagian utama. Setelah nomor tabel kemudian ditulis judul tabel, dan halaman tabel dalam naskah proposal.

 

         Daftar gambar

Daftar gambar memuat urutan gambar (grafik, diagram, peta, dan lain-lain yang termasuk kategori gambar) yang terdapat dalam naskah Proposal. Cara penulisan daftar gambar sama seperti daftar tabel.

 

         Daftar lampiran

Daftar lampiran memuat urutan lampiran yang terdapat dalam naskah Proposal. Setelah nomor urut lampiran kemudian ditulis lampiran. Daftar Lampiran tidak mencantumkan nomor halaman.

 

                   Bagian Utama Bagian utama memuat:

I. PENDAHULUAN

II. TINJAUAN PUSTAKA

III. METODE PENELITIAN

 

  Pendahuluan

Pendahuluan   memuat:  latar  belakang                                                                    permasalahan, rumusan masalah, hipotesis (bila ada), tujuan, dan manfaat penelitian.

 

a)     Latar belakang permasalahan memuat alasan-alasan penting dan perlunya meneliti masalah. Pada latar belakang permasalahan juga dijelaskan kedudukan masalah yang diteliti dalam lingkup permasalahan yang lebih luas.

 

b)    Rumusan masalah memuat pernyataan singkat tentang masalah yang diteliti, batasan masalah yang diteliti, yang dapat disusun dalam kalimat pertanyaan.

 

c)  Hipotesis (bila ada) memuat pernyataan singkat sebagai jawaban sementara terhadap masalah yang dihadapi yang masih harus dibuktikan kebenarannya.

 

d)   Tujuan penelitian memuat sasaran yang akan diperoleh dalam penelitian.

 

e)  Manfaat penelitian memuat manfaat yang akan diperoleh dari penelitian, baik untuk pengembangan ilmu, teknologi, metodologi, atau pembangunan nasional.


 

                Tinjauan pustaka/Kajian teori

Tinjauan pustaka/kajian teori memuat uraian mengenai landasan teori dan landasan empiris yang mendukung pendekatan pemecahan masalah. Tingkat kedalaman dan keluasan aspek-aspek yang diteliti, tergantung pada ketajaman analisis permasalahan. Selain teori, hasil-hasil penelitian lain yang relevan, dapat juga disajikan dengan menyebutkan sumber referensinya.

 

                 Metode penelitian

Metode penelitian memuat tempat dan waktu penelitian, bahan dan alat penelitian, jenis dan variabel penelitian, cara kerja atau cara pengumpulan data, dan cara analisis data.

 

a)    Tempat dan waktu, memuat tempat pelaksanaan penelitian, baik penelitian yang dilaksanakan di laboratorium atau di lapangan (dijelaskan wilayah administratifnya). Kalau perlu diberi deskripsi singkat mengenai lokasi penelitian beserta petanya. Waktu artinya waktu pelaksanaan penelitian.

 

b)     Bahan dan alat, memuat uraian bahan dan alat yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian. Misalnya, bahan: kimia, hayati, atau bahan-bahan lain yang digunakan, dapat pula dijelaskan spesifikasinya. Demikian juga alat yang digunakan dapat dijelaskan tingkat kehandalan, kesahihan, dan ketelitiannya. Untuk penelitian yang menggunakan hewan, tumbuhan, dan mikroba harus disertai nama ilmiahnya.

 

c)  Cara kerja, memuat uraian rinci mengenai urutan pelaksanaan penelitian, mulai dari persiapan hingga pengujiannya, termasuk prosedur analisis kimia, fisika, dan hayati. Untuk penelitan eksperimental dapat dikemukakan jenis rancangan percobaan, jumlah perlakuan, dan replikasinya. Variabel penelitian memuat variabel/parameter yang diamati dan diukur, termasuk variabel yang dikendalikan. Di samping jenis-jenis data penelitian (nominal, ordinal, interval dan rasio) dapat pula dijelaskan satuan pengukurannya.

 

d)   Cara analisis data memuat cara-cara pendekatan pengujian hipotesis (jika ada), baik melalui analisis statistik deskriptif, inferensi, atau cara analisis lainnya.

 

e)    Penutup

Pada bagian penutup berisi simpulan dari latar belakang dan kajian teori, serta saran yang ditujukan kepada semuapihak yang membaca proposal tersebut.

 

         Bagian Akhir

Bagian akhir memuat jadwal pelaksanaan penelitian, anggaran, daftar pustaka, dan lampiran.

 

                Jadwal pelaksanaan penelitian memuat perkiraan lamanya persiapan dan pelaksanaan penelitian dalam penyusunan skripsi.

 

  Daftar pustaka

Daftar pustaka, disusun secara vertikal menurut urutan abjad dan secara horizontal.

 

                Lampiran

Lampiran-lampiran diberi nomor dengan angka Arab, tanpa nomor halaman


 

C.    Rangkuman

Format proposal memiliki 3 bagian yaitu bagian awal,bagian utama, dan bagian akhir.

Bagian awal

a.        Sampul depan (cover)

b.       Lembar pengesahan

c.        Kata pengantar

d.       Daftar isi

e.        Daftar tabel

f.        Daftar gambar

g.       Daftar lampiran

2.         Bagian Utama

a.        Pendahuluan

b.       Tinjauan Pustaka

c.        Metode Penelitian

d.       Penutup

3.         Bagian Akhir

a.        Jadwal penelitian

b.       Anggaran

c.        Daftar pustaka

d.       Lampiran

 

D.    Latihan Soal

Jawablah pertanyaan berikut !

1.         Buatlah judul proposal karya ilmiah !

2.         Buatlah latar belakang proposal karya ilmiah!

3.         Buatlah perumusan masalah !

4.         Buatlah metode penelitian !


 

Kunci jawaban

1.         Analisis Potensi Limbah Tebu Sebagai Bahan Bakar Pembangkit Listrik Energi Biomassa Di Pabrik Gula

2.         Saat ini, Seiring berjalannya waktu industri– industri baik industri rumahan maupun pabrik semakin banyak di Indonesia. Kini sangat mudah ditemukan sebuah industri meskipun letaknya dekat dengan pemukiman padat penduduk. Letak sebuah pabrik yang berdekatan dengan pemukiman warga tentu dapat menimbulkan dampak buruk, baik itu melalui limbah padat, cair maupun gas.

 

Terutama limbah padat yang membutuhkan tempat penampungan yang cukup besar. Aktifnya perindustrian di Indonesia tidak dapat berlangsung terus menerus tanpa adanya proses yang dapat menekan dampak buruk yang diakibatkan oleh pembuatan produk di suatu perindustrian.

 

3.         Untuk memudahkan penyusunan tugas akhir ini penulis merumuskan masalah kedalam beberapa bentuk kalimat pertanyaan, sebagai berikut ini:

a.Potensi ampas tebu dalam penyediaan energi listrik. b.Analisis penerapan ampas tebu di pabrik gula.

 

4.         Untuk memudahkan penyusunan tugas akhir ini penulis merumuskan masalah kedalam beberapa bentuk kalimat pertanyaan, sebagai berikut ini:

a.Potensi ampas tebu dalam penyediaan energi listrik.

b. Analisis penerapan ampas tebu di pabrik gula.

 

Rubrik penilian latihan 3

 

No.

Jawaban Benar

Jawaban Salah

Skor

1

Analisis Potensi Limbah Tebu Sebagai Bahan Bakar Pembangkit

Listrik Energi Biomassa Di Pabrik Gula

 

 

2

2.         Saat ini, Seiring berjalannya waktu industri– industri baik industri rumahan maupun pabrik semakin banyak di Indonesia. Kini sangat mudah ditemukan sebuah industri meskipun letaknya dekat dengan pemukiman padat penduduk. Letak sebuah pabrik yang berdekatan dengan pemukiman warga tentu dapat menimbulkan dampak buruk, baik itu melalui limbah padat, cair maupun gas.

 

Terutama limbah padat yang membutuhkan tempat penampungan yang cukup besar. Aktifnya perindustrian di Indonesia tidak dapat berlangsung terus menerus tanpa adanya proses yang dapat menekan dampak buruk yang

diakibatkan oleh pembuatan produk

 

 


 

 

 

di suatu perindustrian.

 

 

3

Untuk memudahkan penyusunan tugas akhir ini penulis merumuskan masalah kedalam beberapa bentuk kalimat pertanyaan, sebagai berikut ini:

a.Potensi ampas tebu dalam penyediaan energi listrik.

b.Analisis penerapan ampas tebu di pabrik gula.

 

 

4

Untuk memudahkan penyusunan tugas akhir ini penulis merumuskan masalah kedalam beberapa bentuk kalimat pertanyaan, sebagai berikut ini:

a.Potensi ampas tebu dalam penyediaan energi listrik.

b. Analisis penerapan ampas tebu di pabrik gula.

 

 

 

 

Keterangan

Jawaban benar nilai skor 1 Jawaban salah skor 0

 

Soal 4 bila semuanya benar nilai seratus


 

E.   Penilaian Diri

Bagaimana kalian sekarang?

Setelah kalian belajar melalui kegiatan belajar 1, berikut diberikan tabel untuk mengukur diri kalian terhadap materi yang sudah kalian pelajari. Jawablah sejujurnya terkait dengan penguasaan materi, dan Isilah tabel refleksi diri terhadap pemahaman materi dengan cara memberi tanda centang (√)

 

 

No

Pertanyaan

Ya

Tidak

1.

Saya telah memahami struktur proposal

 

 

2.

Saya telah memahami ciri kebahasaan proposal

 

 

3.

Saya dapat menganalisis struktur proposal

 

 

4.

Saya dapat menganalisis kebahasaan proposal

 

 

5.

Saya dapat menyusun kerangka proposal

 

 

6

Saya dapat mengembangkan kerangka menjadi

proposal karya ilmiah

 

 

 

 

Jika menjawab “TIDAK” pada salah satu pertanyaan di atas, maka pelajarilah kembali materi tersebut dan pelajari ulang kegiatan belajar 2, yang sekiranya perlu kalian ulang dengan bimbingan Guru atau teman sejawat. Jangan putus asa untuk mengulang lagi!.


 

EVALUASI

Berilah tanda silang (X) pada jawaban yang kalian anggap benar!

1.            Akhir-akhir ini banyak terjadi  penyalahgunaan  penggunaan  media informasi, yang seharusnya untuk menyampaikan informasi justru digunakan untuk menhina atau mencemarkan nama baik orang lain.

Pernyataan di atas merupakan penggalan unsur proposal bagian…

A.   Judul

B.   Daftar Isi

C.   Latar Belakang

D.   Kajian Pustaka

E.    Simpulan

 

2.          Apa akibat jika air sungai yang mengandung limbah berbahaya dikonsumsi? Kalimat tersebut merupakan unsur proposal bagian…

A.   Latar belakang

B.   Rumusan masalah

C.   Kajian pustaka

D.   Simpulan

E.    Saran

 

3.            Pengertian Air bersih

Air bersih adalah salah satu jenis sumberdaya berbasis air yang bermutu baik dan biasa dimanfaatkan oleh manusia untuk dikonsumsi atau dalam melakukan aktivitas mereka sehari-hari dan memenuhi persyaratan untuk pengairan sawah, untuk treatment air minum dan untuk treatmen air sanitasi. Persyaratan disini ditinjau dari persyaratan kandungan kimia, fisika dan biologis.

Penggalan proposal di atas merupakan isi proposal bagian…

A.   Latar belakang

B.   Rumusan masalah

C.   Landasan teori

D.   Simpulan

E.    Saran

 

4.            Air sangat bermanfaat khususnya untuk tubuh kita, karena 2/3 dari tubuh  kita terdiri dari cairan.Tetapi tidak semua air itu bisa kita konsumsi ada  syarat yang harus dipenuhi. Air itu tidak boleh mengandung zat-zat kimia yang dilarang untuk tubuh. Saat ini ketersediaan air bersih semakin berkurang dan bahkan sulit, karena sumber-sumber air kebanyakan sudah tercemar oleh limbah pabrik atau rumah tangga.

Berdasarkan paragraf di atas, masalah yang sesuai untuk diteliti adalah…

A.   Meneliti manfaat air untuk kehidupan.

B.   Meneliti ketersediaan air bersih di sebuah pemukiman.

C.   Meneliti sumber-sumber air yang dapat dimanfaatkan manusia.

D.   Kandungan  zat     berbahaya yang terdapat pada air yang dikonsumsi manusia.

E.    Meneliti tempat-tempat yang mengandung sumber air.

 

5.            Cermati daftar unsur-unsur proposal berikut!

(1)     Tujuan

(2)     Metode Penelitian

(3)     Latar Belakang


 

(4)     Landasan Teori

(5)     Penutup

 

Sistematika penulisan proposal yang tepat ditandai dengan nomor….. A. (1), (3), (2), (4), dan (5)

B.   (1), (3), (4), (2), dan (5)

C.   (3), (1), (4), (2), dan (5)

D.  (4), (2), (1), (3), dan (5)

E.   (4), (3), (2), (1), dan (5)

 

6.            Cermati topik karya tulis berikut! Topik: Perbaikan mental remaja

Kalimat latar belakang yang sesuai dengan topik tersebut adalah ….

A.   Remaja banyak sekali memerlukan perhatian orang di sekitarnya.

B.   Banyak orang tua yang tidak memahami tabiat anak remaja.

C.   Remaja adalah kelompok anak-anak yang beranjak ke usia pancaroba.

D.   Dewasa ini banyak remaja rusak mentalnya disebabkan berbagai faktor.

E.    Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki mental remaja.

 

7.            Cermati topik berikut!

Topik: Pelestarian tanaman obat dalam masyarakat.

Kalimat rumusan masalah yang sesuai dengan topik tersebut adalah …

A.   Apa yang dapat dilakukan untuk melestarikan tanaman obat dalam masyarakat?

B.   Siapa yang terlibat untuk melestarikan tanaman obat dalam masyarakat?

C.   Mengapa perlu mengenal berbagai jenis tanaman obat dalam masyarakat?

D.   Upaya apa sajakah untuk menyadarkan masyarakat dalam pelestarian?

E.    Sejauh manakah kepedulian masyarakat terhadap tanaman obat?

 

8.            Hal-hal yang tercantum dalam ruang lingkup pada proposal adalah….

A.   Pihak penyelenggara kegiatan

B.   Pihak yang memberikan dana bantuan

C.   Penanggung jawab kegiatan

D.   Penulis proposal

E.    Pihak yang akan mendapat manfaat dari proposal

 

9.            Bahasa yang sesuai untuk merumuskan tujuan proposal adalah ….

A.   Telah mengetahui manfaat tidur siang bagi tubuh.

B.   Tidur siang adalah salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

C.   Untuk mengetahui pengaruh positif tidur siang bagi tubuh.

D.   Tidur siang dapat menurunkantekanan daras seseorang.

E.    Jika tidur siang berlebih akan menimbulkan efekburuk bagi tubuh.

 

10.        Akhir kata, penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak  yang telah membantu terselesaikannya proposal ini.

Kata ganti yang digunakan pada penggalan proposal di atas adalah ….

A.   penulis

B.   kepada

C.   telah

D.   semua pihak

E.    membantu


 

 

 


 

DAFTAR PUSTAKA

 

Ismawati, Esti. 2006. Bahasa Indonresia Untuk Penulisa Karya Ilmiah. Yogyakarta: Ombak.

Nur Tanjung, Bahdin dan Ardial. 2005. PedomanPenulisan Karya Ilmiah. Medan: Kencana Prenada Media Grup.

Riduwan. 2010. Metode & Teknik Menyususun Proposal Penelitian. Bandung: Alvabeta.

 

Dari Internet

https://baruoi.blogspot.com/2019/08/pengertian-proposal-isi-dan-kaidah.html https://www.gurupendidikan.co.id/contoh-proposal-karya-ilmiah/ https://baruoi.blogspot.com/2019/08/pengertian-proposal-isi-dan-kaidah.html file:///C:/Users/LENOVO/Downloads/Documents/pedoman-skripsi-[revisi23- 24januari2015].pdf


Tidak ada komentar:

Posting Komentar