Minggu, 23 September 2018

Analisis KI dan KD


KOMPETENSI INTI
KELAS X
KOMPETENSI INTI
KELAS XI
KOMPETENSI INTI
KELAS XII
Sikap Spiritual:
Menghayatidanmengamalkanajaran agama yang dianutnya.
SikapSosial:
Menghayatidanmengamalkanperilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsifdanproaktif, danmenunjukkansikapsebagaibagiandarisolusiatasberbagaipermasalahandalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamsertamenempatkandirisebagaicerminanbangsapadapergaulandunia.
3.  Memahami, menerapkandanmenganalisispengetahuanfaktual, konseptual, danproseduralberdasarkan rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya, danhumanioradalamwawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadiandalambidangkerja yang spesifikuntukmemecahkanmasalah.
3.  Memahami, menerapkan, danmenganalisispengetahuanfaktual, konseptual, prosedural, danmetakognitifberdasarkan rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya, danhumanioradalamwawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadiandalambidangkerja yang spesifikuntukmemecahkanmasalah.
3.  Memahami, menerapkan, menganalisis, danmengevaluasipengetahuanfaktual, konseptual, prosedural, danmetakognitifdalamilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya, danhumanioradenganwawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadiandalambidangkerja yang spesifikuntukmemecahkanmasalah.
4.  Mengolah, menalar, danmenyajidalamranahkonkretdanranahabstrakterkaitdenganpengembangandari yang dipelajarinya di sekolahsecaramandiri, danmampumelaksanakantugasspesifik di bawahpengawasanlangsung.
4.  Mengolah, menalar, danmenyajidalamranahkonkretdanranahabstrakterkaitdenganpengembangandari yang dipelajarinya di sekolahsecaramandiri, bertindaksecaraefektifdankreatif, danmampumelaksanakantugasspesifik di bawahpengawasanlangsung.
4.  Mengolah, menalar, menyaji, danmenciptadalamranahkonkretdanranahabstrakterkaitdenganpengembangandari yang dipelajarinya di sekolahsecaramandiri, danmampumelaksanakantugasspesifik di bawahpengawasanlangsung.

Tabel 4. KompetensiInti SMK/MAK

Tabel.5 HubunganDimensi Proses KognitifdanDimensiPengetahuan

No
PerkembanganBerfikirTaksonomi Bloom Rivised Anderson (Cognitive Process Dimension)
BentukPengetahuan (Knowledge Dimension)
Keterangan
1.
Mengingat (C1)
PengetahuanFaktual
Lower Order Thinking Skills (LOT’s)
2.
Menginterprestasiprinsip (Memahami/C2)
PengetahuanKonseptual
3.
Menerapkan (C3)
Pengetahuanprocedural
4.
Menganalisis (C4) Mengevaluasi (C5) danMengkreasi(C6)
PengetahuanMetakognitif
Higher Order Thinking Skills (HOT’s)

Tabel 6. AnalisisKeterkaitanRanahAntara SKL, KI,
dan KD untukMapelSimulasi Digital  (Pengetahuan)

KompetensiInti (KI)
KompetensiDasar (KD)
Analisis KI
Analisis KD
Rekomendasi KD
Tingkat DimensiKognitif
JenisDimensiPengetahuan
KesesuaianDimensiKognitifdenganbentuk Pengetahuan
KetercapaianDimensiKognitifdanbentuk Pengetahuan KD Mata Pelajaran
1
2
3
4
5
6
7
3.Memahami, menerapkandanmenganalisispengetahuanfaktual, konseptual, danproseduralberdasarkan rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya, danhumanioradalamwawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadiandalambidangkerja yang spesifikuntukmemecahkanmasalah.
3.2 Menerapkanpengelolaaninformasi digital melaluipemanfaatankomunikasi daring (online).

Ditulislengkapseluruh KD.
Sesuai dengan KI kelas X
   Menerapkan (C3)
Prosedural
Sesuai
LOT’s

Tabel7. AnalisisKeterkaitanRanahAntara SKL, KI,
dan KD untukMapelSimulasi Digital (Keterampilan)

KompetensiInti (KI)
KompetensiDasar (KD)
Analisis KI
Analisis KD
Rekomendasi KD
BentukTaksonomi
Tingkat Taksonomi
KesetaraanTaksonomi KD-dari KI-3 dg KD dari KI-4
KetercapaianTaksonomi KD Mata Pelajaran
1
2
3
4
5
6
7
Mengolah, menalar, danmenyajidalamranahkonkretdanranahabstrakterkaitdenganpengembangandari yang dipelajarinya di sekolahsecaramandiri, danmampumelaksanakantugasspesifik di bawahpengawasanlangsung.
4.2          Melakukanpengelolaaninformasi digital melaluikomunikasi daring (online).
Ditulislengkapseluruh KD
Sesuai dengan KI-4 kelas X
Keterampilan konkrit (P2)
Manipulasi
Selaras antara pengetahuan dan keterampilan
Keterampilan Konkrit sesuai kelas X tingkat manipulasi taksonomi Dave

Tidak ada komentar:

Posting Komentar