KEMENTERIAN
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, PENDIDIKAN DASAR DAN
PENDIDIKAN f•'IENENGAH DIREKTORAT SEKOLAH I•IENENGAH ATAS
2020
Pembelajaran SMA
INFORMASI
DALAM TEKS EKSPLANASI BAHASA INDONESIA
KELAS XI
DAFTAR ISI
C. Deskripsi Singkat Materi.......................................................................... 6
D. Petunjuk Penggunaan Modul.................................................................... 6
KEGIATAN PEMBELAJARAN 1.................................................................. 8
Pengetahuan
dalam Teks Eksplanasi.............................................................. 8
KEGIATAN PEMBELAJARAN 2................................................................ 16
Urutan
Kejadian dalam Teks Eksplanasi...................................................... 16
A. Tujuan Pembelajaran.............................................................................. 16
DAFTAR PUSTAKA................................................................................... 26
GLOSARIUM
Anemia |
: |
Suatu kondisi tubuh yang terjadi ketika sel-sel darah merah (eritrosit) dan/atau hemoglobin (Hb) yang sehat dalam darah berada di bawah nilai normal (kurang darah). |
Artikel |
: |
Karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan di media online maupun cetak. |
Audio |
: |
Suara atau bunyi yang dihasilkan oleh getaran suatu benda. |
Deduktif |
: |
Sebuah paragraf yang kalimat utamanya berada pada awal atau baris pertama paragraf. |
Demonstrasi |
: |
Suatu kegiatan menyampaikan aspirasi atau menentang kebijakan suatu pihak, baik itu organisasi maupun pemerintah. |
Deskripsi |
: |
Satu kaidah upaya pengolahan data menjadi sesuatu yang dapat diutarakan secara jelas dan tepat dengan tujuan agar dapat dimengerti oleh orang yang tidak langsung mengalaminya sendiri. |
Faktual |
: |
Berdasarkan kenyataan; mengandung kebenaran. |
Fenomena |
: |
Hal-hal yang dapat disaksikan dengan pancaindra. |
Induktif |
: |
Susunan kalimat kalimat utama atau ide pokoknya terletak pada bagian akhir paragraf. |
Magma |
: |
Suatu material yang terbentuk di dalam lapisan kulit bumi (lempeng tektonik) berupa material lumpur yang berpijar pada suhu sangat tinggi (sampai dengan 1000 derajat Celcius). |
Objektif |
: |
Mengenai keadaan yang sebenarnya tanpa dipengaruhi pendapat. |
Operator |
: |
Orang yang bertugas menjaga, melayani, dan menjalankan suatu peralatan, mesin. |
Opini |
: |
Pendapat, ide atau pikiran untuk menjelaskan kecenderungan atau preferensi tertentu terhadap perspektif dan ideologi |
Tektonik |
: |
Suatu tenaga yang mengubah kulit bumi dari dalam yang menyebabkan terjadinya dislokasi (perubahan lokasi) permukaan bumi berupa lipatan, patahan maupun retakan kulit bumi dan batuan.. |
Vulkanik |
: |
Jenis gempa yang terjadi karena adanya aktivitas magma pada gunung berapi, gempa tersebut biasanya terjadi sebelum meletusnya gunung berapi. |
PENDAHULUAN
A. Identitas Modul
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas : XI
Alokasi Waktu : 4 x 45 Menit (2 x pertemuan) Judul Modul : Informasi dalam Teks Eksplanasi
B. Kompetensi Dasar
3.3 Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi secara lisan dan tulis.
4.3 Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara lisan dan tulis.
C. Deskripsi Singkat Materi
Semangat pagi! Salam sehat anak-anak. Pada modul sebelumnya, Kalian sudah belajar tentang teks prosedur. Ternyata mudah bukan mempelajari teks prosedur itu? Saat ini akan belajar teks eksplanasi. Pernahkah kamu mendengar istilah eksplanasi? Teks eksplanasi merupakan sebuah karangan yang berisi penjelasan-penjelasan lengkap mengenai suatu topik yang berhubungan dengan berbagai fenomena, baik fenomena alam maupun sosial yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Teks ini bertujuan untuk memberikan informasi sejelas-jelasnya kepada pembaca agar paham atau mengerti tentang suatu fenomena yang terjadi di sekitar kita.
D. Petunjuk Penggunaan Modul
Supaya belajar kalian dapat bermakna, hal yang perlu kalian lakukan adalah :
1. Pastikan kalian mengerti target kompetensi yang akan dicapai.
2. Mulailah dengan membaca materi.
3. Kerjakan soal latihannya.
4. Jika sudah lengkap mengerjakan soal latihan, cobalah buka kunci jawaban yang ada pada bagian akhir dari modul ini. Hitunglah skor yang kalian peroleh.
5. Jika skor masih dibawah 70, cobalah baca kembali materinya, usahakan jangan mengerjakan ulang soal yang salah sebelum kalian membaca ulang materinya.
6. Jika skor kalian sudah minimal tujuh puluh, kalian bisa melanjutkan ke pembelajaran berikutnya.
E. Materi Pembelajaran
Modul ini terbagi menjadi dua kegiatan pembelajaran dan di dalamnya terdapat uraian materi, contoh soal, soal latihan dan soal evaluasi.
Pertama : Pengetahuan dalam teks eksplanasi. Kedua : Urutan kejadian dalam teks eksplanasi.
Selamat belajar dan tetap semangat!
Jangan lupa pakai masker, selalu cuci tangan dan jaga jarak.
KEGIATAN PEMBELAJARAN 1
Pengetahuan dalam Teks Eksplanasi
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari kegiatan pembelajaran satu ini diharapkan kalian dapat mengidentifikasi informasi pengetahuan berupa gagasan umum dan fakta penting dalam teks ekplanasi lisan dan tulis dengan cermat, teliti dan penuh tanggung jawab agar dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
B. Uraian Materi
Pengertian Teks Eksplanasi
Eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses mengapa dan bagaimana suatu peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, dan lainnya bisa terjadi. Suatu peristiwa baik peristiwa alam maupun sosial yang terjadi disekitar kita, selalu mempunyai hubungan sebab akibat dan proses.
Pernahkah kamu mendengar atau membaca informasi mengenai fenomena atau peristiwa yang terjadi di lingkunganmu? Fenomena atau peristiwa tersebut, seperti hujan deras, gempa bumi, angin puting beliung, dan yang lainnya. Selain itu, kita sering pula mendengar peristiwa-peristiwa yang terkait dengan masalah sosial dan budaya, misalnya seorang siswa SMA yang berhasil menjuarai lomba penelitian remaja, lomba salah satu jenis olahraga, atau siswa SMK yang berhasil menciptakan alat pendeteksi gempabumi. Mungkin juga, kamu membaca peristiwa politik dan ekonomi, misalnya tentang pemilihan kepala daerah yang dilakukan secara serentak atau tentang investasi asing yang mulai merambah ke daerah-daerah. Informasi tentang peristiwa atau fenomena tersebut disajikan dalam jenis teks eksplanasi.
Tujuan Teks Eksplanasi
Tujuan yang akan dicapai melalui teks eksplanasi adalah,
1.
menjelaskan fenomena yang terjadi
2.
menjelaskan sebab-akibat suatu peristiwa
Memahami Informasi dalam Teks Eksplanasi
Tidak semua data atau fakta dapat diolah menjadi sebuah informasi bagi penerimanya. Jika suatu data yang diolah ternyata tidak bermanfaat bagi penerimanya, hal tersebut belum bisa disebut sebagai sebuah informasi.
Secara etimologis istilah “informasi” berasal dari bahasa Latin, yaitu “Informatinem” yang artinya ide, kode, atau garis besar. Informasi dapat disajikan dalam beragam bentuk, mulai dari tulisan, gambar, tabel, diagram, audio, video, dan lain sebagainya. Umumnya penyampaian suatu informasi dilengkapi dengan data atau fakta yang telah melalui pengolahan.
Sesuai dengan pengertian informasi yang dijelaskan di atas, informasi dapat dibedakan menjadi empat jenis. Adapun beberapa jenis informasi adalah sebagai berikut:
1. Informasi Berdasarkan Sifat
Jenis informasi ini dapat dibagi menjadi tiga bagian, diantaranya;
a. Faktual, yaitu informasi yang dibuat berdasarkan fakta dan dapat dibuktikan kebenarannya.
b. Opini atau konsep, yaitu informasi yang dibuat berdasarkan pendapat seseorang tentang sesuatu hal.
c. Deskripsi, yaitu informasi yang dibuat dalam bentuk penjelasan terperinci mengenai sesuatu hal.
2. Informasi Berdasarkan Kegunaan
Jenis informasi berdasarkan kegunaan dapat dibagi menjadi dua bagian, diantaranya;
a. Informasi yang menambah pengetahuan, yaitu informasi yang isinya menambah pengetahuan baru bagi seseorang.
b. Informasi yang berdasarkan penyajian, yaitu informasi yang disampaikan dalam beberapa bentuk, misalnya artikel, audio, gambar, video, dan lainnya.
3. Informasi Berdasarkan Bidang Kehidupan
Ini adalah jenis informasi yang dibuat dalam beberapa kategori, seperti Informasi Kesehatan, Informasi Pendidikan, Informasi Bisnis, Informasi Olahraga, dan sebagainya.
4. Informasi Berdasarkan Lokasi Peristiwa
Ini adalah jenis informasi yang dibuat berdasarkan lokasi suatu peristiwa. Jenis informasi ini dapat dibagi menjadi dua, yaitu informasi dalam negeri (domestik), dan informasi luar negeri.
Menemukan Gagasan Umum dalam Teks Eksplanasi
Pengertian gagasan umum atau gagasan utama adalah jenis gagasan yang sering dijadikan sebagai dasar pengembangan suatu paragraf. Gagasan utama ini letaknya bisa di awal paragraf (deduktif), di akhir paragraf (induktif), dan di tengah paragraf yang keberadaannya antara di awal dan di akhir paragraf (deduktif – induktif).
Perhatikanlah cuplikan teks berikut.
Gagasan umum teks tersebut adalah tentang “dampak penyebaran virus Covid-19 terhadap kebijakan pendidikan”. Teks tersebut menjelaskan dampak penyebaran covid 19 terhadap proses pembelajaran, yakni belajar dari rumah merupakan kegiatan mengubah proses pembelajaran di sekolah menjadi di rumah. Teks itu pun tergolong ke dalam jenis eksplanasi, yakni teks yang memaparkan proses terjadinya suatu fenomena atau kejadian dengan sejelas-jelasnya. Di dalam teks tersebut juga terkandung sebuah gagasan umum (ide pokok), yakni dampaknya penyebaran virus Covid-19. Gagasan umum tersebut terdapat pada bagian awal paragraf. Oleh karena itu, cuplikan teks tersebut dapat pula digolongkan ke dalam jenis paragraf deduktif.
Perhatikan pula teks berikut.
Teks di atas juga bersifat eksplanatif. Gagasan umumnya tentang beban keuangan pemerintah di tahun 1949 (yang begitu berat). Gagasan umum itu terletak pada bagian awal paragraf. Dengan demikian, cuplikan tersebut pun dapat digolongkan ke dalam paragrafdeduktif.
Selain itu, mungkin pula sebuah paragraf dalam teks eksplanasi bersifat induktif ataupun campuran. Akan tetapi, yang dapat ditemukan, paragraf- paragraf di dalam teks eksplanasi pada umumnya bersifat deduktif, yakni gagasan umumnya terletak pada bagian awal paragraf.
Menemukan Fakta Penting dalam Teks Eksplanasi
Teks eksplanasi dapat disamakan dengan teks yang memaparkan prosedur atau proses terjadinya fenomena. Dengan teks tersebut, pembaca dapat memperoleh pemahaman mengenai latar belakang terjadinya fenomena secara jelas dan logis. Teks eksplanasi menggunakan banyak fakta dan pernyataan-pernyataan yang memiliki hubungan sebab akibat (kausalitas). Namun, sebab-sebab ataupun akibat- akibat itu berupa sekumpulan fakta menurut penulisnya.
Jika diartikan menurut KBBI alias Kamus Besar Bahasa Indonesia, maka fakta mengacu
kepada sesuatu hal yang memang ada atau yang memang terjadi. Jadi, secara umum
bisa kita simpulkan bahwasanya fakta
adalah sebuah kenyataan yang sejatinya memang ada atau berdasarkan kejadian nyata.
Ciri-Ciri Fakta:
1. Mengandung sebuah kenyataan yang kebenarannya bisa dibuktikan.
2. Memiliki sumber data yang akurat, tepat, dan nyata misalnya saja masalah tempat kejadian, tanggal dan waktu kejadian.
3. Mempunyai keterangan saksi sebagai nara sumber yang kebenarannya bisa diuji.
4. Memiliki sifat objektif. ata yang diberikan tidak dikarang secara bebas, mengada-ada dan pastinya benar-benar nyata keasliannya.
5. Kalimat fakta pada umumnya bisa memberikan jawaban yang mengacu pada struktur 5 W + 1 H.
6. Data informasi yang memang diambil dari sebuah kejadian nyata.
7. Biasanya menjelaskan sebuah permasalahan atau kejadian yang telah terjadi.
Dalam teks eksplanasi, penulis menggunakan banyak fakta yang fungsinya sebagai penyebab atau akibat terjadinya suatu peristiwa. Bahkan, dapat dikatakan bahwa teks eksplanasi hampir semuanya berupa fakta. Untuk lebih jelasnya, perhatikan dua kutipan teks eksplanasi di bawah ini, kalimat di dalamnya semuanya merupakan fakta.
Perhatikanlah cuplikan teks berikut.
Perhatikan pula kutipan teks berikut.
Perlu anak-anak ketehui dua kutipan teks eksplanasi diatas merupakan fakta-fakta penting dalam sebuah teks eksplanasi.
C. Rangkuman
1. Eksplanasi dalah teks yang berisi tentang proses mengapa dan bagaimana suatu peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, dan lainnya bisa terjadi. Suatu peristiwa baik peristiwa alam maupun sosial yang terjadi disekitar kita, selalu mempunyai hubungan sebab akibat dan proses.
2. Tujuan Teks Eksplanasi
a. menjelaskan fenomena yang terjadi
b. menjelaskan sebab akibat suatu peristiwa
3. Gagasan umum atau gagasan utama adalah jenis gagasan yang sering dijadikan sebagai dasar pengembangan suatu paragraf. Gagasan utama ini letaknya bisa di awal paragraf (deduktif), di akhir paragraf (induktif) dan di tengah paragraf yang keberadaannya antara di awal dan di akhir paragraf (deduktif – induktif).
4.
Fakta mengacu kepada sesuatu hal yang memang ada
atau yang memang terjadi. Jadi, secara umum bisa kita simpulkan bahwasanya
fakta adalah sebuah kenyataan yang sejatinya memang ada atau berdasarkan
kejadian nyata.
D. Penugasan Mandiri
Bacalah teks di bawah ini!
https://www.dosenpendidikan.co.id/contoh-teks-eksplanasi/
Gempa bumi merupakan getaran atau goncangan yang terjadi karena pergeseran atau pergerakan lapisan batu bumi yang berasal dari dasar permukaan bumi. Peristiwa alam ini sering terjadi di daerah yang berada dekat gunung berapi atau gunung yang masih aktif dan di daerah yang dikelilingi lautan yang sangat luas.
Gempa bumi terjadi karena pergesaran atau gerakan lapisan dasar bumi dan letusan gunung berapi yang sangat dahsyat. Selain itu, gempa bumi terjadi begitu cepat dengan dampak yang sangat besar bagi lingkungan sekitarnya.
Getaran gempa bumi yang sangat besar dan merambat ke segala arah sehingga dapat meratakan bangunan dan menimbulkan korban jiwa. Berdasarkan penyebab terjadinya, gempa bumi dapat digolongkkan menjadi dua jenis, yaitu gempa vulkanik dan gempa tektonik.
Gempa tektonik terjadi karena lapisan kerak bumi menjadi lunak sehinggal mengalami pergeseran atau pergerakan. Teori “Tektonik Plate” menjelaskan bahwa bumi kita ini terdiri dari beberapa lapisan buatan.
Sebagian besar daerah lapisan kerak ini akan hanyut dan mengapung dilapisan, seperti halnya salju. Lapisan ini bergerak sangat lambat sehingga terpecah-pecah dan bertabrakan satu sama lain.Itulah yang menyebabkan mengapa gempa bumi dapat terjadi. Sementara itu, gempa bumi vulkanik terjadi dikarenakan adanya letusan gunung berapi yang sangat besar. Gempa vulkanik ini lebih jarang terjadi dibandingkan dengan gempa tektonik.
Gempa dapat terjadi kapan saja tanpa mengenal musim. Meskipun demikian, konsentrasi gempa cenderung terjadi ditempat-tempat tertentu saja, seperti pada perbatasan plat Pacifik. Tempat ini dikenal dengan lingkaran api karena banyak terdapat gunung berapi.
Setelah membaca teks eksplanasi di atas, jawablah pertanyaan berikut:
1. Tentukan gagasan umum teks ekplanasi tersebut!
2. Jelaskan fakta-fakta yang terdapat dalam teks eksplanasi tersebut!
Tulislah jawabanmu dalam tabel di bawah ini
Gagasan
Umum |
Fakta Penting |
|
1. .…………………………………………………… |
2. .…………………………………………………… |
|
3. .…………………………………………………… |
E. Latihan Soal
1. Jelaskan hal-hal yang mendasari sebuah teks dinamakan teks eksplanasi!
2. Apa fungsi fakta dalam teks eksplanasi?
3. Buatlah sebuah teks eksplanasi lengkap dengan gagasan umum dan fakta penting berdasarkan gambar di bawah ini!
Pembahasan dan Pedoman Penskoran Latihan Soal Pembelajaran 1
N0 Soal |
Jawaban Soal |
Aspek yang Dinilai |
Skor |
1 |
Teks ksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses mengapa dan bagaimana suatu peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, dan lainnya bisa terjadi. Suatu peristiwa baik peristiwa alam maupun sosial yang terjadi disekitar kita, selalu mempunyai hubungan sebab akibat dan proses. |
Peserta didik menjawab soal dengan tepat |
3 |
Peserta didik menjawab soal kurang tepat |
2 |
||
Peserta didik menjawab soal tidak tepat |
1 |
N0 Soal |
Jawaban Soal |
Aspek yang Dinilai |
Skor |
2 |
Fungsi fakta dalam teks eksplanasi adalah untuk menjelaskan mengenai sebab dan akibat dari sebuah peristiwa atau fenomena alam/sosial yang terjadi, dan untuk memberikan sebuah contoh guna memudahkan pembaca memahami sebuah teks eksplanasi |
Peserta didik menjawab soal dengan tepat |
3 |
Peserta didik menjawab soal kurang tepat |
2 |
||
Peserta didik menjawab soal tidak tepat |
1 |
N0 Soal |
Jawaban Soal |
Aspek yang Dinilai |
Skor |
3 |
Gunung Meletus Gagasan Umum : Gunung meletus merupakan fenomena alam yang terjadi akibat adanya endapan magma pada perut bumi dan disemburkan oleh gas yang memiliki kekuatan tinggi. Letusan gunung berapi merupakan salah satu bencana alam yang sangat dahsyat. Fakta
penting Hampir semua aktivitas gunung berapi berhubungan dengan zona kegempaan yang aktif karena berhubungan langsung dengan batas lempeng bumi. Fenomena gunung meletus diawali dengan aktivitas pada batas lempeng bumi yang mengalami perubahan tekanan dan suhu yang signifikan. Sehingga mampu melelehkan material batuan di sekitarnya itu, yang biasa disebut dengan magma atau cairan pijar. Magma akan mengintrusi material yang berada |
Peserta didik menjawab soal dengan tepat |
3 |
Peserta didik menjawab soal kurang tepat |
2 |
||
Peserta didik menjawab soal tidak tepat |
1 |
|
disekitarnya melalui rekahan- rekahan yang mendekati permukaan bumi. Magma dibentuk melalui suhu yang sangat panas di dalam perut bumi. Pada kedalaman yang relatif, suhu yang sangat tinggi mampu melelehkan seluruh material yang ada didalam perut bumi. Pada saat material-material ini meleleh maka akan menghasilkan gas yang nantinya akan bercampur dengan magma tersebut. Magma yang akan dikeluarkan oleh gunung meletus terbentuk pada kedalaman kurang lebih 60 sampai 160 KM dibawah permukaan bumi. |
|
|
skor yang diperoleh x 100 Nilai: _ =
Skor maksimal
F. Penilaian Diri
Setelah kalian belajar melalui kegiatan pembelajaran satu, berikut diberikan tabel untuk mengukur diri kalian terhadap materi yang sudah kalian pelajari. Jawablah sejujurnya terkait dengan penguasaan materi, dan Isilah tabel refleksi diri terhadap pemahaman materi di tabel berikut dan centanglah (√).
Tugas
Teks Eksplanasi
Tabel
Refleksi Diri Pemahaman Materi Pengetahuan Teks Eksplanasi
No |
Pertanyaan |
Ya |
Tidak |
1. |
Apakah
kalian telah memahami pengertian teks eksplanasi |
|
|
2. |
Apakah kalian sudah dapat menemukan gagasan umum
dalam teks eksplanasi? |
|
|
3. |
Apakah
kalian sudah dapat menemukan fakta dalam teks eksplanasi ? |
|
|
4. |
Apakah kalian sudah dapat membuat gagasan umum dalam
sebuah teks eksplanasi? |
|
|
5. |
Apakah kalian sudah dapat menuliskan fakta-fakta penting
dalam sebuah teks eksplanasi? |
|
|
6. |
Apakah kalian sudah dapat menyusun teks eksplanasi lengkap dengan
gagasan utama dan fakta penting di dalamnya? |
|
|
1. Jawablah dengan memberikan “Ya” atau “ Tidak “ pada Kolom Tersebut.
2. Copy dan Kirimkan Ke WA saya Hasil pertanyaan dan Jawaban Tersebut
Jika menjawab “TIDAK” pada salah satu pertanyaan di atas, maka pelajarilah kembali materi tersebut dan pelajari ulang kegiatan pembelajaran satu. Bila perlu kalian dapat meminta bimbingan guru atau teman sejawat. Jangan putus asa untuk mengulang lagi!
KEGIATAN PEMBELAJARAN 2
Urutan Kejadian dalam Teks Eksplanasi
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari kegiatan pembelajaran dua ini diharapkan kalian dapat mengidentifikasi informasi urutan kejadian berupa proses dan sebab akibat dalam teks ekplanasi lisan dan tulis dengan cermat, teliti dan penuh tanggung jawab agar diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
B. Uraian Materi
Sebagaimana yang telah dipaparkan sebelumnya bahwa teks eksplanasi adalahteksyangmemaparkansuatuproseskejadiandengansejelas-jelasnya. Teks eksplanasi banyak menggunakan fakta, baik itu untuk menunjang alasan ataupun sebab-sebab atas peristiwa yang akan dipaparkan. Luasnya wasawasan dan pengetahuan kita berkenaan dengan topik yang akan ditulis juga sangatlah utama. Penulis harus menyiapkan berbagai sumber untuk dapat mengembangkan topik yang dipilihnya secara mendalam. Kalau tidak demikian, isi tulisan akan dangkal dan tidak memberikan sesuatu yang baru bagi pembacanya.
Agar tersaji secara lebih menarik, kita pun perlu mengetahui pola- pola pengembangannya. Secara umum, pola-pola pengembangan teks eksplanasi adalah sebagai berikut.
1. Pola Pengembangan Sebab Akibat
Pengembangan teks eksplanasi dapat menggunakan pola sebab akibat. Dalam hal ini sebab dapat bertindak sebagai gagasan umum, sedangkan akibat sebagai perincian pengembangannya. Namun demikian, dapat juga terbalik. Akibat dijadikan sebagai gagasan umum, maka perlu dikemukakan sejumlah sebab sebagaiperinciannya.
Persoalan sebab akibat sebenarnya sangat dekat hubungannya dengan proses. Jika disusun untuk mencari hubungan antara bagian- bagiannya, proses itu dapat disebut proses kausalitas.
Contoh:
2. Pola Pengembangan Proses
Proses merupakan suatu urutan dari tindakan-tindakan atau perbuatan- perbuatan untuk menciptakan atau menghasilkan sesuatu atau perurutan dari suatu kejadian atau peristiwa. Untuk menyusun sebuah proses, langkah- langkahnya adalah sebagai berikut.
1. Mengetahui perincian-perincian secara menyeluruh.
2. Membagi proses tersebut menurut tahap-tahap kejadian.
3. Menjelaskan setiap urutan itu ke dalam detail-detail yang tegas sehingga pembaca dapat melihat seluruh proses itu dengan jelas.
Contoh:
C. Rangkuman
Pola-pola pengembangan teks eksplanasi adalah sebagai berikut.
1. Pola Pengembangan Sebab Akibat
Pengembangan teks eksplanasi dapat menggunakan pola sebab akibat. Dalam hal ini sebab dapat bertindak sebagai gagasan umum, sedangkan akibat sebagai perincian pengembangannya.
2. Pola Pengembangan Proses
Proses merupakan suatu urutan dari tindakan-tindakan atau perbuatan- perbuatan untuk menciptakan atau menghasilkan sesuatu atau perurutan dari suatu kejadian atau peristiwa.
D. Penugasan Mandiri
Cermatilah ketiga cuplikan teks di bawah ini!
2. Penampung limbah pabrik marmer PT CIM yang terletak di puncak Gunung Kapur Desa Citatah Kabupaten Bandung jebol. Akibatnya, 21 rumah di sekitarnya hancur dan rusak berat diterjang longsoran limbah padat pabrik. Tidak ada korban tewas dalam musibah itu, tetapi sedikitnya tujuh orang dibawa ke rumah sakit Cibabat. |
3. Anarkisme massa pada umumnya terjadi akibat sikap kritis mereka yang tidak mendapat tanggapan secara wajar. Massa kemudian frustrasi dan marah. Mereka merasa aspirasinya dilecehkan, tidak dihargai. Dalam kondisi itulah, sikap rasional bisa melemah. Emosilah yang kemudian lebih berperan. Apalagi dalam kerumunan massa, emosi mudah menjalar dan tidak terkendali. Terjadilah akhirnya aksi perusakan yang sesungguhnya cara tersebut bertentangan dengan sikap kritis itusendiri. |
Menurutmu, ketiga cuplikan teks tersebut dikembangkan dengan pola apa? dan tentukan juga topik dari setiap teks tersebut!
Tuliskan jawabanmu dalam tabel di bawah ini!
Teks |
Topik |
Pola Pengembangan |
1. |
|
|
2. |
|
|
3. |
|
|
E. Latihan Soal
1. Jelaskan pola pengembangan urutan kejadian pada teks eksplanasi!
2. Buatlah sebuah paragraf eksplanasi dengan tema sunami menggunakan pola pengembangan sebab akibat!
3. Buatlah teks eksplanasi dengan menggunakan pola pengembangan proses berdasarkan gambar di bawah ini!
Pembahasan dan Pedoman Penskoran Latihan Soal Pembelajaran 2
N0 Soal |
Jawaban Soal |
Aspek yang Dinilai |
Skor |
1 |
Pola pengembangan urutan kejadian pada teks eksplanasi: 1. Pola Pengembangan Sebab Akibat Pengembangan teks eksplanasi dapat menggunakan pola sebab akibat. Dalam hal ini sebab dapat bertindak sebagai gagasan umum, sedangkan akibat sebagai perincian pengembangannya. Namun demikian, dapat juga terbalik. Akibat dijadikan sebagai gagasan umum, maka perlu dikemukakan sejumlah sebab sebagaiperinciannya. 2. Pola Pengembangan Proses Proses merupakan suatu urutan dari tindakan-tindakan atau perbuatan-perbuatan untuk menciptakan atau menghasilkan sesuatu atau perurutan dari suatu kejadian atau peristiwa. |
Peserta didik menjawab soal dengan tepat |
3 |
Peserta didik menjawab soal kurang tepat |
2 |
||
Peserta didik menjawab soal tidak tepat |
1 |
N0 Soal |
Jawaban Soal |
Aspek yang Dinilai |
Skor |
2 |
Tsunami Saat gempa terjadi dan permukaan dasar laut naik turun di sepanjang patahan maka saat itulah tsunami terbentuk. Patahan itu menyebabkan keseimbangan air laut terganggu. Patahan yang besar akan menghasilkan gelombang yang besar juga |
Peserta didik menjawab soal dengan tepat |
3 |
Peserta didik menjawab soal kurang tepat |
2 |
||
Peserta didik menjawab soal tidak tepat |
1 |
N0 Soal |
Jawaban Soal |
Aspek yang Dinilai |
Skor |
3 |
Pelangi Pernyataan umum: Pelangi atau dalam Bahasa Inggrisnya Rainbow adalah suatu peristiwa optik atau meterologi berwujud cahaya yang bermacam- macam warna paralel satu dengan |
Peserta didik menjawab soal dengan tepat |
3 |
|
yang lainnya di langit atau media yang lain. Ketika terjadi hujan ringan dilangit terlihat pelangi seperti bercahaya dimana cahaya tersebut menuju cakrawala. Selain itu di sekitar air terjun kita juga bisa melihat Pelangi yang indah. Urutan Kejadian Proses Terciptanya pelangi di cakrawala yaitu melalui empat siklus. Di antaranya yaitu pembiasan sinar matahari. Cahaya atau sinar matahari yang kemudian dibelokkan menuju arah lain dari satu medium menuju medium yang lain oleh tetesan air yang terdapat di atmosfer. Kemudian tetesan air tersebut dilewati oleh sinar matahari. Ketika tetesan air tersebut dilewati oleh cahaya matahari, maka cahaya itu akan dibiaskan sehingga dapat menciptakan warna-warna indah yang terpisah secara sendiri-sendiri. Pembelokkan cahaya. Masing- masing dari warna pelangi tersebut akan dibelokkan dengan sudut yang berbeda. Sehingga dari pembelokan cahaya tersebut bisa menghasilkkan warna-warni yang memukau pada pelangi. Disaat hujan ringan bersamaan dengan munculnya sinar matahari kita bisa melihat fenomena pelangi. Namun haruslah dari arah yang berlawanan dengan kita. Keberadaan kita harus ada di antara tetesan air dan matahari yang mana posisi matahari berada di belakang kita. Pusat busur pelangi dan mata kita harus berada pada satu garis. |
Peserta didik menjawab soal kurang tepat |
2 |
Peserta didik menjawab soal tidak tepat |
1 |
skor yang diperoleh x 100 Nilai: _ =
Skor maksimal
F. Penilaian Diri
Setelah kalian belajar melalui kegiatan belajar dua, berikut diberikan tabel untuk mengukur diri kalian terhadap materi yang sudah kalian pelajari. Jawablah sejujurnya terkait dengan penguasaan materi, dan Isilah tabel refleksi diri terhadap pemahaman materi di tabel berikut dan centanglah (√).
Tugas
Teks Eksplanasi
Refleksi Diri Pemahaman Materi Pola Teks Eksplanasi
No |
Pertanyaan |
Ya |
Tidak |
1. |
Apakah kalian telah memahami pola pengembangan
urutan kejadian dalam teks eksplanasi |
|
|
2. |
Apakah kalian sudah dapat mentukan pola pengembangan yang
digunakan dalam teks eksplanasi? |
|
|
3. |
Apakah kalian sudah dapat membuat paragraf
eksplanasi dengan
pola sebab akibat? |
|
|
4. |
Apakah kalian sudah dapat membuat sebuah teks
eksplanasi dengan pola proses? |
|
|
5. |
Apakah kalian sudah dapat menentukan topik yang
dibahas dalam teks eksplanasi? |
|
|
1. Jawablah dengan memberikan “Ya” atau “ Tidak “ pada Kolom Tersebut.
2. Copy dan Kirimkan Ke WA saya Hasil pertanyaan dan Jawaban Tersebut
Jika menjawab “TIDAK” pada salah satu pertanyaan di atas, maka pelajarilah kembali materi tersebut dan pelajari ulang kegiatan pembelajaran dua. Bila perlu kalian dapat meminta bimbingan guru atau teman sejawat. Jangan putus asa untuk mengulang lagi!.
1. Bacalah teks di bawah ini
Berdasarkan isinya, teks di atas termasuk ke dalam teks ….
A. laporan hasil observasi
B. eksposisi
C. eksposisi definisi
D. prosedur kompleks
E. eksplanasi
2. Cermati kutipan teks eksplanasi di bawah in!
Berdasarkan letak gagasan utamanya, paragraf di atas dinamakan paragraf….
A. deduktif
B. induktif
C. naratif
D. campuran
E. sebab akibat
3. Bacalah kutipan teks eksplanasi berikut?
Informasi yang terdapat dalam teks di atas adalah…
A. Penanganan sampah plastik
B. Pembuatan kerajinan tangan
C. Sampah plastik tidak bisa diuraikan
D. sampah plastik itu sangat berbahaya pada lingkungan sekitar
E. Memanfaatkan sampah plastic
4. Bacalah kutipan teks eksplanasi berkut?
Membuang sampah seenaknya kedalam sungai sepertinya sudah menjadi kebiasaan atau bahkan tradisi turun temurun bagi warga Jakarta. Padahal kebiasaan buruk tersebut sangat besar dampaknya pada lingkungan, terutama bagi sungai yang mengalir diarea jakarta. Karena hal ini dapat menimbulkan aliran sungai tersumbat oleh sampah dan akhirnya akan menimbulkan banjir. Sehingga banjir terjadi disebabkan oleh tumpukan sampah yang menyumbat aliran sungai.
Gagasan utama paragraf di atas adalah…
A. Kebiasaan atau bahkan tradisi turun temurun bagi warga Jakarta
B. Membuang sampah di sungai sangat besar dampaknya pada lingkungan.
C. Banjir terjadi disebabkan oleh tumpukan sampah yang menyumbat aliran sungai.
D. Sungai yang mengalir diarea Jakarta.
E. Aliran sungai tersumbat oleh sampah
5. Di bawah ini merupakan ciri-ciri fakta, kecuali…
A. Mengandung sebuah kenyataan yang kebenarannya bisa dibuktikan.
B. Memiliki sumber data yang akurat,
tepat dan nyata misalnya saja masalah tempat kejadian, tanggal dan waktu kejadian.
C. Mempunyai keterangan saksi sebagai nara sumber yang
kebenarannya bisa diuji.
D.
Memiliki sifat
subjektif. Dimana data yang diberikan tidak dikarang secara bebas, mengada-ada
dan pastinya benar-benar nyata keasliannya.
E.
Kalimat fakta pada
umumnya bisa memberikan jawaban yang mengacu pada struktur 5 W + 1 H.
6. Bacalah
kutipan teks eksplanasi berkut!
Fakta yang terdapat dalam teks eksplanasi di atas adalah mengenai….
A. fenomena alam
B. terjadinya gerhana bulan
C. oposisi bulan dan matahari
D. gerhana matahari
E. kemiringan bidang orbit
7. Bacalah kutipan teks eksplanasi berikut!
Kutipan teks eksplanasi di atas urutan kejadiannya menggunakan pola….
A. proses
B. sebab akibat
C. penegasan
D. kronologi
E. uraian
8. Cermati teks eksplanasi berikut!
Kutipan teks eksplanasi di atas urutan kejadiannya menggunakan pola….
A. sebab akibat
B. penegasan
C. kronologi
D. uraian
E. proses
9.
Menjelaskan setiap urutan itu ke dalam
detail-detail yang tegas sehingga pembaca dapat
melihat seluruh proses kejadian dengan jelas.
Pernyataan di atas merupakan salah satu langkah-langkah urutan kejadian teks eksplanasi dengan pola pengembangan….
A. Kronogi
B. Sebab akibat
C. Proses
D. Penjelasan
E. Deskripsi
10. Cermatilah teks eksplanasi berikut!
Teks di atas dapat diklasifikasikan teks eksplanasi karena....
A. mengandung sebuah rekomendasi kepada pemerintah
B. mengungkapkan bencana banjir yang kerap terjadi
C. berisi pendapat penulis diikuti argumentasi
D. menjelaskan sebuah permasalahan
E. menjelaskan permasalahan banjir dan sebab-sebabnya
DAFTAR PUSTAKA
Kosasih, Engkos dan Endang Kurniawan. 2019. 22 Jenis Teks dan Strategi Pembelajarannya di SMA-MA/SMK. Bandung: Yrama Widya.
Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Suherli, dkk. 2017.Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Dari internet:
https://sahabatnesia.com/contoh-teks-eksplanasi-terlengkap/
https://www.dosenpendidikan.co.id/contoh-teks-eksplanasi/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar