Analisi keterkaitan antara SKL,
KI dan KD Pengetahuan mata pelajaran Bahasa
Indonesia
Mata Pelajaran: Bahasa Indonesia
KompetensiDasar (KD)
|
Analisis KI
|
Analisis KD
|
Rekomendasi KD
|
|||||||||||||||||||
Tingkat DimensiKognitif
|
JenisDimensiPengetahuan
|
KesesuaianDimensiKognitifdenganbentuk Pengetahuan
|
KetercapaianDimensiKognitifdanbentuk Pengetahuan KD Mata
Pelajaran
|
|||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
||||||||||||||||
3. Memahami,
menerapkan, menganalisispengetahuanfaktual, konseptual, proseduralberdasarkan
rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya,
danhumanioradenganwawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadian,
sertamenerapkanpengetahuanproseduralpadabidangkajian yang
spesifiksesuaidenganbakatdanminatnyauntukmemecahkanmasalah
|
3.1 Mengidentifikasi
teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis
|
KI 3 sesuai
|
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis
|
faktual,
konseptual, prosedural
|
sesuai
|
Dimensi pengetahuan
sampai Prosedural karena kelas X jadi belum sampai pada taraf metakognitif
|
||||||||||||||||
3.2 Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari
minimal dua teks laporan hasil observasi
|
Memahami,
menerapakan dan menganalisis
|
Faktual ,konseptual
,prosedural
|
sesuai
|
Dimensi pengetahuan
sampai Prosedural karena kelas X jadi belum sampai pada taraf metakognitif
|
||||||||||||||||||
3.3Menganalisis
struktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi),
kebahasaan teks eksposisi yang
didengar dan atau dibaca
|
Memahami,
menerapakan dan menganalisis
|
Faktual ,konseptual ,prosedural
|
sesuai
|
Dimensi pengetahuan
sampai Prosedural karena kelas X jadi belum sampai pada taraf metakognitif
|
||||||||||||||||||
3.4Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks eksposisi
|
Memahami,
menerapakan dan menganalisis
|
Faktual ,konseptual
,prosedural
|
sesuai
|
Dimensi pengetahuan
sampai Prosedural karena kelas X jadi belum sampai pada taraf metakognitif
|
||||||||||||||||||
|
Memahami,
menerapakan dan menganalisis
|
Faktual ,konseptual
,prosedural
|
sesuai
|
Dimensi pengetahuan
sampai Prosedural karena kelas X jadi belum sampai pada taraf metakognitif
|
||||||||||||||||||
Memahami,
menerapakan dan menganalisis
|
Faktual ,konseptual
,prosedural
|
sesuai
|
Dimensi pengetahuan
sampai Prosedural karena kelas X jadi belum sampai pada taraf metakognitif
|
|||||||||||||||||||
Keteranganpengisiankolomsbb:
1. KompetensiInti (KI-3)
sesuaitingkat/kelas
2. KompetensiDasar (KD-3)
sesuaimatapelajaran
3. KI pengetahuanatau KI
keterampilan; kelas X, XI atau XII
4. Memahami (C2), menerapkan (C3), menganalisis (C4),
ataumengevaluasi (C5).
5. Faktual, konseptual, proseduralataumetakognitif
6. Tuliskanrekomendasitingkat taksonomi (kata kerjaoperasional) danpengetahuan (materi) yang sesuaitingkatannyauntuk KD ybs.
7. Tuliskansesuairekomendasi
KD-3 darimatapelajaran yang tingkat
taksonomi (KKO)pada tingkat lower atau higher other thinking
Analisis Kompetensi Keterampilan (KD-4) dari mata
pelajaran Bahasa Indonesia hubungkan keselarasan (alignment) dengan KD-3 dari
pasangan KD tersebut serta berikan rekomendasinya.
KompetensiInti (KI)
|
KompetensiDasar (KD)
|
Analisis KI
|
Analisis KD
|
Rekomendasi KD
|
||
BentukTaksonomi
|
Tingkat Taksonomi
|
KesetaraanTaksonomi KD-3
dg KD-4
|
KetercapaianTaksonomi KD
Mata Pelajaran
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1 Menginterpretasiisitekslaporanhasilobservasiberdasarkaninterpretasibaiksecaralisanmaupuntulis
|
sesuai
|
Mengolah, menalar,
danmenyajidalamranahkonkretdanranahabstrak
|
C4, 5, 6
|
Setingkat lebih
|
Bisa
|
4.2 Mengonstruksitekslaporanhasilobservasidenganmemerhatikanisidanaspekkebahasaan
|
Mengolah, menalar, danmenyajidalamranahkonkretdanranahabstrak
|
C4, 5, 6
|
Setingkat lebih
|
Bisa
|
||
4.3 Mengembangkan isi (permasalahan,
argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan/tulis
|
Mengolah, menalar,
danmenyajidalamranahkonkretdanranahabstrak
|
C4, 5, 6
|
Setingkat lebih
|
Bisa
|
||
4.4 Mengonstruksikan teks eksposisi dengan
memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi),
struktur dan kebahasaan
|
Mengolah, menalar,
danmenyajidalamranahkonkretdanranahabstrak
|
C4, 5, 6
|
Setingkat lebih
|
Bisa
|
||
4.5 Mengonstruksi makna tersirat dalam
sebuah teks anekdot
|
Mengolah, menalar,
danmenyajidalamranahkonkretdanranahabstrak
|
C4, 5, 6
|
Setingkat lebih
|
Bisa
|
||
4.6 Menciptakan kembali teks anekdot dengan
memerhatikan struktur, dan kebahasaan
|
Mengolah, menalar,
danmenyajidalamranahkonkretdanranahabstrak
|
C4, 5, 6
|
Setingkat lebih
|
Bisa
|
||
4.7 Menceritakan kembali isi cerita rakyat
(hikayat) yang didengar dan dibaca
|
Mengolah, menalar,
danmenyajidalamranahkonkretdanranahabstrak
|
C4, 5, 6
|
Setingkat lebih
|
Bisa
|
||
4.8 Mengembangkan cerita rakyat (hikayat)
ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
|
Mengolah, menalar,
danmenyajidalamranahkonkretdanranahabstrak
|
C4, 5, 6
|
Setingkat lebih
|
Bisa
|
||
4.9 Menyusun ikhtisar dari dua buku
nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca
|
Mengolah, menalar,
danmenyajidalamranahkonkretdanranahabstrak
|
C4, 5, 6
|
Setingkat lebih
|
Bisa
|
||
4.10
Menyampaikan pengajuan, penawaran,
persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau tulis
|
Mengolah, menalar,
danmenyajidalamranahkonkretdanranahabstrak
|
C4, 5, 6
|
Setingkat lebih
|
Bisa
|
||
4.11
Mengkonstruksikan teks negosiasi
dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan
|
Mengolah, menalar,
danmenyajidalamranahkonkretdanranahabstrak
|
C4, 5, 6
|
Setingkat lebih
|
Bisa
|
||
4.12
Mengonstruksi permasalahan/isu,
sudut pandang dan argumen beberapa
pihak, dan simpulan dari debat secara lisan untuk menunjukkan esensi
dari debat
|
Mengolah, menalar,
danmenyajidalamranahkonkretdanranahabstrak
|
C4, 5, 6
|
Setingkat lebih
|
Bisa
|
||
4.13
Mengembangkan permasalahan/ isu dari
berbagai sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat
|
Mengolah, menalar,
danmenyajidalamranahkonkretdanranahabstrak
|
C4, 5, 6
|
Setingkat lebih
|
Bisa
|
||
4.14
Mengungkapkan kembali hal-hal yang
dapat diteladani dari tokoh yang
terdapat dalam teks biografi yang
dibaca secara tertulis
|
Mengolah, menalar,
danmenyajidalamranahkonkretdanranahabstrak
|
C4, 5, 6
|
Setingkat lebih
|
Bisa
|
||
4.15
Menyusun teks biografi tokoh
|
Mengolah, menalar,
danmenyajidalamranahkonkretdanranahabstrak
|
C4, 5, 6
|
Setingkat lebih
|
Bisa
|
||
4.16
Mendemonstrasikan (membacakan atau
memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi
dengan memerhatikan vokal, ekspresi,
dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo)
|
Mengolah, menalar,
danmenyajidalamranahkonkretdanranahabstrak
|
C4, 5, 6
|
Setingkat lebih
|
Bisa
|
||
4.17
Menulis puisi dengan memerhatikan
unsur pembangunnya
|
Mengolah, menalar, danmenyajidalamranahkonkretdanranahabstrak
|
C4, 5, 6
|
Setingkat lebih
|
Bisa
|
||
4.18
Mereplikasi isi buku ilmiah yang
dibaca dalam bentuk resensi
|
Mengolah, menalar,
danmenyajidalamranahkonkretdanranahabstrak
|
C4, 5, 6
|
Setingkat lebih
|
Bisa
|
Keteranganpengisiankolomsbb:
1.
KompetensiInti
(KI-4) sesuaitingkat/kelas
2.
KompetensiDasar
(KD-4) sesuaimatapelajaran
3.
KI
pengetahuanatau KI keterampilan; kelas X, XI atau XII
4.
Abstrakataukonkrit.
5.
Mengolah, menalar,
menyajiatauimitasi, manipulasi, presisi, artikulasi, naturalisasi
6.
Tuliskansesuairekomendasi
KD-3 (KKO dg levelnya) yang setarauntukmenunjang KD-4 pasangannya.
7.
Tuliskansesuairekomendasi
KD-4 darimatapelajaranpadatingkat
taksonomi keterampilan konkrit/abtrak (KKO)sesuai tingkat (Kelas) dari Kedudukan KD-4.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar