KEMENTERIAN PENDIDIKAN
KEBUDAYAAN DIREKTORAT JENDERAL
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, PENDIDIKAN DASAR DAN PENDIDIKAN MENENGAH
DIREKTORAT
SEKOLAH MENENGAH ATAS
Modul Pembelajaran SMA
TEORI TEKS
EKSPLANASI
BAHASA
INDONESIA
KELAS XI
DAFTAR ISI
C. Deskripsi Singkat Materi.......................................................................... 6
D. Petunjuk Penggunaan Modul.................................................................... 6
KEGIATAN PEMBELAJARAN 1.................................................................. 8
Pengetahuan
dalam Teks Eksplanasi.............................................................. 8
KEGIATAN PEMBELAJARAN 2................................................................ 16
Urutan
Kejadian dalam Teks Eksplanasi...................................................... 16
A. Tujuan Pembelajaran.............................................................................. 16
DAFTAR PUSTAKA................................................................................... 26
GLOSARIUM
Anemia |
: |
Suatu kondisi tubuh yang terjadi ketika sel-sel darah merah (eritrosit) dan/atau hemoglobin (Hb) yang sehat dalam darah berada di bawah nilai normal (kurang darah). |
Artikel |
: |
Karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan di media online maupun cetak. |
Audio |
: |
Suara atau bunyi yang dihasilkan oleh getaran suatu benda. |
Deduktif |
: |
Sebuah paragraf yang kalimat utamanya berada pada awal atau baris pertama paragraf. |
Demonstrasi |
: |
Suatu kegiatan menyampaikan aspirasi atau menentang kebijakan suatu pihak, baik itu organisasi maupun pemerintah. |
Deskripsi |
: |
Satu kaidah upaya pengolahan data menjadi sesuatu yang dapat diutarakan secara jelas dan tepat dengan tujuan agar dapat dimengerti oleh orang yang tidak langsung mengalaminya sendiri. |
Faktual |
: |
Berdasarkan kenyataan; mengandung kebenaran. |
Fenomena |
: |
Hal-hal yang dapat disaksikan dengan pancaindra. |
Induktif |
: |
Susunan kalimat kalimat utama atau ide pokoknya terletak pada bagian akhir paragraf. |
Magma |
: |
Suatu material yang terbentuk di dalam lapisan kulit bumi (lempeng tektonik) berupa material lumpur yang berpijar pada suhu sangat tinggi (sampai dengan 1000 derajat Celcius). |
Objektif |
: |
Mengenai keadaan yang sebenarnya tanpa dipengaruhi pendapat. |
Operator |
: |
Orang yang bertugas menjaga, melayani, dan menjalankan suatu peralatan, mesin. |
Opini |
: |
Pendapat, ide atau pikiran untuk menjelaskan kecenderungan atau preferensi tertentu terhadap perspektif dan ideology |
Tektonik |
: |
Suatu tenaga yang mengubah kulit bumi dari dalam yang menyebabkan terjadinya dislokasi (perubahan lokasi) permukaan bumi berupa lipatan, patahan maupun retakan kulit bumi dan batuan.. |
Vulkanik |
: |
Jenis gempa yang terjadi karena adanya aktivitas magma pada gunung berapi, gempa tersebut biasanya terjadi sebelum meletusnya gunung berapi. |
PENDAHULUAN
A. Identitas Modul
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas : XI
Alokasi Waktu : 4 x 45 Menit (2 x pertemuan) Judul Modul : Informasi dalam Teks Eksplanasi
B. Kompetensi Dasar
3.3 Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi secara lisan dan tulis.
4.3 Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis.
C. Deskripsi Singkat Materi
Semangat pagi! Salam sehat anak-anak. Pada modul sebelumnya, Kalian sudah belajar tentang teks prosedur. Ternyata mudah bukan mempelajari teks prosedur itu? Saat ini akan belajar teks eksplanasi. Pernahkah kamu mendengar istilah eksplanasi? Teks eksplanasi merupakan sebuah karangan yang berisi penjelasan-penjelasan lengkap mengenai suatu topik yang berhubungan dengan berbagai fenomena, baik fenomena alam maupun sosial yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Teks ini bertujuan untuk memberikan informasi sejelas-jelasnya kepada pembaca agar paham atau mengerti tentang suatu fenomena yang terjadi di sekitar kita.
D. Petunjuk Penggunaan Modul
Supaya belajar kalian dapat bermakna, hal yang perlu kalian lakukan adalah :
1. Pastikan kalian mengerti target kompetensi yang akan dicapai.
2. Mulailah dengan membaca materi.
3. Kerjakan soal latihannya.
4. Jika sudah lengkap mengerjakan soal latihan, cobalah buka kunci jawaban yang ada pada bagian akhir dari modul ini. Hitunglah skor yang kalian peroleh.
5. Jika skor masih dibawah 70, cobalah baca kembali materinya, usahakan jangan mengerjakan ulang soal yang salah sebelum kalian membaca ulang materinya.
6. Jika skor kalian sudah minimal tujuh puluh, kalian bisa melanjutkan ke pembelajaran berikutnya.
E. Materi Pembelajaran
Modul ini terbagi menjadi dua kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi.
Pertama : Pengetahuan dalam teks eksplanasi.
Kedua : Urutan kejadian dalam teks eksplanasi.
Selamat belajar dan tetap semangat!
Jangan lupa pakai masker, selalu cuci tangan dan jaga jarak.
KEGIATAN PEMBELAJARAN 1
Pengetahuan dalam Teks Eksplanasi
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari kegiatan pembelajaran satu ini diharapkan kalian dapat mengidentifikasi informasi pengetahuan berupa gagasan umum dan fakta penting dalam teks ekplanasi lisan dan tulis dengan cermat, teliti dan penuh tanggung jawab agar dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
B. Uraian Materi
Pengertian Teks Eksplanasi
Eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses mengapa dan bagaimana suatu peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, dan lainnya bisa terjadi. Suatu peristiwa baik peristiwa alam maupun sosial yang terjadi disekitar kita, selalu mempunyai hubungan sebab akibat dan proses.
Pernahkah kamu mendengar atau membaca informasi mengenai fenomena atau peristiwa yang terjadi di lingkunganmu? Fenomena atau peristiwa tersebut, seperti hujan deras, gempa bumi, angin puting beliung, dan yang lainnya. Selain itu, kita sering pula mendengar peristiwa-peristiwa yang terkait dengan masalah sosial dan budaya, misalnya seorang siswa SMA yang berhasil menjuarai lomba penelitian remaja, lomba salah satu jenis olahraga, atau siswa SMK yang berhasil menciptakan alat pendeteksi gempabumi. Mungkin juga, kamu membaca peristiwa politik dan ekonomi, misalnya tentang pemilihan kepala daerah yang dilakukan secara serentak atau tentang investasi asing yang mulai merambah ke daerah-daerah. Informasi tentang peristiwa atau fenomena tersebut disajikan dalam jenis teks eksplanasi.
Tujuan Teks Eksplanasi
Tujuan yang akan dicapai melalui teks eksplanasi adalah,
1.
menjelaskan fenomena yang terjadi
2.
menjelaskan sebab-akibat suatu peristiwa
Memahami Informasi dalam Teks Eksplanasi
Tidak semua data atau fakta dapat diolah menjadi sebuah informasi bagi penerimanya. Jika suatu data yang diolah ternyata tidak bermanfaat bagi penerimanya, hal tersebut belum bisa disebut sebagai sebuah informasi.
Secara etimologis istilah “informasi” berasal dari bahasa Latin, yaitu “Informatinem” yang artinya ide, kode, atau garis besar. Informasi dapat disajikan dalam beragam bentuk, mulai dari tulisan, gambar, tabel, diagram, audio, video, dan lain sebagainya. Umumnya penyampaian suatu informasi dilengkapi dengan data atau fakta yang telah melalui pengolahan.
Sesuai dengan pengertian informasi yang dijelaskan di atas, informasi dapat dibedakan menjadi empat jenis. Adapun beberapa jenis informasi adalah sebagai berikut:
1. Informasi Berdasarkan Sifat
Jenis informasi ini dapat dibagi menjadi tiga bagian, diantaranya;
a. Faktual, yaitu informasi yang dibuat berdasarkan fakta dan dapat dibuktikan kebenarannya.
b. Opini atau konsep, yaitu informasi yang dibuat berdasarkan pendapat seseorang tentang sesuatu hal.
c. Deskripsi, yaitu informasi yang dibuat dalam bentuk penjelasan terperinci mengenai sesuatu hal.
2. Informasi Berdasarkan Kegunaan
Jenis informasi berdasarkan kegunaan dapat dibagi menjadi dua bagian, diantaranya;
a. Informasi yang menambah pengetahuan, yaitu informasi yang isinya menambah pengetahuan baru bagi seseorang.
b. Informasi yang berdasarkan penyajian, yaitu informasi yang disampaikan dalam beberapa bentuk, misalnya artikel, audio, gambar, video, dan lainnya.
3. Informasi Berdasarkan Bidang Kehidupan
Ini adalah jenis informasi yang dibuat dalam beberapa kategori, seperti Informasi Kesehatan, Informasi Pendidikan, Informasi Bisnis, Informasi Olahraga, dan sebagainya.
4. Informasi Berdasarkan Lokasi Peristiwa
Ini adalah jenis informasi yang dibuat berdasarkan lokasi suatu peristiwa. Jenis informasi ini dapat dibagi menjadi dua, yaitu informasi dalam negeri (domestik), dan informasi luar negeri.
Menemukan Gagasan Umum dalam Teks Eksplanasi
Pengertian gagasan umum atau gagasan utama adalah jenis gagasan yang sering dijadikan sebagai dasar pengembangan suatu paragraf. Gagasan utama ini letaknya bisa di awal paragraf (deduktif), di akhir paragraf (induktif), dan di tengah paragraf yang keberadaannya antara di awal dan di akhir paragraf (deduktif – induktif).
Perhatikanlah cuplikan teks berikut.
Gagasan umum teks tersebut adalah tentang “dampak penyebaran virus Covid-19 terhadap kebijakan pendidikan”. Teks tersebut menjelaskan dampak penyebaran covid 19 terhadap proses pembelajaran, yakni belajar dari rumah merupakan kegiatan mengubah proses pembelajaran di sekolah menjadi di rumah. Teks itu pun tergolong ke dalam jenis eksplanasi, yakni teks yang memaparkan proses terjadinya suatu fenomena atau kejadian dengan sejelas-jelasnya. Di dalam teks tersebut juga terkandung sebuah gagasan umum (ide pokok), yakni dampaknya penyebaran virus Covid-19. Gagasan umum tersebut terdapat pada bagian awal paragraf. Oleh karena itu, cuplikan teks tersebut dapat pula digolongkan ke dalam jenis paragraf deduktif.
Perhatikan pula teks berikut.
Teks di atas juga bersifat eksplanatif. Gagasan umumnya tentang beban keuangan pemerintah di tahun 1949 (yang begitu berat). Gagasan umum itu terletak pada bagian awal paragraf. Dengan demikian, cuplikan tersebut pun dapat digolongkan ke dalam paragrafdeduktif.
Selain itu, mungkin pula sebuah paragraf dalam teks eksplanasi bersifat induktif ataupun campuran. Akan tetapi, yang dapat ditemukan, paragraf- paragraf di dalam teks eksplanasi pada umumnya bersifat deduktif, yakni gagasan umumnya terletak pada bagian awal paragraf.
Menemukan Fakta Penting dalam Teks Eksplanasi
Teks eksplanasi dapat disamakan dengan teks yang memaparkan prosedur atau proses terjadinya fenomena. Dengan teks tersebut, pembaca dapat memperoleh pemahaman mengenai latar belakang terjadinya fenomena secara jelas dan logis. Teks eksplanasi menggunakan banyak fakta dan pernyataan-pernyataan yang memiliki hubungan sebab akibat (kausalitas). Namun, sebab-sebab ataupun akibat- akibat itu berupa sekumpulan fakta menurut penulisnya.
Jika diartikan menurut KBBI alias Kamus Besar Bahasa Indonesia, maka fakta mengacu
kepada sesuatu hal yang memang ada atau yang memang terjadi. Jadi, secara umum
bisa kita simpulkan bahwasanya fakta
adalah sebuah kenyataan yang sejatinya memang ada atau berdasarkan kejadian nyata.
Ciri-Ciri Fakta:
1. Mengandung sebuah kenyataan yang kebenarannya bisa dibuktikan.
2. Memiliki sumber data yang akurat, tepat, dan nyata misalnya saja masalah tempat kejadian, tanggal dan waktu kejadian.
3. Mempunyai keterangan saksi sebagai nara sumber yang kebenarannya bisa diuji.
4. Memiliki sifat objektif. ata yang diberikan tidak dikarang secara bebas, mengada-ada dan pastinya benar-benar nyata keasliannya.
5. Kalimat fakta pada umumnya bisa memberikan jawaban yang mengacu pada struktur 5 W + 1 H.
6. Data informasi yang memang diambil dari sebuah kejadian nyata.
7. Biasanya menjelaskan sebuah permasalahan atau kejadian yang telah terjadi.
Dalam teks eksplanasi, penulis menggunakan banyak fakta yang fungsinya sebagai penyebab atau akibat terjadinya suatu peristiwa. Bahkan, dapat dikatakan bahwa teks eksplanasi hampir semuanya berupa fakta. Untuk lebih jelasnya, perhatikan dua kutipan teks eksplanasi di bawah ini, kalimat di dalamnya semuanya merupakan fakta.
Perhatikanlah cuplikan teks berikut.
Perhatikan pula kutipan teks berikut.
Perlu anak-anak ketehui dua kutipan teks eksplanasi diatas merupakan fakta-fakta penting dalam sebuah teks eksplanasi.
C. Rangkuman
1. Eksplanasi dalah teks yang berisi tentang proses mengapa dan bagaimana suatu peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, dan lainnya bisa terjadi. Suatu peristiwa baik peristiwa alam maupun sosial yang terjadi disekitar kita, selalu mempunyai hubungan sebab akibat dan proses.
2. Tujuan Teks Eksplanasi
a. menjelaskan fenomena yang terjadi
b. menjelaskan sebab akibat suatu peristiwa
3. Gagasan umum atau gagasan utama adalah jenis gagasan yang sering dijadikan sebagai dasar pengembangan suatu paragraf. Gagasan utama ini letaknya bisa di awal paragraf (deduktif), di akhir paragraf (induktif) dan di tengah paragraf yang keberadaannya antara di awal dan di akhir paragraf (deduktif – induktif).
4.
Fakta mengacu kepada sesuatu hal yang memang ada
atau yang memang terjadi. Jadi, secara umum bisa kita simpulkan bahwasanya
fakta adalah sebuah kenyataan yang sejatinya memang ada atau berdasarkan
kejadian nyata.
D. Penugasan Mandiri
Bacalah teks di bawah ini!
https://www.dosenpendidikan.co.id/contoh-teks-eksplanasi/
Gempa bumi merupakan getaran atau goncangan yang terjadi karena pergeseran atau pergerakan lapisan batu bumi yang berasal dari dasar permukaan bumi. Peristiwa alam ini sering terjadi di daerah yang berada dekat gunung berapi atau gunung yang masih aktif dan di daerah yang dikelilingi lautan yang sangat luas.
Gempa bumi terjadi karena pergesaran atau gerakan lapisan dasar bumi dan letusan gunung berapi yang sangat dahsyat. Selain itu, gempa bumi terjadi begitu cepat dengan dampak yang sangat besar bagi lingkungan sekitarnya.
Getaran gempa bumi yang sangat besar dan merambat ke segala arah sehingga dapat meratakan bangunan dan menimbulkan korban jiwa. Berdasarkan penyebab terjadinya, gempa bumi dapat digolongkkan menjadi dua jenis, yaitu gempa vulkanik dan gempa tektonik.
Gempa tektonik terjadi karena lapisan kerak bumi menjadi lunak sehinggal mengalami pergeseran atau pergerakan. Teori “Tektonik Plate” menjelaskan bahwa bumi kita ini terdiri dari beberapa lapisan buatan.
Sebagian besar daerah lapisan kerak ini akan hanyut dan mengapung dilapisan, seperti halnya salju. Lapisan ini bergerak sangat lambat sehingga terpecah-pecah dan bertabrakan satu sama lain.Itulah yang menyebabkan mengapa gempa bumi dapat terjadi. Sementara itu, gempa bumi vulkanik terjadi dikarenakan adanya letusan gunung berapi yang sangat besar. Gempa vulkanik ini lebih jarang terjadi dibandingkan dengan gempa tektonik.
Gempa dapat terjadi kapan saja tanpa mengenal musim. Meskipun demikian, konsentrasi gempa cenderung terjadi ditempat-tempat tertentu saja, seperti pada perbatasan plat Pacifik. Tempat ini dikenal dengan lingkaran api karena banyak terdapat gunung berapi.
Setelah membaca teks eksplanasi di atas, jawablah pertanyaan berikut:
1. Tentukan gagasan umum teks ekplanasi tersebut!
2. Jelaskan fakta-fakta yang terdapat dalam teks eksplanasi tersebut!
Tulislah jawabanmu dalam tabel di bawah ini
Gagasan
Umum |
Fakta Penting |
|
1. .…………………………………………………… |
2. .…………………………………………………… |
|
3. .…………………………………………………… |
E. Latihan Soal
1. Jelaskan hal-hal yang mendasari sebuah teks dinamakan teks eksplanasi!
2. Apa fungsi fakta dalam teks eksplanasi?
3. Buatlah sebuah teks eksplanasi lengkap dengan gagasan umum dan fakta penting berdasarkan gambar di bawah ini!
Pembahasan dan Pedoman Penskoran Latihan Soal Pembelajaran 1
N0 Soal |
Jawaban Soal |
Aspek yang Dinilai |
Skor |
1 |
Teks ksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses mengapa dan bagaimana suatu peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, dan lainnya bisa terjadi. Suatu peristiwa baik peristiwa alam maupun sosial yang terjadi disekitar kita, selalu mempunyai hubungan sebab akibat dan proses. |
Peserta didik menjawab soal dengan tepat |
3 |
Peserta didik menjawab soal kurang tepat |
2 |
||
Peserta didik menjawab soal tidak tepat |
1 |
N0 Soal |
Jawaban Soal |
Aspek yang Dinilai |
Skor |
2 |
Fungsi fakta dalam teks eksplanasi adalah untuk menjelaskan mengenai sebab dan akibat dari sebuah peristiwa atau fenomena alam/sosial yang terjadi, dan untuk memberikan sebuah contoh guna memudahkan pembaca memahami sebuah teks eksplanasi |
Peserta didik menjawab soal dengan tepat |
3 |
Peserta didik menjawab soal kurang tepat |
2 |
||
Peserta didik menjawab soal tidak tepat |
1 |
N0 Soal |
Jawaban Soal |
Aspek yang Dinilai |
Skor |
3 |
Gunung Meletus Gagasan Umum : Gunung meletus merupakan fenomena alam yang terjadi akibat adanya endapan magma pada perut bumi dan disemburkan oleh gas yang memiliki kekuatan tinggi. Letusan gunung berapi merupakan salah satu bencana alam yang sangat dahsyat. Fakta
penting Hampir semua aktivitas gunung berapi berhubungan dengan zona kegempaan yang aktif karena berhubungan langsung dengan batas lempeng bumi. Fenomena gunung meletus diawali dengan aktivitas pada batas lempeng bumi yang mengalami perubahan tekanan dan suhu yang signifikan. Sehingga mampu melelehkan material batuan di sekitarnya itu, yang biasa disebut dengan magma atau cairan pijar. Magma akan mengintrusi material yang berada |
Peserta didik menjawab soal dengan tepat |
3 |
Peserta didik menjawab soal kurang tepat |
2 |
||
Peserta didik menjawab soal tidak tepat |
1 |
|
disekitarnya melalui rekahan- rekahan yang mendekati permukaan bumi. Magma dibentuk melalui suhu yang sangat panas di dalam perut bumi. Pada kedalaman yang relatif, suhu yang sangat tinggi mampu melelehkan seluruh material yang ada didalam perut bumi. Pada saat material-material ini meleleh maka akan menghasilkan gas yang nantinya akan bercampur dengan magma tersebut. Magma yang akan dikeluarkan oleh gunung meletus terbentuk pada kedalaman kurang lebih 60 sampai 160 KM dibawah permukaan bumi. |
|
|
skor yang diperoleh x 100 Nilai: _ =
Skor maksimal
F. Penilaian Diri
Setelah kalian belajar melalui kegiatan pembelajaran satu, berikut diberikan tabel untuk mengukur diri kalian terhadap materi yang sudah kalian pelajari. Jawablah sejujurnya terkait dengan penguasaan materi, dan Isilah tabel refleksi diri terhadap pemahaman materi di tabel berikut dan centanglah (√).
Tugas Yang Dikerjakan dalam Modul ini !
Tabel Refleksi Diri Pemahaman Materi
No |
Pertanyaan |
Ya |
Tidak |
Keterangan |
1. |
Apakah
kalian telah memahami pengertian teks eksplanasi |
|
|
|
2. |
Apakah kalian sudah dapat menemukan gagasan umum dalam teks
eksplanasi? |
|
|
|
3. |
Apakah
kalian sudah dapat menemukan fakta dalam teks eksplanasi |
|
|
|
4. |
Apakah kalian sudah dapat membuat gagasan umum dalam
sebuah teks eksplanasi? Berilah
Contohnya !! |
|
|
|
|
|
|
|
|
5. |
Apakah kalian sudah dapat menuliskan fakta-fakta penting dalam
sebuah teks eksplanasi? |
|
|
|
6. |
Apakah
kalian sudah dapat menyusun teks eksplanasi lengkap dengan gagasan utama dan
fakta penting di dalamnya? |
|
|
|
8. Apkah |
7. Apakah
Kalian Sudah pernah membaca Eksplanasi
? |
|
|
|
9.
|
8. Apakah Kalian
sudah bisa membendakan Fakta dan opini ? |
|
|
|
10.
|
9. Apakah
Kalian sudah bisa membuat contoh fakta dan opini ? |
|
|
|
11. 10 |
10. Apakah
kaian sudah pernah membuat teks eksplanasi? Apakah
Judulnya ? |
|
|
|
12.
|
|
|
|
|
Jika menjawab “TIDAK” pada salah satu pertanyaan di atas, maka pelajarilah kembali materi tersebut dan pelajari ulang kegiatan pembelajaran satu. Bila perlu kalian dapat meminta bimbingan guru atau teman sejawat. Jangan putus asa untuk mengulang lagi!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar