Minggu, 13 Januari 2019

PAKET SOAL LATIHAN UJIAN NASIONAL SMK


PEMERINTAH DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA, DAN OLAHRAGA
BALAI PENDIDIKAN MENENGAH KABUPATEN BANTUL
 Alamat: Jalan RA Kartini 39 Bantul 55714 Telepon (0274) 2811974



PAKET SOAL LATIHAN UJIAN NASIONAL SMK
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
PAKET SATU

LEMBAR SOAL

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas, Program            : XII, Seluruh Program Studi
Hari, Tanggal              :
Waktu                         : 120 menit

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan menghitamkan (●) pada huruf A, B, C, D, atau E pada lembar jawaban yang tersedia!
1.        Bacalah kalimat berikut dengan saksama!
Sejak tahun 2016 Rumah Sakit Akademik (RSA) Universitas Gajah Mada menjadi rumah sakit ramah bagi difabel.
 



Makna yang tepat  istilah difabel pada kalimat tersebut adalah ….
A.    berkelakuan khusus
B.     berkebutuhan khusus
C.     berkemampuan khusus
D.    pelayanan khusus
E.     penanganan khusus
2.        Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Program perlindungan jaminan sosial kepada TKI baru diluncurkan pada tanggal 1 Agustus 2017 lalu. Dalam waktu 11 hari sejak diluncurkan, peserta program itu sudah mencapai 20.000 orang. Perlindungan bagi TKI ini meliputi tiga program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), serta Jaminan Hari Tua (JHT). Perlindungan ini terdiri atas tiga tahapan perlindungan yaitu prapenempatan selama 5 bulan, saat penempatan selama 25 bulan dan pascapenempatan selama 1 bulan. Dengan perlindungan jaminan sosial tersebut, para TKI dapat bekerja dengan tenang karena dilindungi selama pelatihan di Indonesia dan saat di luar negeri, bahkan ketika kembali ke Indonesia.

 










Ringkasan paragraf tersebut yang paling tepat adalah ...
A.  Program perlindungan jaminan sosial bagi TKI meliputi tiga program jaminan dari prapenempatan sampai pascapenempatan.
B.  Dengan tiga tahap perlindungan jaminan sosial kepada para TKI, mereka dapat bekerja dengan tenang di luar negeri.
C.  Perlindungan bagi TKI meliputi tiga program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian yang bersifat wajib, serta Jaminan Hari Tua.
D.  Program perlindungan jaminan sosial kepada TKI baru diluncurkan pada tanggal 01 Agustus 2017 lalu,  saat ini sudah mendapat 20.000 peserta.
E.   Dengan tiga tahap perlindungan jaminan sosial kepada para TKI, mereka tidak hanya mendapat perlindungan saat bekerja di luar negeri.
3.        Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Hubungan dengan pelanggan bagi perusahaan merupakan aset yang harus dikelola secara strategis dan profesional. Upaya yang bisa  dilakukan oleh perusahaan agar pelanggan tidak lari, bisa dengan memberikan pelayanan yang optimal pada saat pascajual. Upaya-upaya pascajual antara lain dapat dilakukan dengan cara selalu mengecek secara periodik kondisi barang yang sudah dibeli; Menyampaikan tip-tip perawatan produk yang sudah dibeli agar tetap tepelihara; Bahkan dengan berani memberikan garansi secara maksimal merupakan ide brilian untuk membangun hubungan dengan pelanggan.
 









Gagasan pokok paragraf tersebut adalah …
A.  Hubungan dengan pelanggan, dalam perusahaan merupakan aset yang harus dikelola secara strategis dan profesional.
B.  Selain produk yang berkualitas, perusahaan harus memperhatikan hubungan dengan pelanggan agar mereka tidak lari.
C.  Dengan menghasilkan produk yang berkualitas, secara otomatis perusahaan sudah menjaga hubungan baik dengan pelanggan.
D.  Pelanggan harus selalu diperhatikan kebutuhannya agar mereka selalu menjaga hubungan baik dengan perusahaan kita.
E.   Perusahaan harus memperhatikan hubungan dengan pelanggan agar mereka tetap menjadi pelanggan setia.

4.        Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Pikiran memiliki kekuatan yang bisa muncul baik pagi, siang, dan sore dalam kondisi apapun. Pikiran menjadi sumber pendorong perilaku, sikap dan penentu hasil yang kita dapatkan. Pikiran dapat menjadikan kita sebagai makhluk yang berjiwa sehat ataupun sakit. Pikiran dapat membuat kita mampu membangun kehidupan yang sehat maupun sebaliknya.
 







Inti kalimat utama paragraf tersebut adalah ….
A.       pengaruh pikiran
B.       kekuatan pikiran
C.       kondisi  pikiran
D.       kemampuan pikiran
E.        situasi pikiran












5.        Perhatikan kutipan puisi berikut dengan saksama!
...
Hari makin tua, subuh yang sepenuhnya
undur dari melieu
memang sempat menenangkanku
tapi mengapa tawa tiba-tiba berhenti
dan kelakar tersangkut
pada batuk kembali
...
Variasi Untuk  Sebuah Peristiwa  oleh Dea Anugrah
 











Majas  yang sangat menonjol digunakan dalam cuplikan puisi tersebut adalah ....
A.      metonimia
B.       metafora
C.       personifikasi
D.      litotes
E.       simile

6.        Bacalah paragraf berikut ini dengan saksama!
(1)Berawal dari pemikiran suatu saat kayu hutan dan minyak bumi akan habis, Pak Minto, guru SD negeri Prambon, memikirkan pembuatan kompor tenaga surya. (2)Pengetahuannya tentang sifat lensa dan penerapannya terhadap panas mengilhami pembuatan kompor tenaga matahari itu. (4)Kompor tenaga surya yang dihasilkannya memang belum praktis, masih perlu penyempurnaan. (5)Seiring perkembangan teknologi, kini kompor hasil buah karya Pak Minto tampil lebih sempurna dibanding dengan saat pertama kali diciptakan.

 






      

       Kalimat yang menyatakan hubungan perbandingan pada paragraf tersebut  terdapat pada kalimat bernomor ....
A.       (1)
B.       (2)
C.       (3)
D.       (4)
E.        (5)














7.        Bacalah cuplikan novel berikut dengan saksama!
Ooooh entah ya, mungkin istri saya merasa kehilangan anak-anak, tapi saya terus terang, kalau kita punya anak syukur, kalau tidak saya bersyukur juga. Saya bukannya tidak menyukai anak-anak, tapi saya tidak mau ambil anak angkat. Cuma lantaran saya tidak mempunyai anak dan mau mengisi kekosongan itu. Karena saya sesungguhnya tidak merasa ada kekosongan dalam kehidupan saya. Karena tidak mempunyai anak. Kalau ada rezeki, saya suka memberikannya pada anak-anak yang membutuhkannya tapi saya terus terang tidak ada minat untuk mengambil satu ke rumah saya.  
 





      

       Simpulan isi cuplikan novel tersebut adalah ...
A.  Tokoh saya, tidak suka jika mempunyai anak.
B.  Tokoh saya, tetap berupaya agar bisa memiliki anak.
C.  Tokoh saya, suka memberikan rezekinya buat anak-anak.
D.  Tokoh saya, sangat ingin memiliki anak dari pernikahannya.
E.   Tokoh saya, tidak memungut anak walaupun tak punya anak.

8.       
Pemeran Bantul Ekspo merupakan sarana  untuk membimbing, mendampingi, dan menjembatani para pengusaha muda dalam menjual hasil karyanya. Pameran ini merupakan agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Bantul, yang bekerja sama dengan Balai Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta.  Pameran Bantul Ekspo yang diadakan tahun 2017 ini mendapat sambutan hangat dari para pengusaha muda. Pameran ini mampu mendongkrak pendapatan usaha, baik yang ada di daerah Kabupaten Bantul maupun kabupaten lain di DIY. Beberapa produk yang diminati oleh para pengunjung,  yaitu furniture, makanan ringan, jilbab, dan produk fashion lainnya.

Bacalah teks berikut dengan saksama!









Tanggapan logis terhadap paragraf tersebut adalah ...
A.  Peran Balai Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta sangat luar biasa sehingga mendapat sambutan dari masyarakat.
B.  Produk yang dipamerkan sebaiknya  bervariasi sehingga tidak hanya diminati kalangan perempuan saja tetapi para bapak juga.
C.  Bantul Ekspo didakan dengan sangat meriah serta menampilkan  produk-produk unggulan dari Kabupaten Bantul dan kabupaten lain di DIY.
D.  Sebaiknya Pemerintah Kabupaten Bantul lebih sering mengadakan event semacam itu untuk lebih mendongkrak pendapatan para pengusaha.
E.   Bantul Ekspo harus diandakan setiap tahun sehingga menjadi program para pengusaha untuk berpartisipasi dalam pameran tersebut.










9.        Bacalah cerpen berikut dengan saksama!
Novel  I
Novel II
Jadi apa sebabnya maka kau banggakan benar “bangsawan”mu itu? Karena engkau kemenakan Tuanku Laras dan anak Penghulu dalam negeri? Hal itu datang kemudian, Niah, - kecuali laras. Menurut adat! Orang Minangkabau baradat “demokrasi” berdarah sama rata dan sama rasa sejak dari dahulu sampai sekarang ini. Adanya ber-bangsawan dan berbudak itu hanyalah dalam zaman Jahiliah di tanah Arab dahulu kala, dan terbitnya gejala buruk itu dalam masyarakat kita ini, ialah sesudah alam  Minangkabau diberi berlaras, berpangkat laras.
adat istiadat mengatakan Zainuddin bukanlah orang Minangkabau, Ibunya berasal dari Makassar. Zainuddin dipanggil oleh mamak Hayati, dengan alasan demi kemaslahatan Hayati, mamak Hayati menyuruh Zainuddin pergi meninggalkan Batipuh. Zainuddin pindah ke Padang Panjang (berjarak sekitar 10 km dari batipuh) dengan berat hati. Hayati dan Zainuddin berjanji untuk saling setia dan terus berkiriman surat. Suatu hari, Hayati datang ke Padang Panjang untuk melihat acara pacuan kuda. Ia menginap di rumah temannya bernama Khadijah.

Perbedaan karakteristik kedua kutipan novel tersebut adalah….

Novel I
Novel II
A.
latar budaya adat Minangkabau
latar budaya adat Makasar
B.
amanat tentang keagamaan
amanat tentang pendidikan
C.
latar sosial status ekonomi
latar sosial pergaulan remaja
D.
menggunakan bahasa klise
menggunakan bahasa arkais
E.
sudut pandang orang kedua
sudut pandang akuan


























10.    Bacalah kutipan naskah drama berikut!
Orang tua
:
Tunggu! Jangan tergesa. Mari kita tentukan dulu tegak kita masing-masing. Agar jangan silap menafsirkan peran kita masing-masing. Yang mematikan atau yang dimatikan.
Anak muda
:
Maksud Bapak?
Orang tua
:
Tingkah laku harus senantiasa sesuai dengan watak yang ingin digambarkan. (Ia bisa mengambil mitraliur dari tangan anak muda)
Sifat lahir harus sesuai dengan sifat rohani, agar …(Anak muda sadar dan mendepak mitraliur. Terdengar serentetan tembakan).
… agar dicapai kesatuan waktu, kesatuan ruang, kesatuan laku.
Anak muda
:
Bapak ingin bunuh saya?
Orang tua
:
Siapa hendak bunuh siapa?
Anak muda
:
Bapak ingin bunuh saya.
Orang tua
:
Membunuh kau? Aku? Hendak bunuh kau?
Anak muda
:
Ya, Bapak hendak bunuh saya!
Orang tua
:
Mengapa? Dengan alasan apa? Dengan tujuan apa aku harus membunuh kau?


 


















Isi teks drama tersebut adalah ...
A.      Kedua tokoh mempunyai niat saling membunuh.
B.       Tokoh anak muda berkeinginan membunuh orang tua.
C.       Tokoh anak muda cenderung emosional saat terjadi silang pendapat.
D.      Tokoh orang tua cenderung lebih bijak dalam menghadapi masalah.
E.       Tokoh orang tua membenci tokoh anak muda sehingga terjadi perkelahian.

11.   
Ketika membeli mesin tersebut pikirannya segera teringat kepada Pak Broto, kemudian dia memastikan dalam hatinya... dalam satu dua hari ini dia berkeinginan menemui orang tua yang baik hati itu. Tanpa bantuannya tidak mungkin dia mengambil les menjahit, tidak mungkin membeli mesin jahit sebagus itu, malahan rasanya tidak mungkin dia mempertahankan rumah sewaan milik Tante Nelly. Uang simpanannya ketika dia keluar dari pekerjaan di El Combo hanya untuk bertahan hidup selama sebulan. Maka Rika merasa sangat berhutang budi, dan merasa mempunyai kewajiban untuk menyampaikan rasa terima kasih kepada Pak Broto. 

Bacalah novel berikut dengan saksama!









Pesan moral yang tepat sesuai dengan kutipan novel tersebut adalah …
A.    Kita harus menghormati orang yang lebih tua.
B.     Kita harus berbakti kepada orang yang lebih tua.
C.     Kita harus tolong-menolong dalam hal kebaikan.
D.    Kita tidak boleh mengecewakan orang yang menolong kita.
E.     Kita harus membalas budi kepada orang yang telah berjasa.




12.   
Nyonya Benyamin senang juga mendengar pujian ini. Dia merasa pujian itu tulus, namun dia merasakan bahwa Mbok Mina agak lancang, begitu bebas seakan mereka sudah bersahabat lama. Dia teringat pada Mbok Iyem pembantunya. Walaupun Mbok Iyem sudah bertahun-tahun dengannya, dia tidak akan lancang mengeluarkan pendapat seperti Mbok Mina, yang juga duduk di ruangan tamu besama dengan tamu-tamu Laura yang lain. Dan di sampingnya duduk suaminya, yang masih muda belia.
Bacalah cuplikan novel berikut dengan saksama!







Unsur ekstrinsik yang tampak dalam kutipan  novel tersebut adalah ….
A.  sosial
B.  psikologi                                          
C.  agama                                                        
D.  budaya
E.   relegi
13.   
“Mam, Anneke bukan menyalahkan Mama, Mama tidak bersalah. Hanya apabila satu saat Mama merasakan seakan-akan ditendang, dikecewakan, seperti apa yang terjadi dengan Niesye, Mama merasa bahwa Mama dikhianati. Mama jangan marah ya Anneke mesti mengatakannya. Sebenarnya Mama melakukan semuanya ini, bukan menyeluruh untuk menolong. Mama dengan terus-menerus mengalah, terus-menerus menunjukkan pengertian, mau mengubah nasib Niesye ... semua ini memberikan kepuasan pada Mama. Walaupun untuk ini Mama mesti mengorbankan perasaan, Mama menderita. Dengan berbuat begini seakan-akan Mama merasa penting mengapa Mama begitu?...
Nyonya Benyamin membiarkan Anneke terus berbicara. Dia teringat pada anak-anak masih kecil.
.....
Bacalah kutipan novel berikut dengan saksama!












Tahapan alur yang sesuai dengan penggalan novel tersebut adalah ….
A.      perkenalan
B.       pemunculan masalah
C.       konflik
D.      penurunan masalah
E.       penyelesaian masalah

14.   
Kemudian Rita tidak sanggup lagi menahan emosinya, dia mulai tersedu-sedu. Dan Pak Kusno mengelus-elusnya; sementara itu jari-jarinya merasakan betapa halus kulit Rika. Seketika itu pikirannya melayang, teringat pada Pak Broto. Dia yakin, pasti Pak Broto akan senang sekali pada Rika. Tapi dia membutuhkan uang lima juta untuk menyelesaikan rumahnya di Pondok Indah. Jadi dia putuskan untuk memberikan prioritas pada Pak Broto.

Bacalah kutipan novel berikut dengan saksama!





        
        
         Watak Pak Kusno pada kutipan novel tersebut adalah ….
A.      romantis
B.       cerdik
C.       kejam
D.      licik
E.       picik
15.    Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama!
Duapuluh tahun bukan kurun waktu yang singkat dalam pertemanan. Antara aku dan dia teman masa kecilku, Projo. Dari masa taman kanak-kanak sampai saat ini usia seperempat abad kami masih sering berkomunikasi walaupun jarang berjumpa. Laki-laki yang begitu aku kagumi kedewasaannya. Menjadi pengagum rahasia selama bertahun-tahun sudah cukup menyenangkan bagiku.

 






Isi tesurat yang terdapat pada cerpen tersebut adalah ....
A.       Aku dan Projo sudah jarang berkomunikasi.
B.       Aku mengagumi Projo karena kedewasaannya.
C.       Aku dengan Projo saling mengagumi sejak kecil.
D.       Pertemanan aku dan Projo bukan pertemanan biasa.
E.        Aku bersahabat dengan Projo semenjak hidup di kampung.


16.   
Saat ini, banyak sekali penemuan canggih terkait dengan teknologi. Tak hanya penemuan teknologi yang terkait pekerjaan pada industri besar saja, namun pekerjaan yang biasa dikerjakan secara tradisional pun banyak ditemukan. Salah satunya penemuan teknologi di bidang pertanian, yakni robot penyiram tanaman. Teknologi yang diciptakan dua gadis dari Padepokan Robot  Bandung, Michelle Emmanuela dan Jocelyn Olivia ialah robot penyiram tanaman. [...]. Robot ini akan menyiram bunga secara otomatis dengan pengaturan tingkat kelembaban yang dapat disesuaikan.

Bacalah teks berikut dengan saksama!








Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks Eksposisi yang rumpang tersebut adalah ...
A.       Robot ini dilengkapi oleh alat pendeteksi kesuburan tanah.
B.       Robot ini dilengkapi oleh pengaturan kelembaban otomatis.
C.       Robot ini mampu merawat tanaman di lahan seluas 3 ha.
D.       Alat ini sangat membantu memperingan pekerjaan petani.
E.        Alat ini diciptakan untuk memperingan pekerjaan petani.

17.    Bacalah teks berikut dengan saksama!
Kelangkaan energi tidak hanya terjadi di Indonesia, melainkan juga negara lain. Pasalnya, populasi manusia yang terus bertambah, mengakibatkan permintaan terhadap energi juga meningkat. Ketersediaan energi di Indonesia masih bergantung kepada sumber fosil. Keberadaan sumber fosil sebagai sumber energi sangat terbatas dan bisa habis. Untuk [...] habisnya sumber energi ini,  perlu memanfaatkan  sumber energi [...] seperti panas bumi, matahari, angin, air, dan lain-lain.
 








Secara urut kata bentukan yang tepat untuk melengkapi teks rumpang tersebut adalah ....
A.       mengantisipasi dan terbarukan
B.       menghindari dan terbaru
C.       menyelamatkan  dan tergantikan
D.       menngondisikan  dan terbaru
E.        mengantisipasi  dan terbarukan



18.   
Dalam novel ini Dukuh Paruk adalah gambaran secara jelas dimana pola pikir dan budaya masyarakat sangat dipengaruhi oleh keadaan ekonomi dan tingkat pendidikan. Muatan gender juga sangat terasa, dimana Srintil (wanita) lebih dianggap sebagai objek oleh kebanyakan orang, dan ironisnya kebanyakan wanita pun merasa bangga dengan keadaan ini.
Cerita tentang kesenian rakyat yang terbawa pada arus politik yang mengakibatkan para pelakunya dituduh sebagai manusia yang mengguncangkan negara, bahkan orang-orangnya ditahan dan harus menyandang status “tapol” membuat saya bertanya-tanya tentang awal pembangunan sebuah rezim di negeri ini.
Satu-satunya kekurangan buku ini menurut saya adalah pengaturan line spacing-nya yang terlalu rapat, membuat mata pembaca cepat lelah. Namun secara keseluruhan, buku ini bagus dan sangat layak sebagai koleksi.

Bacalah resensi buku berikut dengan saksama!













Keunggulan isi buku berdasarkan resensi tersebut adalah ...
A.    Tata penulisan dalam novel.
B.     Isi cerita yang seakan tampak nyata.
C.     Tema mengenai emansipasi wanita.
D.    Nilai pendidikan yang dominan.
E.     Alur cerita yang tidak menjenuhkan.

19.    Bacalah kutipan novel berikut!
Pagi hari buruh Kasan Ngali dikejutkan: papan nama bank kredit tergeletak di tanah. Mereka mengerumuni, membiarkan papan nama itu terbujur. Majikan harus diberitahu mereka mulai menerka-nerka siapa yang gatal tangan itu. Mereka berbisik: “Paijo,” “Sst, Zaitun,” “Pak Mantri,” “Polisi.” Belum habis mereka menebak-nebak, orang-orang pasar di pekarangan itu pun ramai pula. Los-los pasar Kasan Ngali roboh-roboh!

Pasar” karya Kunto Wijoyo
 










Unsur intrinsik yang dominan penggalan novel di atas  adalah ....
A.      tema
B.       watak
C.       seting
D.      alur
E.       amanat

20.    Cermati  kalimat berikut dengan saksama!
Pada umumnya seorang pemimpin diidentifikasikan sebagai pribadi yang memiliki ...  luar biasa sehingga bisa membedakan diri mereka dengan yang lain.
 



Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah….
A.      kemampuan
B.       komptensi
C.       karisma
D.      keterampilan
E.       kepemimpinan
21.         Bacalah teks berikut dengan saksama!
SMA Selamat Pagi Indonesia merupakan satu-satunya sekolah di kota Batu yang menerapkan mulok entrepreneurship dengan laboratorium yang lengkap. Keberadaan laboratorium sekolah yang lengkap ini dikenal dengan nama Kampoeng Succezz. Kampoeng Succezz didirikan sebagai sarana belajar secara langsung dalam menerapkan teori-teori yang didapatkan di kelas. Dari kegiatan ini peserta didik dapat mengalami pengalaman belajar dengan nyata dan menjadi kebiasaan (habit). [...].
 







Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks eksposisi yang  rumpang tersebut adalah …
A.      Dari kegiatan ini peserta didik dapat mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru secara santai sambil melakukan permainan.
B.       Program entrepreneurship yang dikembangkan  SMA Selamat Pagi Indonesia dilaksanakan sebagai sarana untuk memacu kemampuan life skill peserta didik.
C.       Kampoeng Succezz didirikan bekerja sama dengan masyarakat setempat sehingga terjadi hubungan yang baik dengan lingkungan sekitar sekolah.
D.      SMA Selamat Pagi Indonesia menjadi contoh bagi sekolah menengah umum lainnya untuk menerapkan pembelajaran yang menarik.
E.       Pembelajaran yang dilakukan SMA Selamat Pagi Indonesia merupakan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.

22.    Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Cara mengolah teh ala desa Nglinggo dilakukan secara tradisional dan dengan perlakuan khusus. Sebelum diseduh dan disajikan, daun teh digoreng tanpa minyak atau disangrai selama 3 sampai 4 jam. Daun teh yang digoreng harus diaduk secara teratur. [...]. Pakem seperti itu menjadi ciri khas teh buatan petani teh Nglinggo.

 






Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian teks rumpang tersebut adalah ….
A.  Proses penggorengannya harus menggunakan tungku berbahan kayu untuk menjaga kekhasan rasa teh sangrai Nglinggo.
B.  Pada tahap penggorengan tanpa dilakukan pengadukan untuk menjaga kekhasan rasa teh sangrai desa Nglinggo.
C.  Penggorengannya dilakukan dengan hati-hati dan harus menggunakan minyak goreng berkualitas untuk menjaga kekhasan rasa teh.
D.  Untuk menjaga kekhasan rasa teh sangrai Nglinggo sebelum diseduh terlebih dahulu teh disangrai sampai kecoklat-ceklatan.
E.   Proses penggorengannya harus dilakukan minimal selama 4 untuk menjaga kekhasan rasa teh sangrai Nglinggo.












23.    Bacalah paragraf dengan saksama!
... . Dalam travel advisory tersebut, Menteri Kesehatan memberikan pesan kepada masyarakat bahwa bagi warga Indonesia yang hendak berkunjung ke negara yang sedang terjadi kejadian luar biasa (KLB) virus Zika, maka dianjurkan untuk menghindarkan diri dari gigitan nyamuk.
Cara menghindari gigitan nyamuk dengan memakai pakaian panjang dan tertutup, menggunakan obat oles antinyamuk, dan tidur menggunakan kelambu atau dalam kamar dengan kawat kassa antinyamuk. Selanjutnya, dianjurkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter bila mengalami sakit.
"Wanita hamil dianjurkan tidak berkunjung ke negara yang sedang KLB penyakit virus Zika. Jika terpaksa harus melakukan perjalanan ke negara tersebut, hendaknya melakukan tindakan pencegahan dari gigitan nyamuk secara ketat," ujar Menkes.


 













Simpulan paragraf di atas adalah ...
A.   Setiap warga Indonesia dihimbau tidak mengunjungi negara yang mengalami KLB.
B.  Cara tepat tidak terjangkit virus Zika adalah dengan membatalkan kunjungan ke negara KLB.
C.  Virus Zika sangat berbahaya sehingga perlu diantisipasi persebarannya.
D.  Korban virus Zika sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.
E.   Tidur dengan kelambu atau kamar berkawat kassa merupakan tindakan pencegahan.

24.    Perhatikan teks prosedur berikut!
Langkah-langkah Menulis Berita
1.   Tulislah berita secara runtut dari judul, paragraf teras, rincian, sampai ekor berita
2.   Yakinkan bahwa data pendukung peristiwa benar
3.   Kumpulkan data peristiwa yang akan ditulis
4.   Cek kebenaran peristiwanya
5.   Sunting tulisan berita dari  pemakaian kata, ejaan,dan kaidah bahasanya.

 







Urutan prosedur yang benar adalah ….
A.     (3), (1), (2), (4), (5)
B.     (3), (4), (1), (2), (5)
C.     (3), (4), (2), (1), (5)
D.     (2), (4), (3), (1), (5)
E.     (2), (3), (4), (1), (5)













25.    Bacalah kalimat-kalimat berikut dengan saksama!
1)   Salah satu teknologi canggih yang kita jumpai di tahun 2017 advanced machine learning.
2)   Teknologi ini akan membuat perangkat dan program teknologi lebih canggih daripada teknologi sebelumnya.
3)   Teknologi ini merupakan pengembangan dari perangkat AI (Artifficial Intelligent), yang kemudian bernama machine learning. 
4)   Penemuan ini tentu sangat berarti, khususnya di dunia robotic.
5)   Teknologi ini bisa diterapkan pada kendaraan mandiri, robot, elektronik untuk konsumen,   visual personal assistants, serta smart advisors.

 











Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi paragraf yang padu dengan susunan ....
A.       (1), (3), (2), (4), (5)
B.       (1), (2), (4), (3), (5)
C.       (1), (3), (4), (2), (5)
D.       (1), (5), (3), (2), (4)
E.        (1), (4), (3), (2), (5)

26.    Cermati kalimat-kalimat berikut!
(1)   Banyak orang ingin menjadi seorang pengusaha yang berhasil.
(2)   Rasa bosan karena pekerjaan monoton setiap harinya, serta keinginan untuk mendapatkan penghasilan lebih, menjadi motivasi mereka untuk mencoba memulai usaha.
(3)   Namun ketika ditanya mengenai usaha apa yang akan dijalankan, mereka menjawab masih bingung.
(4)   Mereka merasa belum ada peluang usaha yang cocok.
(5)   Alasan itu yang sering digunakan banyak orang, ketika mereka menunggu sebuah peluang.
 












Agar menjadi paragraf deduktif, urutan kalimat di atas yang tepat adalah ....
A.       (1), (3), (2), (4), (5)
B.       (2), (3), (1), (4), (5)
C.       (3), (2), (4), (5), (1)
D.       (3), (1), (2), (5), (4)
E.        (4), (5), (2), (1), (3)














27.    Bacalah penggalan pantun berikut dengan saksama!
Sungguh cantik anak pak camat
Pakai baju apa pun pantas
[…] (1)
[…] (2)
 






Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ….
  1. (1) Jika ingin duniamu salamat
(2)    Jangan lupa selalu bertobat
  1. (1) Jika kamu ingin selamat
(2) belajarlah ilmu yang bermanfaat
  1. (1) Jika hidupmu ingin bermanfaat
(2) belajarlah ilmu akhirat
  1. (1) Jika kita belajar dengan tangkas
(2) Kebodohan bisa diberantas
  1. (1) Jika kamu ingin selamat
(2) Patuhilah rambu-rambu lalu lintas.

28.    Bacalah petunjuk berikut dengan saksama!
Cara Membuat Patis Tahu Ayam
1.      Panaskan margarin, tumis bawang Bombay dan bawang putih hingga terasa aromanya.
2.      Masukkan daging cincang, masak hingga berubah warna, kemudian angkat.
3.      Campur tumisan daging, tahu, tepung roti, daun bawang, garam merica bubuk, dan telur aduk hingga rata.
4.      [...]
5.      Panaskan margarin di atas tungku, masukkan adonan hingga matang
6.      Angkat dan sajikan dengan taburan keju parut.

 










Bagian rumpang pada petunjuk tersebut tepat dilengkapi dengan kalimat ...
A.       Tumis kembali adonan yang sudah rata hingga kekuning-kuningan.
B.       Campurkan adonan yang sudah rata dengan kuning telur.
C.       Ambil adonan yang sudah rata masukan ke wadah telah disediakan.
D.       Ambil satu sendok makan adonan, bulatkan lalu pipihkan.
E.        Ambil satu sendok makan adonan yang sudah dipanaskan.















29.    Perhatikan identitas buku berikut!

Judul Buku
:
Metode Eduatainment
Pengarang
:
Muhammad Sholeh Hamid
Penerbit 
:
Diva Press
Kota Penerbit
:
Yogyakarta
Tahun
:
2011
Halaman
:
34

Penulisan catatan kaki yang tepat sesuai dengan identitas buku tersebut adalah …
A.      Muhammad Sholeh Hamid, Metode Eduatainment (Yogyakarta: Diva Press, 2011) hlm. 34.
B.      Muhammad Sholeh Hamid, Metode Eduatainment, (Yogyakarta, Diva Press, 2011), hlm. 34.
C.      Muhammad Sholeh Hamid. Metode Eduatainment,(Yogyakarta: Diva Press, 2011), hlm. 34.
D.      Muhammad Sholeh Hamid, Metode Eduatainment (Yogyakarta: Diva Press, 2011) hlm. 34.
E.       Muhammad Sholeh Hamid, Metode Eduatainment (Yogyakarta: Diva Press, 2011), hlm. 34.

30.    Perhatikan paragraf berikut!
(1) Keindahan panorama Pegunungan Menoreh seolah tak ada habisnya. (2) Salah satu sudut Daerah Istimewa Yogyakarta ini menyajikan hijaunya hamparan kebun teh yang tiada duanya. (3) Desa Nglinggo yang terletak di kaki pengunungan menoreh ini masyhur akan hasil alamnya berupa teh. (4) Desa yang terkenal di zaman Diponegoro ini diambil dari nama pemimpinnya  Ki Linggo Manik. (5) Tak hanya sekadar menyajikan keindahan pemandangan hamparan kebun teh hijau, di sini pengunjung dapat berwisata sambil mengenal lebih dekat tentang jenis-jenis teh dan cara pengolahannya.

 









Kalimat yang mengandung kata bersinonim ditandai dengan nomor ….
A.       (1) dan (3)
B.       (1) dan (4)
C.       (1) dan (5)
D.       (4) dan (1)
E.        (4) dan (2)

31.    Perhatikan kata pengantar berikut ini dengan saksama!
Buku teks ini disajikan sebagai buku pegangan pendidik dan peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan lembaga diklat lainnya yang membuka Program Keahlian Akomodasi Perhotelan. Struktur dan isi buku ini dapat memberikan gambaran tentang seluruh rangkaian aktivitas dan operasional yang ada di hotel yang dapat dijadikan acuan bagi pembaca.

 








Isi penggalan kata pengantar tersebut adalah …
A.   permohonan maaf penulis.
B.    tujuan penyusunan buku.
C.    harapan penulis adanya kritik dari pembaca.
D.   ucapan terima kasih kepada berbagai pihak.
E.    ungkapan rasa syukur kepada Tuhan.


32.    Perhatikan pernyataan berikut dengan saksama!

Premis Umum
:
Siswa yang idealis cenderung egois namun memiliki kecerdasan di atas rata-rata.
Premis Khusus
:
Bayu adalah anak yang idealis
Simpulan
:


Simpulan dari penalaran tersebut adalah …
A.       Kecerdasan terkait erat dengan sifat idealis.
B.       Kecerdasan tidak ada kaitannya dengan sifat idealis.
C.       Bayu cenderung sangat cerdas walaupun terkesan sedikit idealis.
D.       Bayu cenderung egois tetapi memiliki kecerdasan di atas rata-rata.
E.        Sifat seorang yang idealis sangat identik dengan orang egois.

33.    Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
(1)Musik memang menjadi salah satu alat pemersatu bangsa. (2)Tapi sayang, peran ini selalu diabaikan karena bangsa ini menganggap puncak segalanya adalah politik. (3)Musik, seni, dan bahasa dianggap sebagai hal yang sepele. (4)Padahal, roh yang diciptakan para seniman musik bukan hanya sekedar notasi lagu, tapi berusaha menyanjung dan meninggikan rasa kebangsaan  negeri ini. (5)Gelora semangat inilah yang kemudian masuk ke dalam sanubari rakyat  Indonesia sampai saat ini, sehingga mampu mempompa semangat nasionalisme.

 









Penggunaan kata yang  tak baku pada paragraf tersebut ditandai dengan nomor ....
A.       (1) dan (4)
B.       (2) dan (4)
C.       (2) dan (5)
D.       (3) dan (5)
E.        (4) dan (5)

34.    Cermatilah kalimat berikut!
Kita harus dapat mengembalikan kepada kepribadian daripada orang-orang kota yang telah terlanjur meninggalkan rasa kemanusiaan itu.
 



Kalimat tersebut dapat dijadikan kalimat efektif sebagai berikut ....
A.  Kita harus mengembalikan kepada kepribadian orang-orang kota yang sudah meninggalkan rasa kemanusiaan.
B.  Kita harus mengembalikan kepribadian daripada orang-orang kota yang sudah meninggalkan rasa kemanusiaan.
C.  Kita harus mengembalikan kepribadian dari orang-orang kota yang sudah meninggalkan rasa kemanusiaan.
D.  Kita harus mengembalikan kepribadian orang-orang kota yang sudah meninggalkan dari rasa kemanusiaan.
E.   Kita harus mengembalikan kepribadian orang-orang kota yang sudah meninggalkan rasa kemanusiaan.





35.    Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
(1)Memiliki kota yang bersih adalah impian setiap warga. (2)Berbicara masalah kebesihan sangat terkait erat dengan pengelolaan sampah. (3)Salah satu upaya yang dilakukan untuk menciptakan kebersihan adalah dengan membagun salauran pembuangan limbah yang bagus.(4)Pengelolaan sampah harus dilakukan secara cemat  dan terpadu. (5) Namun pengelolaan sampah terkendala dengan biaya operasional yang tinggi.
 








Agar menjadi paragraf yang padu, kalimat yang harus dihilangkan ditandai dengan nomor ….
A.       (1)
B.       (2)
C.       (3)
D.       (4)
E.        (5)

36.    Bacalah teks berikut dengan saksama!
(1) Energi memiliki peran penting dan tidak dapat dilepaskan dalam kehidupan manusia. (2) Terlebih, saat ini hampir semua aktivitas manusia sangat tergantung sekali pada energi. (3) Berbagai alat-alat pendukung seperti alat penerangan, motor penggerak, peralatan rumah tangga, dan mesin-mesin industri tidak dapat difungsikan jika tidak ada energi. (4) Seperti yang telah diketahui, terdapat dua kelompok besar energi yang didasarkan pada pembaharuan. (5) Dua kelompok tersebut adalah energi terbarukan dan energi yang tersedia terbatas di alam.

 








Kalimat yang tidak efektif pada teks  tersebut  ditandai dengan nomor ....
A.       (1)  dan  (3)
B.       (1)  dan  (4)
C.       (2)  dan  (3)
D.       (2)  dan  (4)
E.        (3)  dan  (4)

37.    Cermatilah paragraf berikut!
(1) Randall Hartolaksono telah menemukan teknologi untuk memadamkan api secara efektif dan ramah lingkungan. (2) Cairan yang digunakan untuk memadamkan api berupa pelumas berbahan kulit singkong.  (3) Ketika itu cairan buatannya tidak sengaja tumpah dan memadamkan api yang sedang menyala. (4) Setelah diteliti lebih lanjut, ternyata diketahui bahwa cairan tersebut jika disiramkan pada api akan mengeluarkan uap yang dapat menyerang api. (5) Kini temuannya digunakan  di berbagai perusahaan pertambangan di penjuru dunia sebagai solusi untuk mengatasi masalah sulitnya medan.

 









Kalimat penjelas yang sumbang dalam paragraf tersebut ditandai dengan nomor ….
A.       (1)
B.       (2)
C.       (3)
D.       (4)
E.        (5)



38.    Cermati data buku berikut!
Pengarang       : Ibrahim Elfiky
Judul buku      : Terapi Berpikir Positif
Penerbit           : Zaman
Kota penerbit  : Jakarta
Tahun terbit     : 2015
 







Penulisan daftar pustaka yang tepat sesuai dengan data buku tersebut adalah ...
A.       Elfiky, Ibrahim. 2015. Terapi Berpikir Positif. Jakarta: Zaman.
B.       Elfiky, Ibrahim, 2015. Terapi Berpikir Positif. Jakarta: Zaman.
C.       Elfiky, Ibrahim. 2015. Terapi Berpikir Positif. Jakarta: Zaman.
D.       Elfiky, Ibrahim. 2015. Terapi Berpikir Positif. Zaman: Jakarta.
E.        Elfiky, Ibrahim. 2015. Terapi Berpikir Positif. Zaman: Jakarta.

39.    Cermatilah tabel berikut!
Kata Dasar
Verba
Nomina
cuci
mencuci
[…]
terkam
menerkam
[…]
terang
[…]
keterangan

Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang tabel tersebut adalah ….
A.       cucian, terterkan, menerangkan
B.       cucian, terkaman, terangkan
C.       cucikan, terkaman, menerangkan
D.       cucian, terkaman, menerangkan
E.        cucikan, terterkam, menerangkan

40.    Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Tidak sedikit wanita yang ragu untuk berolahraga saat hamil karena kuatir akan kesehatan kandungannya. Padahal, olahraga saat hamil memiliki banyak manfaat, antara lain mencegah kenaikan berat badan yang terlalu cepat, ... kehamilan, dan ... persalinan. Menurut ahli kandungan Laura Riley, aktif  bergerak saat hamil memiliki manfaat yang berguna bagi ibu dan janin yang dikandung.

 







Kata yang tepat untuk melengkapi secara urut bagian paragraf yang rumpang tersebut adalah ….
A.       memperkuat dan memperlancar
B.       menguatkan dan memperlancar
C.       memperkuat dan melancarkan
D.       menguatkan dan memperlancarkan
E.        memperkuatkan dan melancarkan









41.    Perhatikan kutipan teks pidato berikut!
Bapak-bapak, Ibu-bu, serta para hadirin yang kami hormati,
 


Perbaikan sapaan pada kutipan teks pidato tersebut adalah …
A.       Para hadirin yang saya hormati,
B.       Hadirin yang saya hormati,
C.       Bapak dan Ibu sekalian yang terhormat,
D.       Semuanya yang saya hormati,
E.        Bapak-bapak dan ibu sekalian yang terhomat,

42.    Cermati penulisan alamat surat berikut!
Kepada:
Yth. Sdr. Marjito Sularto
Jalan Mangga 56
Yogyakarta
 






Perbaikan penulisan alamat surat di atas yang tepat adalah ...
A.       Yth. Sdr. Marjito
Jalan Mangga 56
Yogyakarta.
B.       Yth. Sdr. Marjito
Jalan Mangga 56
Yogyakarta
C.       Yth: Sdr. Marjito
Jalan Mangga no. 56.
Yogyakarta
D.       Yth, Sdr:  Marjito
Jalan Mangga 56
Yogyakarta
E.        Yth. Sdr.  Marjito
Jalan Mangga 56,
Yogyakarta














43.    Perhatikan paragraf berikut dengan saksama!
(1)Pekan ini, tepatnya 10 Agustus 2017 Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas). (2)Hakteknas diperingati setiap tanggal 10 Agustus berdasarkan Keputusan Presiden  Republik Indonesia nomor 71 tahun 1995. (3)Peringatan Hakteknas bertujuan menghargai keberhasilan putra-putri Indonesia dalam memanfaatkan, menguasai, dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). (4)Peringatan Hakteknas juga bertujuan membangkitkan daya inovasi dan kreasi untuk kesejahteraan dan peradaban Bangsa Indonesia. (5)Penyelenggaraan Hakteknas ke-22 tahun 2017 digelar di kota Makasar.

 









Kesalahan penggunaan huruf kapital dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat dengan nomor ....
A.                   (1)
B.                   (2)
C.                   (3)
D.                   (4)
E.                    (5)
44.    Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Banjir dan tanah longsor yang melanda sejumlah wilayah di Sumatera  satu minggu terakhir menggugah (...) berbagai kalangan. Ada yang turun mengumpulkan (...) di jalan dan kampus-kampus, meminjamkan kendaraan, hingga blusukan ke (....) bencana agar bisa meringankan beban para korban.

 





Istilah yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang dalam paragraf di atas adalah....
A.  atensi, dana, dan evakuasi
B.  perhatian, sembako, dan relokasi
C.  atensi, donasi, dan lokasi
D.  hati, sumbangan, dan lokasi
E.   atensi, insentif, dan lokasi

45.   
....
Dengan ini kami mengajukan lamaan untuk bekerja di perusahaan bapak
......
Cermatilah kalimat  surat lamaran pekerjaan berikut!




Perbaikan kalimat  surat lamaran pekerjaan tersebut agar menjadi santun adalah …
A.           Dengan ini saya mengajukan lamaran untuk bekerja di perusahaan bapak.
B.            Dengan ini kami mengajukan lamaran untuk bekerja di perusahaan Bapak.
C.            Dengan ini saya ingin mengajukan lamaran untuk bekerja di perusahaan bapak.
D.           Dengan ini saya mengajukan lamaran untuk bekerja di perusahaan Bapak.
E.            Dengan ini kami mengajukan lamaran untuk bekerja di perusahaan bapak.







46.    Cermati kalimat berikut dengan saksama!
Dalam rangka memperingati HUT RI ke72, di sekolah mengadakan pentas seni.
 



Perbaikan kesalahan yang terdapat pada kalimat tersebut adalah ....
A.       Dalam rangka memeringati HUT RI ke 72, di sekolah mengadakan pentas seni.
B.       Dalam rangka memeringati HUT RI ke-72, di sekolah mengadakan pentas seni.
C.       Dalam rangka memperingati HUT RI ke-72, sekolah mengadakan pentas seni.
D.       Dalam rangka memperingati HUT RI ke 72, di sekolah mengadakan pentas seni.
E.        Dalam rangka memperingati HUT RI ke-72, sekolah diadakan pentas seni.

47.    Cermatikalimat penutup surat permohonan izin berikut!
Atas perhatiannya kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya
 


Perbaikan kalimat penutup surat permohonan izin tersebut adalah  ...
A.       Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih.
B.       Atas pemberian izinnya,  saya ucapkan terima kasih.
C.       Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.
D.       Pemberian izin Bapak  diucapkan terima kasih.
E.        Terima kasih izin yang telah Bapak berikan.

48.   
(1) Indonesia memiliki populasi penduduk terbesar di kawasan ASEAN. (2) Kekuatan ekonomi Indonesia cukup bagus. (3) Pertumbuhan ekonominya tertinggi di dunia setelah RRT dan India. (4) Saat ini Indonesia masuk dalam sepuluh besar kekuatan ekonomi dunia dan bukan tidak mungkin kelak Indonesia akan menjadi salah satu prioritas investasi internasional.  (5) Oleh karena itu, bangsa Indonesia harus siap dengan identitas yang kuat dan punya daya saing yang tinggi.

Cermatilah paragraf berikut!






Bukti simpulan dari paragraf tersebut terdapat pada kalimat yang ditandai dengan nomor
A.    (1).
B.     (2).
C.     (3).
D.    (4).
E.     (5).

49.   
Neraca Pendidikan Daerah (NPD) memaparkan alokasi APBD dan APDN setiap daerah. Lalu, dipaparkan kinerja pendidikan di daerah yang tecermin dari kondisi guru, kualifikasi pendidikan guru, rasio guru-siswa, jumlah siswa jenjang SD/SMP/SMA/SMK, nilai ujian nasional, jumlah warga buta aksara, lagi pula sarana/prasarana sekolah.

Bacalah paagaf berikut dengan saksama!





Penggunaan konjungsi yang tidak tepat adalah ... .
A.  lagi pula
B.  dan
C.  lalu
D.  dari
E.   lalu dan dari

50.   
“Hafalan Shalat Delisa” tidak terjebak dengan melodrama yang klise. Ada kesedihan yang membuat air mata keluar, tetapi hidup tetap harus berjalan. Delisa dengan kaki satu berupaya tegar, termasuk juga membangkitkan semangat Umam yang remuk dengan bermain bola. (.....) Percakapan ustad Rahman dengan Sophie di kamp pengungsi menjadi adegan menyentuh lainnya.”Mengapa Allah menurunkan bencana ini?” Kira-kira demikian keluhan ustad itu. Sophie menjawab, ”Coba tanya Delisa!”. Dia kehilangan tiga kakaknya, ibunya, sebelah kakinya, tetapi dia ingin bermain bola”

Perhatikan surat paragraf ulasan berikut denan saksama!








Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf yang rumpang di atas adalah ...
A.    Dia ingin belajar  bersepeda dengan Tiur dan bermain bola dengan Umam.
B.     Smith ingat putrinya yang meninggal sehingga ingin mengadopsi Delisa.
C.     Semua digambarkan dengan surealis melintas sebuah gerbang di lepas pantai.
D.    Gadis ini juga memberi inspirasi pada Ustad Rahman yang sempat patah semangat.
E.     Dia harus membangun hidupnya kembali bersama putrinya sebagai single parent.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar