Senin, 27 September 2021

Remidi Soal PTS Bhs. Indonesia Kelas XI sem 1 tahun 2021

 

PENILAIANTENGAHSEMESTERI
TAHUNPELAJARAN2021/2022

 


Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia                                Hari/Tanggal : ……………………
Kelas                      : XI (Sebelas)                                        Waktu           : …………………….

 


I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d atau epada jawaban yang paling tepat !

1. Kalimat dalam teks prosedur tidak membingungkan dan mudah diikuti berarti kalimat tersebut ….

a. logis

b. jelas

c. baku

d. singkat

e. ejektif

 

2. Berikut yang bukan merupakan contoh dari konjungsi temporal adalah ….

a. mengapa

b. selanjutnya

c. kemudian

d. apabila

e. setelah

 

3. “Jangan serahkan kendaraan atau STNK begitu saja” merupakan kalimat ….

a. interogatif

b. imperatif

c. deklaratif

d. primitif

e. baku

 

4. jika, seandainya, apabila merupakan bagian dari ….

a. konjungsi temporal

b. verba tingkah laku

c. verba material

d. pembukaan

e. konjungsi syarat

 

5. “Pastikan tuduhan pelanggaran” merupakan contoh dari …

a. deklaratif

b. interogatif

c. imperatif

d. persuasive

e. deklaratif

 

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 6-7!

 

Teks tersebut terdiri dari pendahuluan dan rincian-rincian tentang sebab terjadinya gempa bumi. Bagian pendahuluan terdiri atas tiga paragraf  yang berisi pengertian gempa bumi dan jenis-jenisnya. Bagian perincian terdiri atas lima paragraf. Paragraf pertama membahas …

 

6. Teks diatas adalah penilaian hasil analisis teks eksplanasi bagian ….

a. kaidah

b. bahasa

c. struktur

d. kesimpulan

e. isi

 

7. Hal yang tidak diungkap dalam penilaian laporan hasil analisis teks eksplanasi di atas adalah ….

a. Rincian sebab terjadinya gempa bumi

b. Jumlah paragraf

c. Pengertian gempa bumi

d. Proses terjadinya gempa bumi

e. Jenis-jenis gempa bumi

 

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 8-10!

Bahasa Indonesia yang digunakan sekarang berasal dari bahasa Melayu. Bahasa tersebut sejak lama digunakan sebagai bahasa perantara (lingua franca) atau bahasa pergaulan. Tidak hanya digunakan di kepulauan Nusantara, tetapi juga digunakan hampir di seluruh Asia tenggara. Hal ini diperkuat dengan ditemukannya prasasti-prasasti kuno yang ditulis dengan menggunakan bahasa Melayu.

8. Teks eksplanasi di atas menuangkan tentang pengetahuan tentang masalah/ fenomena ….

a. alam

b. sosial

c. agama

d. ekonomi

e. budaya

 

9. Pernyataan yang sesuai dengan teks di atas adalah …

a. Bahasa Indonesia adalah bahasa Melayu

b. Bahasa Indonesia sejak lama digunakan sebagai bahasa perantara (Lingua france) atau bahasa pergaulan

c. Bahasa Indonesia tidak hanya digunakan di kepulauan Nusantara, tetapi juga digunakan hampir di seluruh Asia Tenggara

d. Ditemukannya prasasti-prasasti kuno yang ditulis dengan menggunakan bahasa Melayu

e. Di Melayu telah ditemukan prasasti-prasasti kuno

 

10. Obyek teks eksplanasi di atas adalah ….

a. Asal usul bahasa Melayu

b. Asal usul bahasa Lingua France

c. Asal usul bahasa Indonesia

d. Asal usul bahasa prasasti kuno

e. Asal usul suka Melayu

 

11. Paragraf ketiga dalam teks prosedur berisi ….

a. tujuan

b. interpretasi

c. langkah-langkah

d. tesis

e. argumentasi

 

12. Langkah-langkah dalam struktur teks prosedur artinya ….

a. hasil akhir yang akan dicapai

b. cara-caranya

c. pengertian

d. penjelasan

e. penafsiran

 

13. Syarat-syarat dan piliha kata yang tepat dalam teks prosedur adalah ….

a. siapa, dimana, kapan

b. jika, apabila, dan seandainya

c.sedang, dengan, dan apa

d. dan, dengan

e. kapan, dimana

 

14. Contoh konjungsi tujuan yang benar adalah …

a. tetapi

b. dengan

c. dan

d. kapan

e. agar

 

15. pertama, kedua, selanjutnya termasuk kata ….

a. prosedur

b. tujuan

c. struktur

d. verba

e. konjungsi

 

16. Tujuan ceramah adalah ….

a. memberikan nasehat

b. mendeskripsikan sesuatu

c. menjelaskan fenomena

d. mengembangkan paragraf

e. mengumumkan iklan

 

17. Berikut ini bukan ciri ceramah adalah ….

a. tujuannya jelas

b. mengandung opini saja

c. isinya mengandung kebenaran

d. cara penyampaian sesuai dengan pendengar

e. menciptakan suasana yang efektif

 

18 Ceramah dilakukan oleh ….

a. pendengar

b. audiens

c. pendakwah

d. pidato

e. pembicara

 

19. Penyampaian nasihat yang tidak dibatasi oleh waktu adalah ….

a. ceramah

b. pidato

c. dakwah

d. seminar

e. presentasi

 

20. Ceramah bersifat menyeluruh tidak ada batasan-batasan apapun baik baik dari audien yang tua maupun muda, hal tersebut disebut ceramah ….

a. khusus

b. umum

c. illegal

d. luar

e. dalam

 

21. Isi teks ceramah mengandung ….

a. kalimat ambigu

b. kebenaran

c. tujuannya tidak jelas

d. kebohongan

e. opini

 

22. pengucapan kata melalui mulut agar terdengar dengan baik dan benar serta jelas disebut ….

a. artikulasi

b. intonasi

c. volume

d. nada

e. irama

 

23. Hal yang harus dipersiapkan dalam melakukan ceramah, kecuali ….

a. wawasan pembicara

b. mengetahui lama waktu

c. menyusun kata-kata

d. mengetahui jenis ceramah

e. tidak menyiapkan bahan

 

24. Suatu metode dalam ceramah yang serta merta tanpa persiapan terlebih dahulu disebut ….

a. impromptu

b. memoriter

c. naskah

d. ekstemporan

e. imporan

 

25. Metode berpidato yang dengan menghapalkan naskah teks pidato terlebih dahulu disebut ….

a. impromptu

b. memoriter

c. naskah

d. ekstemporan

e. imporan

 

Bacalah kutipan teks berikut untuk menjawab soal nomor 26-30!

Keberhasilan kita hari ini dan hari kemarin merupakan keberhasilan guru dan kedua orang tua kita yang dengan susah payah telah membesarkan dan membimbing kita, sehingga kita bisa meraih apa yang kita miliki hari ini. Pendidikan yang mereka ajarkan kepada kita, sungguh sangat berarti. Darah mereka yang mengalir di tubuh kita. Menjadi penguat dan penyegar hidup kita. Kasih sayang yang mereka tumpahkan, telah menjadi butiran-butiran mutiara yang tak ternilai harganya.

 Kepadamu ya tuhan, beri kami kesempatan untuk berbakti kepada orang tua dan guru-guru kami. Berikan kami keberanian untuk bersimpuh dipangkuannya, untuk meminta maaf dan do’a ibu dan Bapak.

Bapak ibu guru dan hadirin yang saya cintai inilah yang saya bisa ungkapan, semoga bermanfaat bagi kita sekalian. Mohon maaf bila ada kesalahan.

26. Teks tersebut termasuk teks ….

a. pidato

b. ceramah

c. eksplanasi

d. cerpen

e. eksposisi

 

27 inti dari kutipan teks di atas adalah ….

a. Berbakti kepada orang tua

b. mengenang jasa orang tua

c. mengenal perjuangan orang tua

d. kebaikan orang tua

e. orang tua dan anak

 

28. Struktur bagian isi terdapat pada kalimat ….

a. pertama

b. empat

c. lima

d. enam

e. tujuh

 

29. Kalimat yang menyatakan penutup adalah ….

a. Mohon maaf

b. dan ini

c. tetapi

d. inilah

e. sekalipun

 

30. Paragraf kedua termasuk struktur bagian ….

a. pendahuluan

b. isi

c. penutup

d. orientasi

e. abstrak

 

31. Perhatikan wacana berikut!

Buku ini berjudul Matematika Aplikasi yang diperuntuhkan untuk SMA dan MA Kelas XII program studi ilmu alam, supaya dapat dipelajari sebagai sumber  pengetahuan dan siswa dapat mendalami pelajaran matematika secara luas. Buku ini ditulis oleh Pesta E. S. dan Cecep Anwar H, F, S dimana dalam buku ini siswa dapat belajar aktif melalui aktivitas di kelas, gamemath dan siapa berani.

Buku ini tergolong buku pelajaran yang materinya disajikan dengan bahasa yang lugas dan ilustrasi yang menarik. Buku ini berbalur ungkapan santun dengan bahasa yang komunikatif sehingga mudah dipahamioleh siswa. Selain itu, buku ini juga didukung dengan tampilan tata letak yang baik, desain dan ilustrasi yang menarik dengan memperhatikan tingkat pemahaman siswa.

 

Kutipan buku nonfiksi tersebut memaparkan tentang ….

a. identitas buku dan ikhtisar isi buku

b. ikhtisar isi buku dan kekurangan buku

c. identitas buku dan kelebihan buku

d. ikhtisar isi buku dan kelebihan buku

e. judul buku dan ikhtisar buku

 

32. Perhatikan wacana berikut!

Buku ini memiliki banyak keunggulan yang disajikan dibandingkan dengan buku lain, yakni memiliki daftar simbol yang merupakan kumpulan simbol atau  rotasi beserta penjelasannya yang dilengkapi nomor halaman kemunculannya. Memiliki info math yang disisipkan sebagai informasi  untuk membuka wawasan sehingga tidak buta terhadap informasi matematika dan perkembangan teknologi. Memiliki glosarium yang disajikan untuk memahami istilah-istilah yang disusun secara alfabetis beserta penjelasannya. Memiliki indeks yang merupakan kumpulan istilah penting yang dilengkapi dengan nomor halaman kemunculan istilah dan disajikan secara alfabetis.

 

Berdasarkan kutipan resensi tersebut, kekuatan yang tidak dimiliki buku tersebut adalah ….

a. memiliki kumpulan simbol yang merupakan kumpulan simbol atau rotasi beserta penjelasannya yang dilengkapi nomor halaman kemunculannya.

b. memiliki informasi latar belakang matematikawan yang telah berjasa dengan menemukan berbagai macam teori yang sekarang ini digunakan dan dirasakan manfaatnya.

c. memiliki info math yang disisipkan sebagai informasi untuk membuka wawasan sehingga tidak buta terhadap informasi matematika dan perkembangan teknologi

d. memiliki glosarium yang disajikan untuk memahami istilah-istilah yang disusun secara alfabetis beserta penjelasannya.

 

33. Perhatikan wacana berikut!

Buku bersampul hijau dan kuning ini berisi 196 halaman dan terdapat 8 bab, 4 bab pada pembahasan pertama, 4 bab lainnya pada pembahasan kedua. Pada pembahasan pertama yaitu kegiatan bersama, Bab I tertulis pada halaman 1, Bab II terdapat pada halaman 25, Bab III (Keperluan Hidup) tertuang dalam halamn 47, Bab IV berisi “Melejitkan potensi diri” tertulis pada halaman 73, Pada pembahasan yang kedua yaitu Bab V pada halaman 103 membahas menghargai kreativitas, Bab VI membahas tentang “Budaya Daerah” Bab ini tertulis pada halaman 125, Bab VII membahas tentang “Menguasai ILmu Pengetahuan” Bab VIII membahas tentang “Kegiatan Berkesan”. Pada akhir buku ini terdapat Epilog ditulis pada sampul belakang.

Kutipan resensi tersebut memaparkan tentang ….

a. identitas buku

b. ikhtisar isi buku

c. kelebihan dan kekurangan buku

d. kesimpulan

e.  judul buku

 

34. Berikut bentuk karangan nonfiksi, kecuali ….

a. fakta

b. realita

c. benar

d. terjadi

e. opini

 

35. Tulislah nonfiktif biasanya berbentuk …

a. laporan

b. artikel

c. feature

d. novel

e. skripsi

 

36. Bahasa yang digunakan dalam buku nonfiksi adalah ….

a. konotatif

b. denotatif

c. kalimat pasif

d. ambigu

e. bermakna ganda

 

37. Berikut yang termasuk buku nonfiksi adalah ….

a. artikel

b. novel

c.cerpen

d. puisi

e. komik

 

38. Makalah termasuk buku ….

a. artikel

b. nonfiksi

c. fiksi

d. fabel

e. novel

 

39. Berikut yang bukan ciri tulisan nonfiksi adalah ….

a. berbentuk tulisan ilmiah

b. berusaha mencapai tahap objektivitas yang tinggi

c. berusaha menarik

d. bahasa bersifat konotatif

e. menggugah nalar

 

40. Buku yang berisi tentang pengembangan berdasarkan dari data-data yang otentik atau pasti disebut ….

a. nonfiksi murni

b. nonfiksi kreatif

c. fiksi melayu

d. fiksi sastra

e. nonfiksi campuran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar