Selasa, 27 Juli 2021

 Modul 2 Struktur Kebahasaan Teks

Struktur dan Kebahasaan Teks Prosedur_Bahasa Indonesia_ Kelas XI_ KD 3.2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

@2020, Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN                                                                                                1


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS PROSEDUR BAHASA INDONESIA

KELAS XI

 

 

 

 

 

PENYUSUN

Yenni Apriliani, S.Pd.

SMA Negeri 6 Palembang


 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

PENYUSUN........................................................................................................................ 2

DAFTAR ISI........................................................................................................................ 3

GLOSARIUM...................................................................................................................... 4

PETA KONSEP................................................................................................................... 5

PENDAHULUAN................................................................................................................ 6

A.                Identitas Modul............................................................................................................. 6

B.                 Kompetensi Dasar......................................................................................................... 6

C.                 Deskripsi Singkat Materi.............................................................................................. 6

D.                Petunjuk Penggunaan Modul........................................................................................ 6

E.                  Materi Pembelajaran..................................................................................................... 7

KEGIATAN PEMBELAJARAN 1...................................................................................... 8

Struktur Teks Prosedur....................................................................................................... 8

A.                Tujuan Pembelajaran.................................................................................................... 8

B.                 Uraian Materi................................................................................................................ 8

C.                 Rangkuman.................................................................................................................. 10

D.                Penugasan Mandiri...................................................................................................... 11

E.                  Latihan Soal................................................................................................................ 12

F.                   Penilaian Diri.............................................................................................................. 14

Kegiatan Pembelajaran 2.................................................................................................. 15

Kebahasaan Teks Prosedur............................................................................................... 15

A.                Tujuan Pembelajaran.................................................................................................. 15

B.                 Uraian Materi.............................................................................................................. 15

C.                 Rangkuman.................................................................................................................. 17

D.                Penugasan Mandiri...................................................................................................... 18

E.                  Latihan Soal................................................................................................................ 19

F.                   Penilaian Diri.............................................................................................................. 21

EVALUASI........................................................................................................................ 22

DAFTAR PUSTAKA........................................................................................................ 26


 

 

 

 

GLOSARIUM

 

 

 

 

Adminstrasi

:

Usaha dan kegiatan yg meliputi penetapan tujuan serta penetapan cara-cara penyelenggaraan pembinaan organisasi.

Hidroponik

:

Cara bercocok tanam tanpa menggunakan tanah.

Negosiasi

:

Proses tawar menawar dengan jalan berunding untuk memberi

atau menerima guna mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak dengan pihak lainnya.

Pigura

:

Gambar atau lukisan yang berbingkai.

Portal

:

Pintu gerbang; gapura;

Portofolio

:

Tas untuk surat-surat; sampul kulit.

Refleksi

:

Gerakan, pantulan di luar kemauan (kesadaran)

Sekat

:

Sesuatu seperti dinding, kerai, dan sebagainya untuk membatasi atau memisahkan.

Temporal

:

Berhubungan atau mengenai waktu

Virus

:

Mikroorganisme yg tidak dapat dilihat dng menggunakan mikroskop biasa, hanya dapat dilihat dng menggunakan mikroskop elektron, penyebab dan penular penyakit, spt cacar,

influenza, dan rabies.

Visa

:

Izin (persetujuan) memasuki negara lain atau tinggal sementara di negara lain yang berwujud cap dan paraf yang dibubuhkan

oleh pejabat perwakilan negara yang bersangkutan pada paspor pemohon.

wawancara

:

Wawancara adalah percakapan antara 2 orang atau lebih dan berlangsung antara narasumber dan pewawancara. Yang tujuan dari wawancara ialah untuk mendapatkan informasi dimana sang pewawancara melontarkan pertanyaan-pertanyaan untuk

dijawab oleh orang yang diwawancarai.


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PETA KONSEP

 

 

 

 

 

 

 

 



 

 

 

 

 

 

 

 

 

PENDAHULUAN

 

A.        Identitas Modul

Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia Kelas            : XI

Alokasi Waktu              : 4 x 45 menit (2 x pertemuan)

Judul Modul                 : Struktur dan Kebahasaan Teks Prosedur.

 

 

B.         Kompetensi Dasar

3.   2    Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur.

 

4.   2    Mengembangkan teks prosedur dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan.

 

 

C.        Deskripsi Singkat Materi

Semangat pagi! Salam sehat anak-anak. Pada modul sebelumnya, yaitu pada KD

3.1 kita telah mempelajari mengenai informasi dalam teks prosedur. Pada modul kali ini kita masih akan belajar mengenai teks prosedur, namun yang kita bahas adalah struktur dan kaidah kebahasaannya. Dalam setiap kegiatan tampaknya prosedur itu menjadi pengingat bagi setiap orang untuk mematuhi tahapan agar kegiatan dapat dilaksanakan dengan benar. Dengan mematuhi tahapan melakukan suatu kegiatan berdasarkan struktur dan kaidah kebahasaannya, maka kemungkinan keberhasilan melakukan kegiatan tersebut lebih besar. Penting sekali kita mempelajari struktur dan kaidah kebahasaan teks prosedur agar dapat memahami dan menyusun teks prosedur dengan baik. Selain itu kita juga dapat melakukan suatu kegiatan sesuai dengan prosedur.

 

D.        Petunjuk Penggunaan Modul

Supaya belajar kalian dapat bermakna maka yang perlu kalian lakukan adalah :

1.            Pastikan kalian mengerti target kompetensi yang akan dicapai.

2.            Mulailah dengan membaca materi.

3.            Kerjakan soal latihannya.

4.            Jika sudah lengkap mengerjakan soal latihan, cobalah buka kunci jawaban yang ada pada bagian akhir dari modul ini. Hitunglah skor yang kalian peroleh.


 

 

5.            Jika skor masih dibawah 70, cobalah baca kembali materinya, usahakan jangan mengerjakan ulang soal yang salah sebelum kalian membaca ulang materinya.

6.            Jika skor kalian sudah minimal tujuh puluh, kalian bisa melanjutkan ke pembelajaran berikutnya.

 

 

 

E.         Materi Pembelajaran

Modul ini terbagi menjadi 2 kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi.

 

Pertama : Struktur teks prosedur Kedua       : Kebahasaan teks prosedur

 


 

 

 


 

Selamat belajar dan tetap semangat!

Jangan lupa pakai masker, selalu cuci tangan dan jaga jarak.


 

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN 1

Struktur Teks Prosedur

 

 

A.        Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari kegiatan pembelajaran satu ini diharapkan kalian dapat menganalisis struktur teks prosedur dengan cermat, teliti dan penuh tanggung jawab sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

B.         Uraian Materi

Struktur Teks Prosedur

Pada modul sebelumnya, kita sudah mempelajari pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur. Nah, berarti kalian sudah mendapat gambaran tentang suatu prosedur. Sekarang marilah kita menggali teks prosedur lebih mendalam!

Setiap teks memang memiliki struktur agar penyusunan teks jauh lebih baik dan benar. Seperti halnya teks prosedur, dimana ada struktur pada saat pembuatan maupun penyusunan teksnya.

Struktur teks prosedur tentunya sangat penting sekali pada saat pembuatan teksnya, dan struktur itu terbagi menjadi 3. Yang pertama ialah bagian tujuan, yang kedua adalah langkah-langkah dan yang ketiga ialah bagian penegasan ulang.

Penasaran seperti apa struktur teks prosedur? Simak penjelasan struktur teks prosedur berikut ini:

 

1.         Tujuan

Untuk struktur tujuan yang ada di dalam teks prosedur memang cukup beragam, contoh yang paling sering kita jumpai ialah pengantar topik. Tak hanya itu saja, bisa saja tujuan tersebut berisi mengenai kenapa teks prosedur tersebut di buat. Yang artinya, tujuan ini merupakan hasil akhir jika kita melakukan suatu hal yang mana mengikuti pedoman langkah- langkah yang ada di dalam teks prosedur tersebut.

 

2.         Langkah-langkah

Untuk bagian yang ke dua ialah bagian langkah- langkah yang mana di dalamnya menerangkan mengenai proses dari tahapan maupun langkah yang wajib untuk  di laksanakan demi memperoleh hasil yang jauh lebih maksimal dimana sesuai dengan tujuan dari pembuatan teks prosedur.

Pada bagian ini, langkah- langkah wajib di susun dengan cara yang berurutan sebab nantinya akan membahas dari tahapan nol sampai pembahasan hasil pencapaian. Misalnya saja, pada saat kita membuat sebuah teks prosedur mengenai memasak tidak mungkin sekali jika kita akan menulis langsung mengenai menghidangkan masakan sebelum kita menjelaskan langkah- langkah dari proses penyiapan bahan dan proses memasaknya.

 

3.         Penegasan ulang

Untuk penegasan ulang berupa harapan ataupun manfaat apabila petunjuk- petunjuk itu dijalankan dengan baik.


 

 

Perhatikan contoh teks prosedur berikut!

 

 

Cara Mendaftar UTBK

 

UTBK merupakan ujian yang digunakan sebagai syarat seorang calon mahasiswa untuk mengikuti SBMPTN. Hasil dari UTBK akan digunakan untuk menyaring calon mahasiswa yang mendaftar ke sebuah PTN. Pendaftaran      harus     dilakukan     melalui     website      LTMPT                        selaku penyelenggara                 ujian                         ini.    Jika                  sudah    mendaftar,    mahasiswa                 bisa mendapatkan bukti yang bisa dicetak melalui website tersebut.

Langkah-langkah:

1.         Pastikan sudah memiliki akun LTMPT

2.         Login menggunakan akun LTMPT di laman portal LTMPT

3.         Pilih menu pendaftaran UTBK-SBMPTN

4.         Pilih pusat UTBK

5.         Isilah kebutuhan khusus jika diperlukan.

6.         Jika mendaftar melalui skema KIP, maka lakukan tahapan berikut:

a.    Pastikan sudah memiliki KIP kuliah

b.    Isi nomor pendaftaran KIP Kuliah

7.         Isi jenis jurusan SMTA

8.         Pilih PTN dan program studi yang diminati

9.         Unggah portofolio (bagi program studi yang mewajibkan untuk mengunggah portofolio)

10.     Lakukan konfirmasi data dan melakukan simpan permanen

11.     Cetak kartu tanda bukti peserta UTBK-SBMPTN

Dengan persiapan matang dan mengerjakan soal dengan baik saat mengikuti UTBK, semoga kita dapat berhasil dan diterima menjadi mahasiswa melalui jalur SBMPTN.

 

 

 

 

Teks prosedur di atas dibentuk oleh ungkapan tentang tujuan, langkah- langkah, dan penegasan ulang.

 

1.        

Text Box: UTBK merupakan ujian yang digunakan sebagai syarat seorang calon mahasiswa untuk mengikuti SBMPTN. Hasil dari UTBK akan digunakan untuk menyaring calon mahasiswa yang mendaftar ke sebuah PTN.

Tujuan merupakan pengantar tentang topik yang akan dijelaskan dalam teks. Pada contoh teks berjudul “Cara Mendaftar UTBK” , tujuan yang dimaksud adalah yang berupa pengertian UTBK dan manfaat bagi peserta, yaitu:

 

2.      Langkah-langkah berupa perincian petunjuk yang disarankan kepada pembaca terkait pada topik tertentu Pada contoh teks berjudul “CaraMendaftar UTBK” , langkah-langkahnya, yaitu:


 

 

Text Box: Langkah-langkah:
1.	Pastikan sudah memiliki akun LTMPT
2.	Login menggunakan akun LTMPT di laman portal LTMPT
3.	Pilih menu pendaftaran UTBK-SBMPTN
4.	Pilih pusat UTBK
5.	Isilah kebutuhan khusus jika diperlukan.
6.	Jika mendaftar melalui skema KIP, maka lakukan tahapan berikut:
a.	Pastikan sudah memiliki KIP kuliah
b.	Isi nomor pendaftaran KIP Kuliah
7.	Isi jenis jurusan SMTA
8.	Pilih PTN dan program studi yang diminati
9.	Unggah portofolio (bagi program studi yang mewajibkan untuk mengunggah portofolio)
10.	Lakukan konfirmasi data dan melakukan simpan permanen
11.	Cetak kartu tanda bukti peserta UTBK-SBMPTN

 

3.      Penegasan ulang berupa harapan ataupun manfaat apabila petunjuk- petunjuk itu dijalankan dengan baik.

Padacontohteksberjudul “Cara Mendaftar UTBK” penegasan ulangnya,yaitu:

Text Box: Dengan persiapan matang dan mengerjakan soal dengan baik saat mengikuti UTBK, semoga kita dapat berhasil dan diterima menjadi mahasiswa melalui jalur SBMPTN

 

Berdasarkan penjelasan di atas maka dapat diperoleh bagan struktur teks prosedur sebagai berikut.

 

 

 

 

 

 

 

Penegasan ulang (penutup)

 
Bagan 1.1 Struktur teks prosedur

 

 

C.        Rangkuman

Struktur teks prosedur adalah sebagai berikut:

 

1.         Tujuan, yaitu pengantar tentang topik yang akan dijelaskan dalam teks.

2.         Langkah-langkah, yaitu berupa perincian petunjuk yang disarankan kepada pembaca terkait dengan topik yang ditentukan.

3.         Penegasan ulang berupa harapan ataupun manfaat apabila petunjuk- petunjuk itu dijalankan dengan baik.


 

 

D.        Penugasan Mandiri

Contoh Teks Prosedur

 

Cara Membuat Bingkai Foto dari Kardus Bekas

 

Bingkai foto atau yang lebih sering disebut sebagai Pigura adalah sebuah tepi dekoratif yang dibuat untuk memasang, melindungi, dan memajang sebuah gambar, foto, atau lukisan.

Bahan-bahan:

1.      Siapkan kardus bekas dari apa saja dengan ukuran sesuai dengan kebutuhan.

2.      Siapkan gunting

3.      Kaca

4.      Lem

5.      Siapkan juga pita atau kertas kado.

6.      Siapkan penggaris. Cara Membuat:

1.      Langkah yang pertama adalah dengan mengukur kardus dengan memakai penggaris, ukuran nantinya dapat di sesuaikan dengan ukuran dari foto yang akan di pajang.

2.      Kemudian kaca di ukur seperti halnya kardus tadi.

3.      Langkah yang berikutnya ialah dengan memotong dua lembar kardus yang bisa di sesuaikan dengan ukuran potongan kardus yang pertama.

4.      Kemudian Anda perlu membuat sekat pada bagian tengah kardus guna untuk memakai potongan dari kardus kecil yang lain.

5.      Langkah selanjutnya, rekatkan dengan memakai lem

6.      Untuk berikutnya, ambil kardus lagi lalu bentuk sesuai dengan keinginan. Kardus ini nantinya akan di pakai sebagai penopang frame agar tidak jatuh.

7.      Selanjutnya ialah dengan memasang kaca pada bagian dalam kardus tersebut.

8.      Untuk yang terakhir ialah dengan menggunakan kertas kado atau pita tadi. Tempelkan kertas pada bagian luar kardus sehingga bisa di jadikan hiasan dan supaya lebih cantik.

contoh bingkai foto dari kardus 2

https://ngertiaja.com/

 

Mudah, bukan berarti tidak menarik. Hanya dengan manik-manik pita di dua sudut dengan satu warna, namun tetap memberikan kesan elegan dan rapi. Kamu juga bisa membuat bingkai dengan lebih indah, jika kamu benar-benar menggunakan kreativitasmu.


 

 

Demikianlah prosedur bagaimana kardus bekas dapat dimanfaatkan menjadi sebuah bingkai foto yang unik dan dapat kalian kreasikan sebebasnya. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

 

Setelah kamu membaca teks tersebut, selanjutnya ikutilah instruksi di bawah ini!

1.     Jelaskanlah struktur pembentuk teks tersebut secara jelas!

2.     Simpulkan teks tersebut berdasarkan kelengkapan strukturnya!

3.     Tuliskan hasil analisismu dalam format penilaian seperti berikut ini!

 

StrukturTeksProsedur

Penjelasan

a. Tujuan

………………………………………………

………………………………………………

b. Langkah-langkah

………………………………………………

………………………………………………

………………………………………………

………………………………………………

………………………………………………

c. Penegasan ulang

………………………………………………

………………………………………………

Simpulan

………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………

E.         Latihan Soal

1.         Jelaskan struktur teks prosedur!

2.         Buatlah tujuan teks prosedur berdasarkan gambar di bawah ini!

kerajinan bunga dari kertas bekas

https://ngertiaja.com/

 

3.         Buatlah teks prosedur menggunakan struktur yang lengkap dengan tema bercocok tanam dengan air atau hidroponik!


 

 

Pembahasan dan Pedoman Penskoran Latihan Soal Pembelajaran 1

 

N0

Soal

Jawaban Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

 

1

Struktur teks prosedur adalah sebagai berikut:

1.  Tujuan, yaitu pengantar tentang topik yang akan dijelaskan dalam teks.

2.  Langkah-langkah, yaitu berupa perincian petunjuk yang disarankan kepada pembaca terkait dengan topik yang ditentukan.

3.  Penegasan ulang berupa harapan ataupun manfaat apabila

petunjuk- petunjuk itu dijalankan dengan baik.

Peserta didik menjawab soal dengan tepat

3

Peserta didik menjawab soal kurang tepat

2

Peserta didik menjawab soal tidak tepat

1

 

 

N0

Soal

Jawaban Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

 

2

Kertas HVS hadir dengan beberapa ukuran yang berbeda- beda. Di Indonesia ukuran berat kertas HVS dibagi menjadi tiga, yakni 60g, 70g, dan juga 80g. Kertas HVS juga merupakan salah satu kertas yang sering dibuang. Padahal, kertas HVS bisa menjadi sebuah bahan kerajinan tangan yang bagus untuk membuat karangan bunga. Berikut ini langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk membuat

kerajinan tangan menggunakan bahan kertas HVS.

Peserta didik menjawab soal dengan tepat

3

Peserta didik menjawab soal kurang tepat

2

Peserta didik menjawab soal tidak tepat

1

 

 

N0

Soal

Jawaban Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

 

3

Cara Bercocok Tanam dengan Air Demi menjaga pasokan sayur setiap harinya, tak ada salahnya jika Anda mulai belajar untuk menanam sayur. Tak harus menggunakan media tanah, Anda juga bisa menanam sayur menggunakan air atau yang biasa disebut dengan hidroponik.

Cara ini merupakan cara paling populer yang digunakan oleh banyak orang dalam mengaplikasikan cara menanam hidroponik.

Cara menanam:

Peserta didik menjawab soal dengan tepat

3

Peserta didik menjawab soal kurang tepat

2

Peserta didik menjawab soal tidak tepat

1


 

 

 

1.         Siapkan     beberapa      pipa     atau talang, dan pompa.

2.         Lubangi    pipa     sesuai     dengan panjangnya.

3.         Pastikan jarak satu lubang dan lubang yang lain sama.

4.         Susun pipa atau talang yang dipersiapkan untuk menjadi tempat menanam tanaman.

5.         Siapkan penampung pada ujung pipa yang lebih rendah.

6.         Pasang           pompa            untuk mengalirkan air nutrisi agar alirannya maksimal.

Cara satu ini memiliki konsep dasar menanam akar tanaman yang kemudian akan tumbuh pada bagian lapisan nutrisi yang tidak dalam dan menjaga sirkulasi tanaman agar tetap

mendapat nutrisi, oksigen, dan air secara baik dan tercukupi.

 

 

 

 

skor yang diperoleh x 100 Nilai:                                           =

 

Skor maksimal

 

F.         Penilaian Diri

Setelah kalian belajar melalui kegiatan pembelajaran satu, berikut diberikan tabel untuk mengukur diri kalian terhadap penguasaan materi yang sudah kalian pelajari. Jawablah sejujurnya terkait dengan penguasaan materi dengan mengisi tabel refleksi diri terhadap pemahaman materi pada tabel berikut dan centanglah (√).

 

No

Pertanyaan

Ya

Tidak

1.

Apakah kalian telah memahami struktur teks prosedur?

 

 

2.

Apakah kalian dapat menemukan tujuan dalam sebuah teks prosedur?

 

 

3.

Apakah kalian dapat menemukan lankah-langkah dalam sebuah teks prosedur?

 

 

4.

Dapatkah kalian menemukan penegasan ulang dalam

sebuah teks prosedur?

 

 

5.

Dapatkah kalian membuat struktur untuk sebuah tema

teks prosedur?

 

 

 

Jika menjawab “TIDAK” pada salah satu pertanyaan di atas, maka pelajarilah kembali materi tersebut dan pelajari ulang kegiatan pembelajaran satu. Bila perlu kalian dapat meminta bimbingan guru atau teman sejawat. Jangan putus asa untuk mengulang lagi.


 

 

Kegiatan Pembelajaran 2 Kebahasaan Teks Prosedur

 

A.     Tujuan Pembelajaran

Setelah kegiatan pembelajaran 2 ini, kalian diharapkan dapat menganalisis kebahasaan teks prosedur dengan cermat, teliti, dan penuh tanggung jawab. Kalian juga diharapkan dapat menyusun teks prosedur untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

 

B.         Uraian Materi

Unsur Kebahasaan Teks Prosedur

Pada umumnya teks prosedur memiliki struktur kebahasaan sebagai berikut:

1.          Banyak  menggunakan  kata  kerja  perintah  (imperatif).       Kata kerja imperatif dibentuk dengan akhiran -kan, -i, dan partikel-lah.

 

Bentuk Dasar

Imbuhan/Partikel

Bentukan Kata

pasti

-kan

pastikan

tunjuk

-kan

tunjukkan

cerita

-kan

ceritakan

hindar

-i

hindari

jadi

-lah

jadilah

 

Ciri-ciri kalimat imperatif adalah berisikan perintah, imbauan atau larangan serta diakhiri dengan tanda seru (!) di akhir kalimat.

 

2.         Banyak menggunakan kata-kata teknis yang berkaitan dengan topik yang dibahasnya. Kata teknis adalah kata-kata yang memiliki makna khusus pada suatu bidang keahlian. Makna dari kata teknis ini adalah makna leksikal atau makna kamus. Apabila teks tersebut berkenaan dengan masalah komunikasi, akan digunakan istilah-istilah komunikasi pula, misalnya tanya jawab, kontak mata, pewawancara, verbal, nonverbal, bahasa tubuh, dan negosiasi.

 

3.         Banyak menggunakan konjungsi dan partikel yang bermakna penambahan. Konjungsi penambahan adalah sebuah konjungsi bermakna tambahan yang diberikan untuk menggabungkan kalimat sederhana menjadi kalimat kompleks. Contoh: selain itu,  pun,  kemudian,  selanjutnya,  oleh  karena  itu,  lalu,  setelah  itu, dan di samping itu.

 

4.         Banyak menggunakan pernyataan persuasif.

Kalimat persuasif merupakan kalimat ajakan kepada seseorang atau banyak orang. Tidak hanya berisi ajakan, kalimat persuasif juga berisi tentang suatu permintaan atau imbauan, contohnya:

 

a.  Penggunaan bahasa yang baik juga menjadi keharusan.

b.  Singkatnya, akan lebih baik bila kita mampu menampilkan sikap yang


 

 

antusias, baik secara verbal maupun nonverbal.

5.         Apabila prosedur itu berupa resep dan petunjuk penggunaan alat, akan digunakan gambaran terperinci tentang benda dan alat yang dipakai, termasuk ukuran, jumlah, dan warna.

 

 

Bagan 1.2 Kaidah Kebahasaan teks prosedur


 

 

Contoh Teks Prosedur


Cara Mendirikan Tenda Kemah

 

https://www.gurupendidikan.co.id/teks-prosedur/

 

Ada beberapa jenis tenda yang dapat digunakan dalam kegiatan kepramukaan, tetapi untuk kegiatan berkemah yang baik, tenda yang digunakan hendaknya merupakan tenda standar yang mendirikannya dengan menggunakan tali dan patok. Hal ini untuk melatih keterampilan dan ketangkasan anggotanya dalam kegiatan berkemah tersebut.

Berikut ini cara mendirikan tenda yang benar dan baik dalam kegiatan berkemah pramuka yaitu :

 

1.      Periksa, bersihkan dan amankan terlebih dahulu area atau wilayah tempat yang akan dipasangi tenda

2.      Persiapan perlengkapan dan peralatan untuk memasang tenda seperti ; tenda, tiang, patok, tali, palu kecil, dll.


 

 

3.      Buka lembaran tenda untuk mengetahui besarnya dan tentukan arah dan sudut tenda.

4.      Pasang tiang tenda sesuai posisinya, dalam hal ini pada sudut-sudut tenda yang bersangkutan.

5.      Tancapkan patok-patok pada tiap sudut tenda dan pintu tenda.

6.      Setelah menegakan tiang tongkat, ambil tali, lalu ikatkan pada patok yang sudah tertancap di tanah.

7.      Begitupun dengan tiang depan, ikatkan talinya. (Alangkah lebih bagus jika menggunakan tali ganda).

8.      Pasang pendukung tenda, seperti, lampu, pagar, gerbang dan lain sebagainya.

 

Anak-anak, marilah kita coba menganalisis kebahasaan pada teks prosedur di atas. Kebahasaan pada teks prosedur yang berjudul “ Cara Mendirikan Tenda Kemah”, yaitu tulisan yang bercetak miring pada bagian contoh kalimat dalam tabel di bawah ini.

 

Kaidah Kebahasaan

Contoh Kalimat

Kata kerja imperatif

Periksa, bersihkan dan amankan terlebih dahulu area atau wilayah tempat yang akan dipasangi tenda

Pernyataan persuasif

Begitupun dengan tiang depan, ikatkan talinya. (Alangkah lebih bagus jika

menggunakan tali ganda).

Kata teknis

Pasang pendukung tenda, seperti, lampu, pagar, gerbang dan lain sebagainya.

Konjungsi penambahan

Setelah menegakan tiang tongkat, ambil

tali, lalu ikatkan pada patok yang sudah tertancap di tanah.

Deskripsi alat

Persiapan perlengkapan dan peralatan

untuk memasang tenda seperti ; tenda, tiang, patok, tali, palu kecil, dll.

 

 

C.        Rangkuman

Unsur Kebahasaan Teks Prosedur

Pada umumnya, teks prosedur memiliki ciri-ciri kebahasaan sebagai berikut.

1.         Banyak menggunakan kata-kata kerja perintah (imperatif). Kata kerja imperatif dibentuk dengan akhiran -kan, -i, dan partikel-lah.

2.         Banyak menggunakan kata-kata teknis yang berkaitan dengan topik yang dibahasnya.

3.         Banyak menggunakan konjungsi dan partikel yang bermakna penambahan

4.         Banyak menggunakan pernyataan persuasif.

5.         Apabila prosedur itu berupa resep dan petunjuk penggunaan alat, akan digunakan gambaran terperinci tentang benda dan alat yang dipakai, termasuk ukuran, jumlah, dan warna


 

 

D.        Penugasan Mandiri

Bacalah Teks Prosedur di bawah ini!

 

Cara Mengurus Visa

 

Secara umum, visa merupakan tanda bukti izin untuk berkunjung ke suatu Negara dengan tujuan wisata atau bekerja selama jangka waktu tertentu.

 

Visa biasanya diberikan oleh Negara asal untuk digunakan pada Negara tujuan. Berikut tahapan cara pengurusan visa yang harus dilakukan:

1.      Menyiapkan segala keperluan identitas seperti KTP, SIM, Akta Lahir, Ijazah, dan identitas lainnya beserta copy dari keseluruhan identitas tersebut

2.      Mendatangi kantor imigrasi dan mengisi formulir permohonan pembuatan visa

3.      Mengisi dan melengkapi segala hal yang dibutuhkan dalam formulir kemudian menyerahkannya pada petugas yang berwenang

4.      Setelah itu petugas akan memberikan tanda terima beserta jadwal untuk melakukan foto yang akan ditempelkan pada visa

5.      Ikuti jadwal foto sesuai waktu yang tertera, biasanya sekaligus dilakukan rekam sidik jari

6.      Tunggu sesi wawancara dan siapkan dokumen asli untuk ditunjukkan

7.      Usai wawancara akan dijelaskan mengenai metode pembayaran buku visa serta jadwal pengambilan visa

8.      Pada tanggal yang ditentukan, bayarlah semua syarat administrasi, kemudian anda bisa mengambil visa pada jadwal yang juga sudah diberikan

9.      Visa biasanya selesai dalam waktu satu minggu sejak pengurusan dilakukan

 

Tentukan kaidah kebahasaan yang digunakan pada teks prosedur “Cara Mengurus Visa”, lalu tulis jawabanmu pada format di bawah ini!

 

Kaidah Kebahasaan

Contoh Kalimat

Kata kerja imperatif

 

Pernyataan persuasif

 

Kata teknis

 

Konjungsi penambahan

 

Deskripsi alat

 


 

 

E.         Latihan Soal

1.      Buatlah kalimat dengan menggunakan kata kerja imperatif.

 

2.      Buatlah dua buah contoh kalimat bermakna persuasif.

 

3.      Tentukan makna kata teknis di bawah ini:

a.    visa

b.   negosiasi

c.    wawancara

 

4.      Lengkapi kalimat di bawah ini dengan konjungsi penambahan:

 

Pada tanggal yang ditentukan, bayarlah semua syarat administrasi, ….Anda bisa mengambil visa pada jadwal yang juga sudah diberikan.

 

5.      Buatlah sebuah kalimat yang berisi pendeskripsian alat.


 

 

Pembahasan dan Pedoman Penskoran Latihan Soal Pembelajaran 2

 

N0

Soal

Jawaban Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

 

1

Contoh kata kerja imperatif:

1.         Pertama, cucilah buah hingga bersih!

2.         Masukkan     buah    yang    sudah dipotong kedalam alat.

Peserta didik menjawab soal

dengan tepat

3

Peserta didik menjawab soal

kurang tepat

2

Peserta didik menjawab soal tidak tepat

1

 

 

N0

Soal

Jawaban Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

 

2

Contoh kalimat persuasif:

1.         Marilah biasakan hidup bersih supaya menjadi pribadi yang sehat dan bebas dari penyakit!

2.         Belajarlah dengan giat dan

bersemangat demi meraih masa depan yang cerah!

Peserta didik menjawab soal

dengan tepat

3

Peserta didik menjawab soal kurang tepat

2

Peserta didik menjawab soal tidak tepat

1

 

 

N0

Soal

Jawaban Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

 

3

Makna Kata teknis:

a.     Visa : merupakan salah satu dokumen yang dibutuhkan agar seseorang (yang berasal dari negara lain) dapat masuk ke sebuah negara

b.  Negosiasi : adalah sebuah bentuk interaksi antara dua pihak atau lebih yang memiliki tujuan untuk mencapai kesepakatan yang di anggap saling menguntungkan bagi seluruh  pihak  yang bernegosiasi.

c.    Wawancara: adalah percakapan dengan         tujuan         tertentu. Percakapan itu dilakukan oleh dua pihak, yaitu pewawancara (yang mengajukan pertanyaan) dan diwawancarai (yang memberikan jawaban atas

pertanyaan itu).

Peserta didik menjawab soal dengan tepat

3

Peserta didik menjawab soal kurang tepat

2

Peserta didik menjawab soal tidak tepat

1


 

 

 

 

N0

Soal

Jawaban Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

 

4

Paragraf          dengan         konjungsi penjumlahan:

Pada tanggal yang ditentukan, bayarlah semua syarat administrasi,

…. anda bisa mengambil visa pada jadwal yang juga sudah diberikan

Peserta didik menjawab soal

dengan tepat

3

Peserta didik menjawab soal kurang tepat

2

Peserta didik menjawab soal tidak tepat

1

 

 

N0

Soal

Jawaban Soal

Aspek yang Dinilai

Skor

 

5

Contoh    kalimat    mendeskripsikan alat:

Putar kunci ke posisi on kemudian tekan start di bagian kanan.

Peserta didik menjawab soal

dengan tepat

3

Peserta didik menjawab soal kurang tepat

2

Peserta didik menjawab soal

tidak tepat

1

 

skor yang diperoleh x 100 Nilai:                                           =

 

Skor maksimal

 

F.         Penilaian Diri

Setelah kalian belajar melalui kegiatan pembelajaran dua, berikut diberikan tabel untuk mengukur kemampuan diri kalian terhadap materi yang sudah kalian pelajari. Jawablah sejujurnya terkait dengan penguasaan materi, dan isilah tabel refleksi diri terhadap pemahaman materi pada tabel berikut dan centanglah (√)!

 

Tabel Refleksi Diri Pemahaman Materi

No

Pertanyaan

Ya

Tidak

1.

Apakah kalian sudah memahami kata kerja imperatif dalam teks prosedur?

 

 

2.

Apakah kalian sudah memahami kalimat persuasif dalam teks prosedur?

 

 

3.

Apakah kalian sudah dapat menggunakan kata teknis

dalam sebuah teks prosedur?

 

 

4.

Apakah kalian sudah dapat menggunakan konjungsi

penambahan dalam sebuah teks prosedur?

 

 

5.

Apakah kalian sudah dapat mendeskripsikan alat dalam sebuah teks prosedur?

 

 

 

Jika menjawab “TIDAK” pada salah satu pertanyaan di atas, pelajarilah kembali materi tersebut dan pelajari ulang kegiatan pembelajaran dua. Bila perlu kalian dapat meminta bimbingan guru atau teman sejawat. Jangan putus asa untuk mengulangi dan tetap semangat.


 

 

EVALUASI

 

1.      Cermati kutipan teks berikut ini!

 

Setiap orang harus memperhatikan dan menjaga kebersihan, baik kebersihan lingkungan maupun kebersihan diri sendiri. Menjaga kebersihan diri tidaklah sulit. Kita bisa melakukannya dengan kegiatan sederhana seperti mencuci tangan. Perlu diketahui bahwa penyebaran virus penyakit pertama kali bisa berasal dari tangan kita sendiri yang tanpa sadar telah memegang sesuatu yang kotor.

 

Dalam struktur teks prosedur, kutipan teks di atas merupakan bagian…

A.      ulasan

B.      tujuan

C.      penegasan ulang

D.      langkah-langkah

E.       interpretasi

 

2.     Bacalah teks prosedur berikut.

 

Komputer merupakan salah satu perangkat elektronik yang sering digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Sebelum digunakan, komputer ini harus dioperasikan terlebih dahulu. Dalam pengoperasian komputer, kita harus mengikuti setiap prosedur bagaimana cara menghidupkan komputer dengan benar. Untuk menghidupkan komputer dengan benar, ikutilah langkah-langkah berikut.

1.      Buka penutup layar monitor, CPU, keyboard dan printer.

2.      Pastikan sakelar yang menyediakan arus listrik terhubungkan ke stabilizer atau CPU komputer

3.      Tekan tombol power pada CPU dan tombol power monitor

4.      Komputer akan boating, tunggu proses ini sampai selesai.

5.      Setelah selesai boating, komputer siap untuk digunakan.

Sumber : ilmusiana.co

 

Teks prosedur di atas memiliki struktur yang sangat sederhana, yaitu...

A.      Langkah-langkah dan pernyataan umum.

B.      Langkah-langkah dan proses

C.      Pernyataan umum dan maksud teks

D.      Tujuan dan langkah-langkah.

E.       Proses dan tujuan

 

3.         Perhatikan bagan berikut!



 

 

Pernyataan yang tepat untuk melengkapi bagan kebahasaan teks prosedur di atas adalah konjungsi…

A.    tujuan

B.     kausalitas

C.     temporal

D.    waktu

E.     penambahan

 

4.         Perhatikan pernyataan di bawah ini!

Pastikan pula kita menjaga kontak mata dengan pewawancara ! Karena kontak mata penting dalam proses komunikasi, termasuk dalam wawancara kerja.

 

Pernyataan di atas menggunakan kalimat…

A.    interogatif

B.     imperatif

C.     persuasif

D.    naratif

E.     kompleks

 

5.         Cermati kutipan teks berikut ini!

Dengan persiapan matang dan unjuk diri yang baik saat wawancara, kita telah meninggalkan kesan yang layak untuk dipertimbangkan oleh perusahaan.

Dalam struktur teks prosedur, kutipan teks di atas merupakan bagian…

A.      Ulasan

B.      Pernyataan umum

C.      Penegasan ulang

D.      Langkah-langkah

E.       Tahapan-tahapan

 

6.         Cermati pernyataan di bawah ini!

Singkatnya, akan lebih baik bila kita mampu menampilkan sikap yang antusias, verbal, maupun nonverbal.

 

Pernyataan di atas menggunakan kalimat…

A.    interogatif

B.     imperatif

C.     persuasif

D.    naratif

E.     kompleks

 

7.         Cermati paragraf di bawah ini!

Cara satu ini memiliki konsep dasar menanam akar tanaman yang kemudian akan tumbuh pada bagian lapisan nutrisi yang tidak dalam dan menjaga sirkulasi tanaman agar tetap mendapat nutrisi, oksigen, dan air secara baik dan tercukupi.

 

Kata bercetak miring pada paragraf di atas merupakan konjungsi….

A.    penambahan

B.     tujuan

C.     kausalitas

D.    temporal

E.     waktu


 

 

8.         Sistem fisik yang menyediakan sarana transportasi, drainase, pengairan, bangunan gedung serta fasilitas publik lainnya, yang mana sarana ini dibutuhkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan dasar manusia baik itu kebutuhan ekonomi maupun kebutuhan sosial.

 

Pernyataan di atas menggunakan beberapa kata teknis, yaitu….

A.    drainase, transportasi, sosial

B.     drainase, transportasi, fasilitas publik

C.     transportasi, sarana, publik

D.    bangunan, transportasi, ekonomi

E.     fisik, bangunan, fasilitas

 

9.         Berisikan perintah, imbauan atau larangan serta diakhiri dengan tanda seru (!) di akhir kalimat.

Pernyataan di atas merupakan ciri kalimat…..

A.    interogatif

B.     persuasif

C.     imperatif

D.    deklaratif

E.     retoris

 

10.     Di bawah ini merupakan unsur kebahasaan teks prosedur, kecuali…

A.    Menggunakan kalimat deklaratif

B.     Menggunakan kata-kata kerja perintah (imperatif).

C.     Menggunakan kata-kata teknis yang berkaitan dengan topik.

D.    Menggunakan konjungsi dan partikel yang bermakna penambahan.

E.     Menggunakan pernyataan persuasif.


 

 

Kunci Jawaban Soal Evaluasi

 

 

No.

Kunci Jawaban

1.

B

2.

D

3.

E

4.

B

5.

C

6.

C

7.

A

8.

B

9.

C

10.

A


 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Kosasih, Engkos dan Endang Kurniawan. 2019. 22 Jenis Teks dan Strategi Pembelajarannya di SMA-MA/SMK. Bandung: Yrama Widya.

 

Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

 

Suherli, dkk. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

 

Dari internet: https://www.gurupendidikan.co.id/teks-prosedur/

 

https://ngertiaja.com/kerajinan-dari-kertas/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar