This post was republished to Aplikasi Web CBT at
2:02:37 PM 12/28/2017
KODE UJIAN
1
|
1.
Deretan penjelas, pernyataan umum, interpretasi
2.
Pernyataan umum, deretan penjelas, interpretasi
3.
Pernyataan umum, interpretasi, deretan penjelas
4.
Interpretasi, deretan penjelas, pernyataan umum
5.
Interpretasi, pernyataan umum, deretan penjelas,
Struktur Teks Ekplanasi yang benar
adalh…
|
|||||||
A
|
||||||||
B
|
2
|
|||||||
C
|
3
|
|||||||
D
|
4
|
|||||||
E
|
5
|
|||||||
2
|
Secara alami hujan asam dapat
terjadi akibat semburan dari gunung berapi dan dari proses biologis
di tanah, rawa, dan laut. Akan tetapi, mayoritas hujan asam disebabkan oleh
aktivitas manusia seperti industri, pembangkit
tenaga listrik, kendaraan bermotor dan pabrik pengolahan
pertanian (terutama amonia). Gas-gas yang dihasilkan oleh
proses ini dapat terbawa angin
hingga ratusan kilometer di
atmosfer sebelum berubah menjadi asam dan terdeposit ke tanah.
Paragraf tersebut merupakan
bagian dari struktur teks eksplanasi yang merupakan bagian ….
|
|||||||
A
|
Pernyataan umum
|
|||||||
B
|
Interpretasi
|
|||||||
C
|
Deretan penjelas
|
|||||||
D
|
Tesis
|
|||||||
E
|
Interpretasi umum
|
|||||||
3
|
Bacalah kutipan teks eksplanasi berikut !
Paguyuban merupakan kelompok masyarakat yang ikatan
sosialnya didasari oleh ikatan perorangan yang sangat kuat. Tanda-tandanya
antara lain sesama anggota menampakkan pertemanan atau persahabatan yang
rukun, berhubungan simpatik, dan tak ada permusuhan. Dalam suasana yang guyub
ada kerukunan atau harmoni. Kerukunan berarti suasana damai dan tanpa
pertengkaran. Kerukunan berarti pula adanya perasaan satu hati dan
kesepakatan. Itulah sebabnya terdapat istilah rukun tetangga dan rukun warga
dalam struktur masyarakat di Indonesia. Maksudnya tidak lain agar di dalam
kelompok masyarakat itu tercipta kedamaian. Kelompok yang rukun ditandai
dengan semacam perjanjian dalam perasaan, sikap atau tindakan setiap anggota
untuk gembira membangun kebersamaan sehingga yang terjadi adalah hal-hal yang
menyenangkan.
Teks tersebut termasuk jenis teks eksplanasi yang
menjelaskan proses terjadinya fenomena ....
|
|||||||
A
|
Sosial
|
|||||||
B
|
Alam
|
|||||||
C
|
Budaya
|
|||||||
D
|
Ekonomi
|
|||||||
E
|
politik
|
|||||||
4
|
Bacalah kutipan teks eksplanasi berikut !
Paguyuban merupakan kelompok masyarakat yang ikatan
sosialnya didasari oleh ikatan perorangan yang sangat kuat. Tanda-tandanya
antara lain sesama anggota menampakkan pertemanan atau persahabatan yang
rukun, berhubungan simpatik, dan tak ada permusuhan. Dalam suasana yang guyub
ada kerukunan atau harmoni. Kerukunan berarti suasana damai dan tanpa
pertengkaran.
Kerukunan berarti pula adanya perasaan satu hati dan
kesepakatan. Itulah sebabnya terdapat istilah rukun tetangga dan rukun warga
dalam struktur masyarakat di Indonesia. Maksudnya tidak lain agar di dalam
kelompok masyarakat itu tercipta kedamaian. Kelompok yang rukun ditandai
dengan semacam perjanjian dalam perasaan, sikap atau tindakan setiap anggota
untuk gembira membangun kebersamaan sehingga yang terjadi adalah hal-hal yang
menyenangkan.
Pada kalimat kedua paragraf pertama teks di atas
terdapat konjungsi yang menyatakan hubungan….
|
|||||||
A
|
Pertentangan dan pemilihan
|
|||||||
B
|
Pemilihan dan penjumlahan
|
|||||||
C
|
Penyamaan dan penyebaban
|
|||||||
D
|
Pengakibatan dan penjumlahan
|
|||||||
E
|
Pertentangan dan penjumlahan
|
|||||||
5
|
Paguyuban merupakan kelompok masyarakat yang ikatan
sosialnya didasari oleh ikatan perorangan yang sangat kuat. Tanda-tandanya
antara lain sesama anggota menampakkan pertemanan atau persahabatan yang
rukun, berhubungan simpatik, dan tak ada permusuhan. Dalam suasana yang guyub
ada kerukunan atau harmoni. Kerukunan berarti suasana damai dan tanpa
pertengkaran. Kerukunan berarti pula adanya perasaan satu hati dan
kesepakatan. Itulah sebabnya terdapat istilah rukun tetangga dan rukun warga
dalam struktur masyarakat di Indonesia. Maksudnya tidak lain agar di dalam
kelompok masyarakat itu tercipta kedamaian. Kelompok yang rukun ditandai
dengan semacam perjanjian dalam perasaan, sikap atau tindakan setiap anggota
untuk gembira membangun kebersamaan sehingga yang terjadi adalah hal-hal yang
menyenangkan.
Arti kata harmoni pada teks di atas adalah ....
|
|||||||
A
|
Keserasian
|
|||||||
B
|
Keselarasan
|
|||||||
C
|
Kerukunan
|
|||||||
D
|
Kekompakan
|
|||||||
E
|
Keseimbangan
|
|||||||
6
|
Pernyataan
yang tidak sesui dengan teks di atas adalah …
|
|||||||
A
|
A. Gempa bumi
adalah peristiwa alam yang berpengaruh langsung pada manusia
|
|||||||
B
|
B. Gempa bumi di
dasar laut bisa menyebabkan tsunami
|
|||||||
C
|
C. Bencana gempa
bumi telah menjadi peristiwa yang sangat ditakuti.
|
|||||||
D
|
D. Sepanjang
abad 20 dan 21, gempa telah mengakibatkan banyak kematian
|
|||||||
E
|
E. Akhir-akhir
ini , istilah gempa bumi sering dibicarakan oleh banyak orang
|
|||||||
7
|
Kata yang
bercetak miring di atas bermakna …
|
|||||||
A
|
A. Gedung-gedung
|
|||||||
B
|
B. Bahan
bangunan
|
|||||||
C
|
C. rumah
|
|||||||
D
|
D. harta benda
|
|||||||
E
|
E. kerusakan
tanah
|
|||||||
8
|
Bacalah
teks di bawah ini untuk menjawab soal no 8 –10!
8 Bioteknologi berasal dari istilah latin bio (hidup) dan teknos (teknologi, pencapaian), dan logos (ilmu). Bioteknologi kemudian diartikan sebagai ilmu terapan yang menerapkan prinsip-prinsip sains dan teknologi terhadap serangkaian proses biologis untuk menghasilkan barang dan jasa. Dewasa ini, perkembangan bioteknologi tidak hanya didasari pada biologi, tetapi juga pada ilmu-ilmu terapan dan murni lain, seperti biokimia, komputer, biologi molekuler, mikrobiologis, genetika, kimia, matematika, dan lainnya. Pernyataan yang sesui dengan teks di atas adalah… |
|||||||
A
|
A. Bioteknologi
merupakan cabang ilmu biologi
|
|||||||
B
|
B. Bioteknologi
bertujuan untuk mencari keuntungan
|
|||||||
C
|
C. Bioteknologi
merupakan penerapan teknologi terhadap proses biologis
|
|||||||
D
|
D. Perkembangan
bioteknologi selalu didasari oleh peristiwa biologi
|
|||||||
E
|
E. Bioteknologi
bukan ilmu murni
|
|||||||
9
|
Pada teks eksplanasi di atas
terdapat kata yang menjadi penunjuk waktu. Kata tersebut ialah …
|
|||||||
A
|
belakangan ini
|
|||||||
B
|
menjadikan
|
|||||||
C
|
tidak berlebihan
|
|||||||
D
|
berdampak
|
|||||||
E
|
semua jawaban benar
|
|||||||
10
|
Bioteknologi adalah istilah yang berasal dari bahasa latin yang terdiri
atas kata bio yang berarti “hidup” dan teknos yang berarti “teknologi” serta
logos yang berarti “ilmu.” Selanjutnya bioteknologi diartikan sebagai kajian
ilmu terapan yang konsen terhadap rangkaian proses biologis dalam rangka
menghasilkan barang dan jasa yang menerapkan prinsip sains. Perkembangan
bioteknologi tak hanya didasarkan pada cabang keimuan biologi saja, namun
juga pada disiplin ilmu terapan lainnya semisal biologi molekuler, komputer,
biokimia, genetika, kimia, mikrobiologis, matematika, dan lain sebagainya.
Peryataan di bawah ini yang sesuai dengan teks di atas ialah …
|
|||||||
A
|
a. Bioteknologi
adalah cabang dari keilmuan biologi
|
|||||||
B
|
b. Bioteknologi
bukanlah keilmuan murni
|
|||||||
C
|
c. Bioteknologi
diciptakan untuk mencari keuntungan
|
|||||||
D
|
d. Bioteknologi
adalah hasil penerapan teknologi terhadap prosesi biologis
|
|||||||
E
|
e. Peristiwa
biologi yang menjadi dasar adanya perkembangan bioteknologi
|
|||||||
11
|
Bioteknologi adalah istilah yang berasal dari bahasa latin yang terdiri
atas kata bio yang berarti “hidup” dan teknos yang berarti “teknologi” serta
logos yang berarti “ilmu.” Selanjutnya bioteknologi diartikan sebagai kajian
ilmu terapan yang konsen terhadap rangkaian proses biologis dalam rangka
menghasilkan barang dan jasa yang menerapkan prinsip sains. Perkembangan
bioteknologi tak hanya didasarkan pada cabang keimuan biologi saja, namun
juga pada disiplin ilmu terapan lainnya semisal biologi molekuler, komputer,
biokimia, genetika, kimia, mikrobiologis, matematika, dan lain sebagainya.
Berikut ini adalah tanggapan yang tepat dan sesuai dengan teks di atas …
|
|||||||
A
|
a. istilah pada
bioteknologi berasal dari kata bio, teknos, dan logos.
|
|||||||
B
|
b. Kemajuan ilmu
teknologi turut menunjang proses perkembangan bioteknologi
|
|||||||
C
|
c. Pengembangan
ilmu tertentu sangat membutuhkan teknologi
|
|||||||
D
|
d. Pada dasarnya
bioteknologi hanya dapat dikembangkan pada tumbuhan dan hewan
|
|||||||
E
|
e. Bioteknologi
dikembangkan untuk kepentingan hajat hidup orang banyak
|
|||||||
12
|
Bioteknologi adalah istilah yang berasal dari bahasa latin yang terdiri
atas kata bio yang berarti “hidup” dan teknos yang berarti “teknologi” serta
logos yang berarti “ilmu.” Selanjutnya bioteknologi diartikan sebagai kajian
ilmu terapan yang konsen terhadap rangkaian proses biologis dalam rangka
menghasilkan barang dan jasa yang menerapkan prinsip sains. Perkembangan
bioteknologi tak hanya didasarkan pada cabang keimuan biologi saja, namun
juga pada disiplin ilmu terapan lainnya semisal biologi molekuler, komputer,
biokimia, genetika, kimia, mikrobiologis, matematika, dan lain sebagainya.
Teks tentang bioteknologi di atas menggunakan pola pengembangan …
|
|||||||
A
|
a. contoh
|
|||||||
B
|
b. definisi
|
|||||||
C
|
c. klasifikasi
|
|||||||
D
|
d. kronologis
|
|||||||
E
|
e. proses
|
|||||||
13
|
Pengklasifikasian makhluk hidup selain manusia yakni flora dan fauna
didasarkan pada faktor geologi. Berdasarkan faktor ini, pulau-pulau yang ada
di Indonesia wilayah bagian timur dahulu pernah berada dalam satu daratan
dengan Australia.
kalimat yang tepat Untuk
melanjutkan teks di atas adalah …
|
|||||||
A
|
a. Karenanya
terdapat kemiripan spesies flora dan fauna yang ada pada wilayah Indonesia
bagian timur dengan wilayah Australia
|
|||||||
B
|
b. Indonesia
mempunyai keanekaragaman flora dan fauna melebihi wilayah manapun yang ada di
dunia
|
|||||||
C
|
c. Australia
adalah negara tetangga Indonesia
|
|||||||
D
|
d. Diprediksikan
wilayah timur Indonesia akan bersatu kembali dengan daratan Australia
|
|||||||
E
|
e. Diperlukan
adanya perhatian serius dalam rangka melestarikan flora dan fauna yang ada
pada wilayah Indonesia bagian timur dan Australia
|
|||||||
14
|
Pengklasifikasian makhluk hidup selain manusia yakni flora dan fauna
didasarkan pada faktor geologi. Berdasarkan faktor ini, pulau-pulau yang ada
di Indonesia wilayah bagian timur dahulu pernah berada dalam satu daratan
dengan Australia.
Berikut ini adalah pernyataan yang sesuai dengan teks di atas ialah …
|
|||||||
A
|
a. faktor
geologis dapat berpengaruh pada jenis flora dan fauna
|
|||||||
B
|
b. diperlukan
adanya penelitian lebih lanjut mengapa wilayah Indonesia bagian timur pernah
menyatu dengan Australia
|
|||||||
C
|
c. Tidak perlu
dirisaukan mengenai wilayah Indonesia bagian timur pernah menyatu atau tidak
dengan Australia
|
|||||||
D
|
d. Urgensi
pelestarian flora dan fauna dapat didasarkan pada faktor geologi
|
|||||||
E
|
e. Australia
adalah negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi kenegaraan
|
|||||||
15
|
Bagian-bagian (aspek) yang dapat dinilai dari laporan hasil analisis pada
teks eksplanasi ialah …
|
|||||||
A
|
a. Kelengkapan
bagian laporan
|
|||||||
B
|
b. Kata yang
baku
|
|||||||
C
|
c. Ejaan serta
tanda baca yang baku
|
|||||||
D
|
d. Total jumlah
halaman
|
|||||||
E
|
e. Semua jawaban
salah
|
|||||||
16
|
Korean Pop atau yang
disebut K-Pop adalah jenis musik populer yang berasl dari Korea Selatan.
Demam K-Pop pun kini sudah mendunia, termasuk di Indonesia. Demam K-Pop di
Indonesia dilatarbelakangi fenomena Piala Dunia Korea – Jepang 2002 yang
berakhir dengan masuknya Korea Selatan sebagai kekuatan empat besar dunia.
Jadi, K-Pop telah dikenal di Indonesia lebih kurang 10 tahun terakhir.
Paragraf tersebut termasuk struktur teks eksplanasi bagian ….
|
|||||||
A
|
A. pernyataan umum
|
|||||||
B
|
B. deretan penjelas
|
|||||||
C
|
C. proses
|
|||||||
D
|
D. penutup
|
|||||||
E
|
E. simpulan
|
|||||||
17
|
Korean Pop atau yang disebut K-Pop adalah jenis
musik populer yang berasl dari Korea Selatan. Demam K-Pop pun kini
sudah mendunia, termasuk di Indonesia. Demam K-Pop di Indonesia
dilatarbelakangi fenomena Piala Dunia Korea – Jepang 2002 yang berakhir
dengan masuknya Korea Selatan sebagai kekuatan empat besar dunia. Jadi, K-Pop
telah dikenal di Indonesia lebih kurang 10 tahun terakhir.
Istilah
popular dalam teks di atas berarti
|
|||||||
A
|
A. tidak disukai oleh khalayak luas
|
|||||||
B
|
B. banyak dibicarakan orang
|
|||||||
C
|
C. mendapat perhatian orang banyak
|
|||||||
D
|
D. dikenal dan disukai orang banyak
|
|||||||
E
|
E. memiliki pecinta tersendiri
|
|||||||
18
|
1)Mudik terjadi
bukan sebagai bentuk mobilitas semata. 2) …, mudik sudah menjadi budaya
bangsa Indonesia. 3) Mudik merupakan salah satu kebiasaan yang dilakukan
masyarakat Indonesia sejak dahulu. 4) Fenomena mudik terjadi karena fenomena
migrasi. 5) …, setiap tahun fenomena mudik semakin bertambah seiring dengan
jumlah migrasi ke kota-kota besar.
6. Konjungsi
antarkalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah ….
|
|||||||
A
|
A. selain itu
|
|||||||
B
|
B. sebaliknya
|
|||||||
C
|
C. namun
|
|||||||
D
|
D. akan tetapi
|
|||||||
E
|
E. sungguh pun demikian
|
|||||||
19
|
1)Mudik terjadi
bukan sebagai bentuk mobilitas semata. 2) …, mudik sudah menjadi budaya
bangsa Indonesia. 3) Mudik merupakan salah satu kebiasaan yang dilakukan
masyarakat Indonesia sejak dahulu. 4) Fenomena mudik terjadi karena fenomena
migrasi. 5) …, setiap tahun fenomena mudik semakin bertambah seiring dengan jumlah
migrasi ke kota-kota besar.
6. Konjungsi
antarkalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas adalah ….
Kalimat yang memuat
keterangan tempat terdapat pada nomor ….
|
|||||||
A
|
A. 1)
|
|||||||
B
|
B. 2)
|
|||||||
C
|
C. 3)
|
|||||||
D
|
D. 4)
|
|||||||
E
|
E. 5)
|
|||||||
20
|
Perhatikan kerangka karangan berikut!
1) Proses terjadinya efek rumah kaca
2) Penyebab terjadinya efek rumah kaca
3) Akibat efek rumah kaca
4) Solusi efek rumah kaca
5) Definisi efek rumah kaca
Jika
dikembangkan menjadi sebuah teks eksplanasi, urutan tepat kerangka karangan
tersebut adalah ….
|
|||||||
A
|
A. 5)
|
|||||||
B
|
B. 5)
|
|||||||
C
|
C. 5)
|
|||||||
D
|
D. 5)
|
|||||||
E
|
E. 5)
|
|||||||
21
|
. Perhatikan
paragraf acak berikut!
1) Hujan asam biasanya terjadi karena letusan gunung
berapi.
2) Hujan asam adalah hujan yang mempunyai kadar keasaman
yang rendah pada setiap tetes airnya.
3) Selain letusan gunung berapi, hujan asam dapat
disebabkan asap industri dan asap kendaraan bermotor.
4) Untuk mencegah dan menanggulangi hujan asam, kita
dapat mengurangi pemakaian kendaran bermotor dan menanam pohon.
5) Hujan asam memiliki dampak yang membahayakan
makhluk hidup, khususnya manusia.
6) Hujan asam dapat merusak lingkungan dan
menghambat pertumbuhan makhluk hidup yang hidup di air.
Urutan tepat kalimat-kalimat acak tersebut agar menjadi teks eksplanasi
padu adalah …
|
|||||||
A
|
A. 2) – 1) – 3) – 4) – 5) – 6)
|
|||||||
B
|
B. 2) – 1) – 3) – 5) – 6) – 4)
|
|||||||
C
|
C. 2) – 1) – 3) – 5) – 4) – 6)
|
|||||||
D
|
D. 2) – 1) – 3) – 6) – 4) – 5)
|
|||||||
E
|
E. 2) – 1) – 3) – 6) – 5) – 4)
|
|||||||
22
|
Tawuran adalah
suatu proses saling menyerang atau berkelahi yang dilakukan secara
berkelompok dan terjadi antara satu kelompok dengan kelompok lain karena ada
suatu permasalahan. Tawuran tidak mengenal usia. Pihak-pihak yang terlibat
tawuran bisa remaja, dewasa, bahkan anak-anak di bawah umur. Tawuran yang paling umum terjadi adalah
merupakan tawuran antar pelajar.
10. Apa Informasi yang
disampaikan dalam paragraf tersebut?
|
|||||||
A
|
A. Tawuran dapat dilakukan oleh remaja, dewasa, bahkan
anak-anak.
|
|||||||
B
|
B. Tawuran sering terjadi di kota-kota besar di Indonesia.
|
|||||||
C
|
C. Tawuran mengganggu pengguna jalan yang melintas.
|
|||||||
D
|
D. Tawuran disebabkan perilaku remaja yang tidak patuh aturan.
|
|||||||
E
|
E. Tawuran pelajar dapat diatasi dengan kerja sama sekolah dan orang tua.
|
|||||||
23
|
Tawuran adalah
suatu proses saling menyerang atau berkelahi yang dilakukan secara
berkelompok dan terjadi antara satu kelompok dengan kelompok lain karena ada
suatu permasalahan. Tawuran tidak mengenal usia. Pihak-pihak yang terlibat
tawuran bisa remaja, dewasa, bahkan anak-anak di bawah umur. Tawuran yang paling umum terjadi adalah
merupakan tawuran antar pelajar.
10. Perbaikan kalimat yang bercetak miring adalah ….
|
|||||||
A
|
A. Tawuran yang paling umum terjadi adalah
tawuran antar pelajar.
|
|||||||
B
|
B. Tawuran yang paling umum terjadi adalah
merupakan tawuran antarpelajar.
|
|||||||
C
|
C. Tawuran yang paling umum terjadi merupakan
tawuran antar pelajar.
|
|||||||
D
|
D. Tawuran yang paling umum terjadi adalah
tawuran antarpelajar.
|
|||||||
E
|
E. Tawuran yang paling sering dan umum terjadi
adalah tawuran anatr pelajar.
|
|||||||
24
|
Dalam kehidupan
bermasyarakat, semua tindakan manusia dibatasi oleh norma untuk berbuat dan
berperilaku yang dianggap baik oleh masyarakat. Namun demikian, di tengah
kehidupan masyarakat kadang-kadang masih dijumpai tindakan-tindakan yang
tidak sesuai dengan norma yang berlaku pada masyarakat, misalnya seorang
siswa menyontek pada saat ulangan, berbohong, meniru, dan mengganggu siswa
lain.
Sinonim kata norma
adalah ….
|
|||||||
A
|
A. aturan
|
|||||||
B
|
B. perintah
|
|||||||
C
|
C. kewajiban
|
|||||||
D
|
D. larangan
|
|||||||
E
|
E. nasihat
|
|||||||
25
|
Langkah pertama yang
harus diperhatikan dalam menyusun teks eksplanasi adalah ….
|
|||||||
A
|
A. mengembangkan kerangka karangan
|
|||||||
B
|
B. menyusun kerangka karangan
|
|||||||
C
|
C. menentukan topik
|
|||||||
D
|
D. menentukan tujuan penulisan
|
|||||||
E
|
E. mengumpulkan data
|
|||||||
26
|
Syarat kalimat efektif
dalam menyunting teks eksplanasi adalah ….
|
|||||||
A
|
A. logis
|
|||||||
B
|
B. hemat
|
|||||||
C
|
C. singkat
|
|||||||
D
|
D. logis
|
|||||||
E
|
E. sejajar
|
|||||||
27
|
A. 1. Tanah longsor tidak dapat diprediksi. Akan
tetapi, kita dapat menyelamatkan diri kita dari ancaman tanah longsor.
B. 2. Pemerintah hendaknya menciptakan lapangan
pekerjaan di desa. Selain itu, pemerintah hendaknya memberikan penyuluhan dan
pelatihan kepada masyarakat desa.
C. 3. Teman-teman pelajar yang merokok mendorong
seorang pelajar untuk ikut merokok. Akhirnya, pelajar tersebut merokok.
D. 4. Isi buku Mimpi
Sejuta Dollar dibuat menarik. Dengan demikian, pembaca tidak bosan untuk
membaca buku tersebut.
E. 5. Rina
baik hati dan tidak sombong. Sehingga, banyak anak yang ingin berteman
dengannya.
KaliKalimat yang
menggunakan konjungsi antarkalimat yang kurang tepat adalah …
|
|||||||
A
|
1
|
|||||||
B
|
2
|
|||||||
C
|
3
|
|||||||
D
|
4
|
|||||||
E
|
5
|
|||||||
28
|
Banjir adalah fenomena alam yang bersumber dari
curah hujan dengan intensitas tinggi dan durasi lama pada daerah aliran
sungai (DAS). Banjir terjadi karena sebab alam dan tindakan manusia. Penyebab
alami banjir adalah erosi dan sedimentasi, curah hujan, pengaruh
fisiografi/geofisik sungai, kapasitas sungai, drainase lahan, dan pengaruh
air pasang. Penyebab banjir karena tindakan manusia adalah perubahan tata
guna lahan, pembuangan sampah, kawasan padat penduduk di sepanjang sungai,
dan kerusakan bangunan pengendali banjir.
16. Pernyataan berikut yang
tidak sesuai dengan informasi di atas adalah …
|
|||||||
A
|
A. Banjir adalah fenomena sosial yang
disebabkan oleh ulah manusia.
|
|||||||
B
|
B. Banjir terjadi karena sebab alam dan
tindakan manusia.
|
|||||||
C
|
C. Penyebab alami banjir adalah erosi dan
sendimentasi.
|
|||||||
D
|
D. Perubahan tata guna lahan dapat menyebabkan
banjir.
|
|||||||
E
|
E. Kawasan padat penduduk di sepanjang sungai
adalah penyebab banjir karena tindakan manusia.
|
|||||||
29
|
Kekeringan diklasifikasikan menjadi dua:
kekeringan alamiah dan kekeringan antropogenik. Kekeringan alamiah terjadi
akibat tingkat curah hujan di bawah normal dalam satu musim, kekurangan
pasokan air permukaan dan air tanah, kekurangan kandungan air di dalam tanah
sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan tanaman tertentu pada periode waktu
tertentu pada wilayah yang luas, pasokan komoditi ekonomi kurang dari kebutuhan
normal. Kekeringan antropogenik adalah kekeringan yang disebabkan oleh
ketidakpatuhan pada aturan. Kekeringan antropogenik terjadi karena kebutuhan
air lebih besar dari pasokan yang direncanakan akibat ketidak-patuhan
pengguna terhadap pola tanam/pola penggunaan air dan kerusakan kawasan
tangkapan air, sumber air akibat perbuatan manusia.
17. Teks eksplanasi di atas dikembangkan dengan
pola pengembangan ….
|
|||||||
A
|
A. Pengembangan proses
|
|||||||
B
|
B. Pengembangan sebab-akibat
|
|||||||
C
|
C. Pengembangan umum-khusus
|
|||||||
D
|
D. Pengembangan deduksi
|
|||||||
E
|
E. Pengembangan induksi
|
|||||||
30
|
Teks .
1
Banjir adalah fenomena alam yang bersumber dari
curah hujan dengan intensitas tinggi dan durasi lama pada daerah aliran
sungai (DAS). Banjir terjadi karena sebab alam dan tindakan manusia. Penyebab
alami banjir adalah erosi dan sedimentasi, curah hujan, pengaruh
fisiografi/geofisik sungai, kapasitas sungai, drainase lahan, dan pengaruh
air pasang. Penyebab banjir karena tindakan manusia adalah perubahan tata
guna lahan, pembuangan sampah, kawasan padat penduduk di sepanjang sungai,
dan kerusakan bangunan pengendali banjir.
Teks
2
Jumlah air di alam ini tetap dan mengikuti suatu
aliran yang dinamakan “siklus hidrologi”. Siklus hidrologi adalah sirkulasi
air yang tidak pernah berhenti dari atmosfer ke bumi dan kembali ke atmosfer
melalui evaporasi, kondensasi, dan presipitasi. Akibat panas matahari, air di
permukaan bumi berubah wujud menjadi gas/ uap dalam proses evaporasi.
Evaporasi bisa terjadi melalui air (sungai, embung, reservoir, waduk,
dan air laut) dan tanaman. Tanaman menyerap air melalui akar. Energi panas
matahari menyebabkan air di dalam tanaman keluar dengan wujud uap. Proses
pengambilan air oleh akar tanaman dan penguapan dari dalam tanaman disebut
transpirasi.
Persamaan kedua teks di atas adalah …
|
|||||||
A
|
A. sama
|
|||||||
B
|
B. sama
|
|||||||
C
|
C. sama
|
|||||||
D
|
D. sama
|
|||||||
E
|
E. sama
|
|||||||
31
|
Teks .
1
Banjir adalah fenomena alam yang bersumber dari
curah hujan dengan intensitas tinggi dan durasi lama pada daerah aliran
sungai (DAS). Banjir terjadi karena sebab alam dan tindakan manusia. Penyebab
alami banjir adalah erosi dan sedimentasi, curah hujan, pengaruh
fisiografi/geofisik sungai, kapasitas sungai, drainase lahan, dan pengaruh
air pasang. Penyebab banjir karena tindakan manusia adalah perubahan tata
guna lahan, pembuangan sampah, kawasan padat penduduk di sepanjang sungai,
dan kerusakan bangunan pengendali banjir.
Teks
2
Jumlah air di alam ini tetap dan mengikuti suatu
aliran yang dinamakan “siklus hidrologi”. Siklus hidrologi adalah sirkulasi
air yang tidak pernah berhenti dari atmosfer ke bumi dan kembali ke atmosfer
melalui evaporasi, kondensasi, dan presipitasi. Akibat panas matahari, air di
permukaan bumi berubah wujud menjadi gas/ uap dalam proses evaporasi.
Evaporasi bisa terjadi melalui air (sungai, embung, reservoir, waduk,
dan air laut) dan tanaman. Tanaman menyerap air melalui akar. Energi panas
matahari menyebabkan air di dalam tanaman keluar dengan wujud uap. Proses
pengambilan air oleh akar tanaman dan penguapan dari dalam tanaman disebut
transpirasi.
Persamaan kedua teks di atas adalah …
. Apa yang dimaksud dengan siklus hidrologi?
|
|||||||
A
|
A. Jumlah air di alam ini.
|
|||||||
B
|
B. Aair di permukaan bumi yang berubah wujud
menjadi gas/ uap dalam proses evaporasi.
|
|||||||
C
|
C. Energi panas matahari yang menyebabkan air
di dalam tanaman keluar dengan wujud uap.
|
|||||||
D
|
D. Proses pengambilan air oleh akar tanaman
dan penguapan dari dalam tanaman.
|
|||||||
E
|
E. Sirkulasi air yang tidak pernah berhenti
dari atmosfer ke bumi dan kembali ke atmosfer melalui evaporasi, kondensasi,
dan presipitasi.
|
|||||||
32
|
Teks 1
Beberapa tahun belakangan ini, arus teknologi dan informasi berkembang
dengan sangat cepat. Kita bisa dengan mudah mengakses beragam informasi yang
kita perlukan melalui perangkat telepon genggam. Namun, ternyata ada sisi
yang perlu kita cermati ketika mengakses informasi tersebut. Sekarang ini
banyak sekali berita di media yang tidak dapat dipertanggungjawabkan
kebenarannya. Oleh karena itu, hendaknya kita berusaha kritis terhadap berbagai
berita. Kita juga perlu bijak dalam memilih informasi. Pilihlah informasi
yang bena-benar bermanfaat bagi kehidupan kita.
Teks 2
Bioteknologi berasal
dari istilah Latin,yaitu bio (hidup), tekos (teknologi, penerapan) dan logos
(ilmu). Bioteknologi kemudian diartikan sebagai ilmu terapan yang menerapkan
prinsip-prinsip sains dan teknologi terhadap serangkaian proses dari
bahan-bahan biolog yang menghasilkan barag dan jasa. Dewasa ini, perkembangan
bioteknologi tidak hanya didasari pada bioloi semata, tetapi juga pada
ilmu-ilmu terapan dan mrni lain, seperti biokimia, komputer, biologi
olekular, mikrobiologi, enetika, kimia, matematika, dan lain sebagainya.
Dalam penerapan bioteknologi diperlukan kerja sama beberapa bidang ilmu,
seperti bikimia, mikrobiologi, genetika sitologi, da sebaainya.
20. Perbedaan bahasa kedua
teks di atas adalah ….
|
|||||||
A
|
A. Teks 1 menggunakan bahasa lugas
|
|||||||
B
|
B. Teks 1 menggunakan bahasa baku
|
|||||||
C
|
C. Teks 1 membahas teknologi
|
|||||||
D
|
D. Teks 1 menggunakan bahasa sehari-hari
|
|||||||
E
|
E. Teks 1 menggunakan istilah biologi
|
|||||||
33
|
Imsonia
Hampir semua orang pernah
mengalami tidak dapat tidur. Kekurangan tidur menyebabkan penurunan kinerja
mental dan fisik. Selama tidur merupakan periode REM (rapyd eye movement)
yang fungsinya untuk konsolidasi memori. Insomnia sering disebabkan oleh
keadaan cuaca, suara bising, cahaya yang terang, penyakit fisik, dan gangguan
mental emosional.
Cuaca sangat berpengaruh
terhadap seseorang. Jika cuaca sangat ekstrem (sangat panas atau dingin),
orang akan banyak mengeluarkan keringat dan mudah emosi karena merasa tidak
nyaman. Dalam keadaan seperti ini orang akan sulit tidur.
Selain hal di atas, suara yang
bising dan pencahayaan yang sangat terang juga mengganggu kenyamanan
seseorang untuk tidur.
Sebab-sebab di atas merupakan
faktor pemicu insomnia dari luar, sedangkan faktor dari dalam diri adalah
penyakit fisik dan gangguan mental emosional.
Penyakit fisik yang akut atau
parah menyebabkan seseorang tidak bisa tidur. Orang yang sedang sakit pasti
akan terjaga karena merasakan sakitnya.
Gangguan mental juga
menyebabkan seseorang susah untuk memejamkan mata. Syaraf-syaraf yang ada di
dalam tubuh sulit dikendalikan sehingga tidak bisa memejamkan mata.
Pernyataan umum teks di atas
adalah .…
|
|||||||
A
|
a. Penyebab insomnia adalah keadaan cuaca,
suara bising, cahaya yang terang, penyakit fisik, dan gangguan mental emosional.
|
|||||||
B
|
b. Hampir semua orang pernah mengalami tidak
dapat tidur.
|
|||||||
C
|
c. Kekurangan
tidur menyebabkan penurunan kinerja mental dan fisik.
|
|||||||
D
|
d. Selama tidur
merupakan periode REM (rapyd eye movement) yang fungsinya untuk
konsolidasi memori.
|
|||||||
E
|
e. Insomnia
termasuk penyakit yang sering diderita oleh manusia.
|
|||||||
34
|
Gempa es disebabkan oleh
gletser. Seorang peneliti mempelajari bagaimana gletser membuat gempa es di
Antartika. Gempa es tersebut disebabkan oleh gravitasi dan gelombang
pasang-surut.
Gaya gravitasi menyebabkan
aliran Es Whilans tertarik. Tarikan gaya gravitasi menimbulkan daratan es
pecah dengan lebar sekitar 96.5 km dan panjang sekitar 482 km ke arah Laut
Ross.
Gelombang dan pasang mendorong
lempeng Es Ross, menghantam gletser yang turun. Gletser terhenti. Saat
gelombang surut, es tiba-tiba maju dengan gerakan yang setara dengan gempa
berkekuatan 7 pada skala Richter.
Teks di atas memiliki
struktur….
|
|||||||
A
|
a. Pernyataan umum ^ aspek yang dilaporkan
|
|||||||
B
|
b. Tujuan ^ langkah-langkah
|
|||||||
C
|
c. Orientasi ^ krisis ^ reaksi ^ koda
|
|||||||
D
|
d. Pernyataan umum ^ urutan sebab-akibat
|
|||||||
E
|
e. Pernyataan umum ^ argumentasi ^ reiterasi
|
|||||||
35
|
Kesuksesan seseorang tidak
datang begitu saja. Ada beberapa factor yang mendukung kesuksesan seseorang.
Faktor tersebut bisa berasal dari faktor genetik, usaha keras, dan dekat
dengan Tuhan.
Faktor genetik adalah faktor
yang bawaan. Faktor genetik yang mendukung kesuksesan adalah kecerdasan.
Walaupun kecerdasan tidak sepenuhnya faktor genetik, tetapi kecerdasan
seseorang bisa juga berasal dari bawaan.Orang yang cerdas dapat memahami
suatu informasi dengan cepat dan jelas. Selain itu, orang yang cerdas juga
kreatif dalam melakukan suatu hal.
Kesuksesan juga datang dari
usaha keras. Usaha keras diwujudkan dengan pantang menyerah. Ketika
menghadapi suatu cobaan, tidak putus asa tetapi berusaha untuk mencari
solusi.
Kesuksesan bisa diraih jika
dekat dengan Tuhan. Orang yang sukses tentunya orang yang selalu mendekatkan
dirinya kepada Tuhan. Orang yang selalu berdoa dan bersyukur kepada Tuhan.
Sebab-akibat teks di atas,
kecuali….
|
|||||||
A
|
a. Faktor genetik/turunan bisa menyebabkan
seseorang memiliki kecerdasan sehingga memiliki daya kreativitas.
|
|||||||
B
|
b. Orang yang
berjiwa pantang menyerah tidak putus asa.
|
|||||||
C
|
c. Dengan usaha
keras, orang akan pantang menyerah.
|
|||||||
D
|
d. Orang yang
dekat dengan Tuhan, doanya mudah dikabulkan.
|
|||||||
E
|
e. Kesuksesaan akan memberikan kehidupan yang
nyaman.
|
|||||||
36
|
ADHD (attention Deficite
Hyperactivity Disorder) merupakan gangguan kesehatan jiwa yang sering terjadi
pada anak. ADHD ini disebabkan oleh kerusakan ringan pada struktur otak,
kurangnya aktivitas di daerah frontal otak, dan faktor keturunan.
Otak terdiri dari otak besar
dan otak kecil. Belahan-belahan otak tersebut dihubungkan oleh neuron. Pada
penderita ADHD, neuron penghubung otak tersebut rusak sehingga penderita
tidak dapat menafsirkan makna atau gerakan sehingga mereka kurang focus dan
berlari ke jalanan tanpa melihat sekelilingnya.
Pada penderita ADHD, daerah
yang mengendalikan ingatan (memori) dan emosi berukuran lebih kecil daripada
orang normal. Hal ini menyebabkan penderita ADHD sering kehilangan atau
melupakan sesuatu, kurang sadar, dan mudah emosi.
Penderita ADHD, terkadang
berasal dari gen atau keturunan. Walaupun tidak semua penderita ADHD
merupakan keturunan penderita, tetapi faktor keturunan juga memicu seseorang
menderita ADHD.
Perhatikan pernyataan berikut
ini!
1. Teks tersebut terdapat unsur
sebab-akibat.
2. Teks tersebut memiliki
struktur pernyataan umum ^ aspek yang dilaporkan.
3. Teks tersebut memberikan
penjelasan.
4. Teks di atas merupakan teks
observasi.
Pernyataan yang benar
adalah….
|
|||||||
A
|
1 dan 2
|
|||||||
B
|
a. 1,2,3
|
|||||||
C
|
b. 1 dan 3
|
|||||||
D
|
c. 2 dan 4
|
|||||||
E
|
d. 4
|
|||||||
37
|
Paguyuban merupakan kelompok
masyarakat yang ikatan sosialnya didasari oleh ikatan perorangan yang sangat
kuat. Tanda-tandanya antara lain sesama anggota menampakkan pertemanan atau
persahabatan yang rukun, berhubungan simpatik, dan tak ada permusuhan.
Dalam suasana
yang guyub ada kerukunan atau harmoni. Kerukunan berarti suasana damai dan
tanpa pertengkaran. Kerukunan berarti pula adanya perasaan satu hati dan
kesepakatan. Itulah sebabnya terdapat istilah rukun tetangga dan rukun warga
dalam struktur masyarakat di Indonesia. Maksudnya tidak lain agar di dalam
kelompok masyarakat itu tercipta kedamaian. Kelompok yang rukun ditandai
dengan semacam perjanjian dalam perasaan, sikap atau tindakan setiap anggota
untuk gembira membangun kebersamaan sehingga yang terjadi adalah hal-hal yang
menyenangkan.
Pada kalimat kedua paragraf pertama teks di atas terdapat konjungsi
yang menyatakan hubungan ...
|
|||||||
A
|
A. Pertentangan dan pemilihan
|
|||||||
B
|
B. Penyamaan dan
penyebaban
|
|||||||
C
|
C. Pemilihan dan penjumlahan
|
|||||||
D
|
D. Pengakibatan
dan penjumlahan
|
|||||||
E
|
E. Penambahan dan
pertentangan
|
|||||||
38
|
Perhatikan
kedua teks berikut!
Pernyataan yang seuai dengan teks di atas adalah….
|
|||||||
A
|
Teks 1 merupakan teks eksplanasi dan teks 2
merupakan teks laporan
|
|||||||
B
|
A. Teks 1 merupakan
teks eksposisi, sedangkan teks 2 merupakan teks eksplanasi
|
|||||||
C
|
B. Teks 1 merupakan teks eksplanasi, sedangkan
teks 2 merupakan teks eksposisi
|
|||||||
D
|
C. Kedua teks
merupakan teks eksposisi
|
|||||||
E
|
D. Kedua teks
merupakan teks eksplanasi
|
|||||||
39
|
PPerhatikan kerangka teks
eksplanasi berikut!
(1) Angin puting beliung sering terjadi pada siang
hari atau sore hari pada musim pancaroba.
(2) Proses terjadinya adalah pada waktu siang hari
awan putih berkembang menjadi awan gelap yang
disertai hembusan udara dingin.
(3) Angin puting beliung adalah angin yang berputar
dengan kecepatan lebih dari 63 km/jam dan
bergerak lurus serta berlangsung sekitar 5
menit.
(4) Tidak lama
kemudian, angin bertiup makin cepat dan diikuti hujan lebat.
(5) Terlihat awan
hitam yang di tengahnya terdapat pusaran angin berbentuk seperti kerucut
turun menuju
permukaan tanah.
(6) Begitulah proses
terjadinya angin puting beliung yang sering terjadi ketika musim pancaroba.
Jika dikembangkan menjadi sebuah teks eksplanasi, urutan kerangka
yang tepat adalah ….
|
|||||||
A
|
(3) – (1) – (4) – (2) – (5) – (6)
|
|||||||
B
|
(3) – (2) – (1)
– (4) – (5) – (6)
|
|||||||
C
|
(3) – (4) – (2)
– (1) – (5) – (6)
|
|||||||
D
|
(3) – (4) – (1)
– (2) – (5) – (6)
|
|||||||
E
|
(3) – (1) – (2) – (4) – (5) – (6)
|
|||||||
40
|
Bacalah teks eksplanasi berikut!
Pemanasan global yang terjadi
saat ini adalah akibat dari perbuatan kita sendiri. Sebagai manusia, kita
tidak dapat menjaga dengan baik tempat kita hidup. Jika kita tidak sadar akan
dampak yang terjadi nanti, kehidupan di bumi akan terancam. Untuk
mengatasinya, telah dilakukan beberapa penanggulangan. Penanggulangan ini
akan efektif jika semua pihak turut serta untuk melakukannya.
Paragraf tersebut merupakan
pengembangan dari kerangka teks eksplanasi, yaitu ….
|
|||||||
A
|
Proses
terjadinya pemanasan global
|
|||||||
B
|
Proses terjadinya fenomena alam
|
|||||||
C
|
Proses penanggulangan pemanasan global
|
|||||||
D
|
Proses mengatasi pemanaan global
|
|||||||
E
|
Proses menjaga pemanasan global
|
|||||||
41
|
||||||||
A
|
||||||||
B
|
||||||||
C
|
||||||||
D
|
||||||||
E
|
||||||||
42
|
||||||||
A
|
||||||||
B
|
||||||||
C
|
||||||||
D
|
||||||||
E
|
||||||||
43
|
||||||||
A
|
||||||||
B
|
||||||||
C
|
||||||||
D
|
||||||||
E
|
||||||||
44
|
||||||||
A
|
||||||||
B
|
||||||||
C
|
||||||||
D
|
||||||||
E
|
||||||||
45
|
||||||||
A
|
||||||||
B
|
||||||||
C
|
||||||||
D
|
||||||||
E
|
||||||||
46
|
||||||||
A
|
||||||||
B
|
||||||||
C
|
||||||||
D
|
||||||||
E
|
||||||||
47
|
||||||||
A
|
||||||||
B
|
||||||||
C
|
||||||||
D
|
||||||||
E
|
||||||||
48
|
||||||||
A
|
||||||||
B
|
||||||||
C
|
||||||||
D
|
||||||||
E
|
||||||||
49
|
||||||||
A
|
||||||||
B
|
||||||||
C
|
||||||||
D
|
||||||||
E
|
||||||||
50
|
||||||||
A
|
||||||||
B
|
||||||||
C
|
||||||||
D
|
||||||||
E
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar